J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Inovasi Teknologi yang Mengubah Total Sejarah Video Game, Visioner Banget!

              6 Inovasi Teknologi yang Mengubah Total Sejarah Video Game, Visioner Banget!

              00
              Rabu, 18 Sep 2019, 21:00 WIB
              Tanpa adanya inovasi-inovasi canggih berikut, sejarah game yang kamu tahu sekarang mungkin bakal berbeda banget, geng!

              Rasanya nggak bakal ada habisnya kalau membicarakan soal platform game terbaik. Ada yang bilang PC gaming, ada yang bilang home console, bahkan ada juga yang bilang mobile gaming.

              Perkembangan ketiga platform tersebut nggak lepas dari inovasi-inovasi teknologi yang diperkenalkan oleh gadget dan konsol pendahulunya.

              Inovasi-inovasi teknologi apa saja yang merubah total sejarah video game yang kita kenal? Simak dalam artikel Jaka berikut ini ya, geng.

              6 Inovasi Teknologi yang Merubah Total Sejarah Video Game

              Tanpa adanya inovasi di bidang teknologi, mungkin saat ini kita masih hidup di era primitif. Begitu pula dalam industri game, geng.

              Jangan kaget kalau dalam daftar buatan Jaka di bawah ini banyak banget menyebut produk dari Nintendo. Pasalnya, Nintendo memang inovatif dan visioner banget, geng.

              Daripada kamu makin penasaran, langsung saja yuk, geng!

              1. Nintendo Wii

              1 0afc1

              Bukan Nintendo namanya kalau nggak menciptakan inovasi jenius. Perusahaan yang sudah berdiri semenjak 100 tahun lalu ini berhasil menciptakan konsol dengan motion sensor tersukses pertama di dunia.

              Nintendo Wii juga menggebrak tren gaming di mana konsol ini menggunakan kontroler yang bentuknya serupa dengan remote televisi.

              Meskipun mendapat cemoohan ketika pertama dirilis tahun 2006, kesuksesan Nintendo Wii kemudian menginspirasi konsol lain untuk membuat konsol dengan motion sensor. Jenius!

              2. Game Boy

              2 De958

              Masih inovasi dari Nintendo nih, geng. Era '80-an merupakan masa keemasan video game.

              Sayangnya, di kala itu game hanya bisa dimainkan di dalam rumah menggunakan home console atau di dingdong.

              Game Boy adalah konsol handheld pertama yang diciptakan di dunia. Debut Game Boy di tahun 1989 merupakan momen terpenting dalam sejarah game.

              Bayangkan kalau Nintendo nggak pernah menciptakan Game Boy. Industri game pasti nggak akan sesukses dan sebesar sekarang, geng.

              3. Magnavox Odyssey

              3 61112

              Tahun 1970-an merupakan era di mana banyak produsen barang elektronik yang mencoba untuk membuat home console. Magnavox Odyssey merupakan home console pertama yang pernah diciptakan.

              Konsol yang diciptakan tahun 1972 ini memiliki jasa yang besar dalam sejarah game. Meskipun begitu, Magnavox Odyssey nggak sukses di pasaran.

              Game yang cuma sedikit dan nggak menarik, gagal menarik perhatian konsumen yang berharap produk lebih mengesankan dan sepadan dengan harganya.

              4. Oculus Rift

              4 04771

              Oculust Rift sebenarnya bukanlah gadget Virtual Reality (VR) pertama yang diciptakan. Gadget ini awalnya merupakan sebuah proyek yang didanai oleh masyarakat melalui kampanye di internet.

              Kampanye ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 2,5 juta untuk pembiayaan riset dan pengembangan headset VR satu ini.

              Ketika diluncurkan perdana, semua orang pun langsung terkesima dengan teknologi ini.

              Oculust Rift membuat impian bermain game VR menjadi nyata. Karena kesuksesannya, Facebook pun membeli perusahaan Oculus dengan harga US$ 2 miliar pada tahun 2014.

              5. PlayStation

              5 90d5d

              Sebelum Sony meluncurkan konsol PlayStation ke dunia pada tahun 1994, semua orang menganggap kalau konsol game hanya bisa digunakan untuk bermain game saja.

              Nggak seperti pesaingnya, NES, PlayStation sudah memperkenalkan game dalam format CD-Rom. Selain untuk main game, PS1 juga bisa digunakan untuk mendengar CD musik, geng.

              Hal ini menunjukkan kalau PS bukanlah sekedar konsol game namun juga adalah Entertainment System. Banyak juga game legendaris yang dirilis di konsol PS1 ini, geng.

              6. Nintendo Entertainment System

              6 03b78

              NES atau Nintendo Entertainment System merupakan home console pertama Nintendo yang dipasarkan di luar Jepang. NES ditargetkan untuk mengalahkan dominasi Atari 2600 di Amerika Serikat.

              Ketika pertama kali dijual di luar negeri pada tahun 1985, NES berhasil mengejutkan konsumen karena desainnya yang futuristik dan fiturnya yang canggih.

              Banyak banget franchise legendaris Nintendo yang dimulai dari konsol satu ini. Sebut saja Metroid Franchise dan game terbaik sepanjang masa, The Legend of Zelda franchise.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 6 inovasi teknologi yang merubah total sejarah video game. Kamu harus banget berterim akasih atas penemuan-penemuan di atas, geng.

              Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya!

              Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal