7 Inovasi di Film yang Sudah Ada Sejak Lama | Jadi Pelopor Tren!

Default

Penggunaan teknologi canggih seperti CGI sudah bukan hal asing dalam industri perfilman Hollywood. Bahkan, beberapa film Indonesia sudah mengadopsi teknologi yang sama.

Jika diterapkan secara tepat, teknologi tersebut bisa membuat film yang diproduksi tampak lebih nyata dan dan tampilan visualnya juga lebih memuaskan.

Meskipun terlihat sebagai hal yang baru, namun ternyata beberapa inovasi perfilman yang selama ini kamu lihat sudah digunakan sejak puluhan, bahkan ratusan tahun yang lalu, lho.

Masih nggak percaya, geng? Kalau begitu, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Inovasi Film yang Sudah Digunakan Sejak Sebelum Terkenal

Beberapa inovasi di bawah ini mengubah industri perfilman dalam skala yang masif dan membantu mewujudkan imajinasi sutradara menjadi kenyataan.

Sayangnya, film-film yang sudah lebih dulu menggunakan inovasi tersebut nggak mendapatkan apresiasi yang cukup karena nggak seterkenal film-film blockbuster yang juga menggunakan teknologi yang sama.

Berikut adalah beberapa inovasi film yang sebenarnya sudah ada sejak lama, jauh sebelum franchise film terkenal menggunakannya untuk film-film produksi mereka.

1. Performance Capture

Performance Capture 6498b

Salah satu aktor yang paling sering menggunakan teknologi ini adalah Andy Serkis melalui peran-perannya sebagai Gollum, King Kong, dan Caesar. Belum lagi sejumlah karakter seperti Avatar dan Thanos juga direkam menggunakan performance capture.

Tapi, jauh sebelum mereka, teknologi ini sudah diterapkan pada Ahmed Best yang berperan sebagai Jar Jar Binks di trilogi prekuel Star Wars.

Meskipun belum secanggih saat ini, namun Star Wars menjadi pelopor dalam sejarah performance capture pada industri perfilman Hollywood.

2. Penggantian Wajah Digital

Digital Face Replace 635c7

Sudah banyak film masa kini yang menggunakan teknologi CGI untuk mengganti wajah stuntman dengan wajah pemeran utama supaya terlihat lebih meyakinkan.

Ternyata, teknologi ini sudah digunakan sejak produksi film dinosaurus terbaik Jurrasic Park (1993).

Pada scene ketika Lex (Ariana Richards) terjatuh dan bergelantungan di ventilasi udara, stuntwoman yang menggantikannya nggak sengaja melihat ke arah kamera.

Karena nggak punya waktu untuk syuting kembali, Steven Spielberg sebagai sutradara memutuskan untuk "menempelkan" wajah Richards ke tubuh pemeran pengganti tersebut menggunakan efek visual.

3. Bullet Time

Bullet Time 7f154

Masih ingat adegan film ikonik ketika Neo (Keanu Reeves) menghindari serangkaian peluru di atas gedung pada The Matrix (1993)? Ternyata, film tersebut bukan yang pertama menggunakan teknologi bullet time, geng.

Bisa juga disebut sebagai efek slow-motion, penggunaannya ternyata sudah ada sejak film Jumanji (1995), yaitu pada adegan ketika Van Pelt (Jonathan Hyde) menembak Alan (Robin Williams) di penghujung film.

Karena Alan sudah mengatakan "Jumanji", maka permainannya berhenti dan membuat peluru yang sudah sangat dekat dengan wajahnya kembali ke dalam papan permainan bersama dengan Van Pelt.

4. Karakter Sepenuhnya CGI

Fully Cgi Character 5179f

Terminator 2: Judgment Day (1991) sering dianggap sebagai film pertama yang berhasil menciptakan karakter yang sepenuhnya CGI pada tokoh T-1000 (Robert Patrick) yang tubuhnya terbuat dari cairan metal dan bisa memadat.

Padahal, film Young Sherlock Holmes (1985) sudah mampu melakukan hal serupa melalui karakter ksatria yang terbuat dari kaca patri. Visualnya juga cukup bagus untuk era tersebut, dan nggak terlihat seperti efek CGI konyol sama sekali.

Tahu nggak, geng, pembuatan ksatria CGI tersebut memakan waktu enam bulan hanya untuk 30 detik di film, lho.

5. Single Take

Single Take 2f8c4

Film 1917 (2019) menerima banyak pujian sebagai salah satu film adegan panjang terbaik, bahkan mendapatkan piala Oscar untuk kategori Sinematografi Terbaik.

Padahal, hasil film tersebut merupakan gabungan dari berbagai take pendek. Sementara itu, Timecode (2000) benar-benar mengadopsi teknik single take selama lebih dari 90 menit penayangannya.

Film ini menampilkan empat adegan secara bersamaan menggunakan metode split screen. Bahkan, keempatnya juga difilmkan dalam waktu yang sama, geng.

6. Anti Penuaan Digital

Digital De Aging 38fa8

Penggunaan digital de-aging banyak dilakukan kepada aktor untuk membuat mereka tampak lebih muda, biasanya untuk adegan flashback. Berbagai franchise film terkenal, seperti MCU, Pirates of the Caribbean, dan Star Wars sudah nggak asing dengan teknologi ini.

Tapi, sebelum digunakan oleh mereka, film Westworld (1995) sudah melakukannya terlebih dahulu untuk membetulkan garis rambut Kevin Costner yang semakin mundur akibat penuaan.

Bahkan, Costner sendiri yang memberikan permintaan aneh dalam film tersebut kepada tim efek visual, lho.

7. Set yang Berputar

Rotating Set 300b5

Kamu pasti masih ingat adegan perkelahian di film Inception (2010) yang dilakukan dalam keadaan melayang-layang akibat melawan gravitasi? Ternyata, teknik ini sudah digunakan pada film yang dirilis sejak 100 tahun yang lalu, geng.

Film komedi When the Clouds Roll By (1919) menampilkan Daniel Boone Brown (Douglas Fairbanks) yang berjalan di atap rumah pada mimpi aneh yang ia alami.

Pembuatan scene seperti ini tentu membutuhkan rotating set yang nggak murah dan harus dirancang dengan teliti. Oleh karena itu, masih banyak yang heran bagaimana film lawas tersebut mampu mengadopsi teknologi canggih ini.

Akhir Kata

Itu dia inovasi teknologi dalam film yang ternyata sudah digunakan sejak lama. Hal ini membuktikan bahwa industri perfilman senantiasa berkembang untuk memberikan hasil terbaik kepada para penggemar, sehingga bukan nggak mungkin ke depannya akan muncul berbagai inovasi baru.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Robot Terbaik 2020 86b60
10 Film Robot Terbaik & Terbaru 2020, CGI-nya Gak Kaleng-Kaleng!
Cgi 6d9b9
5 Alasan Film Superhero Tanpa CGI Gak Bakal Laku
Banner 395f8
5 Alasan Kenapa Film DC Lebih Gelap Dibandingkan Marvel, CGI-nya Jelek?
Film Cgi Jelek Untung Besar
5 Film Hollywood dengan CGI Terjelek, Tapi Malah Untung Besar
1de38743b02955b0e550da22c7b721b8
5 Film Ini Dipenuhi Efek Visual Paling Menakjubkan! Ada yang Pernah Kamu Tonton?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal