J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Umat Islam Bangga! 7 Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Umat Islam Bangga! 7 Ilmuwan Muslim Paling Hebat di Dunia

Minggu, 24 Mei 2020, 12:00 WIB
Siapa sangka dibalik penemuan teknologi ada tangan-tangan orang Islam. Berikut ini 7 ilmuawan islam yang paling berjasa dan tersohor di seluruh dunia.

Dunia teknologi memiliki sejarah panjang yang diisi oleh banyak orang-orang pintar dan jenius di belakangnya.

Siapa sangka di balik penemuan berbagai teknologi yang berkembang saat ini ada sentuhan ilmuwan islam di belakangnya.

Sebagai sesama umat muslim, kita patut bangga dengan pencapaian yang diraih oleh orang-orang ini, geng. Berikut adalah 7 ilmuwan muslim di dunia teknologi yang paling berpengaruh versi Jaka.

5 Ilmuwan Islam Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi

Sejarah telah membuktikan betapa dunia Islam telah melahirkan banyak sarjana dan ilmuwan yang sangat hebat dalam berbagai bidang.

Berbagai macam penemuan dan juga pemikiran dari para ilmuwan cerdas ini menjadi dasar perkembangan teknologi modern saat ini.

Para ilmuwan Islam ini bahkan turut serta dalam pengembangan inovasi teknologi yang kini kita gunakan. Berikut adalah 7 ilmuwan Islam yang berpengaruh di dunia teknologi.

1. Ibnu Al-Haitham

Mvslim Com 0fcec

Sumber foto: mvslim.com

Abu Ali Muhammad al-Hasan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Haitham menjadi salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dunia teknologi.

Ibnu Haithan merupakan seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.

Selain itu, ia juga menjadi seorang pencipta dari teknologi optik yang kini digunakan pada perangkat kamera.

Teknologi temuannya ini menginspirasi Roger Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop. Berbagai macam pemikiran dan gagasan Ibnu Haitham di bidang optik masih dipakai sampai saat ini.

2. Abbas Bin Firnas

Ilmfeed Com 9bf33

Sumber foto: ilmfeed.com

Abbas Bin Firnas atau yang juga dikenal dengan sebutan Abbas Abu al-Qasim adalah seorang ilmuwan muslim yang sangat cerdas dan mampu memparalelkan satu cabang ilmu yang ia kuasai dengan cabang ilmu lainnya.

Selain menjadi ilmuwan, ia juga merupakan seorang fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi Andalusia, dan penyiar berbahasa Arab.

Abbas menjadi ilmuwan muslim pertama di dunia yang berhasil membuat konstruksi alat yang bisa terbang. Teknologi ini yang menginspirasi prinsip pengembangan model pesawat terbang saat ini.

Pada abad ke-9 ia menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung, dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.

3. Al Battani

Pinterest 838cf

Sumber foto: pinterest.com

Al Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan muslim dari Arab yang cukup berpengaruh pada abad pertengahan.

Berkat salah satu pencapaiannya yang paling terkenal yaitu penentuan tahun matahari, akhirnya saat ini kita mengetahui bahwa dalam satu tahun terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik.

Hasil penemuan Al Battani ini dianggap sangat akurat lho, geng. Bahkan, keakuratan penghitungan ini membuat seorang matematikawan asal Jerman bernama Christopher Clavius menggunakannya untuk memperbaiki kalender Julian.

Ketertarikannya terhadap bidang astronomi sudah diasah sejak Al Battani kecil, ia dididik oleh ayahnya yang juga seorang ilmuwan astronomi.

4. Anousheh Ansari

Enterpreneur Com 86a83

Sumber foto: enterpreneur.com

Anousheh Ansari sukses mencuri perhatian publik setelah dirinya dinobatkan sebagai perempuan muslim pertama yang melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Ansari adalah insinyur kelistrikan yang juga pendiri dari perusahaan teknologi Prodea Systems yang berfokus pada pengembangan Internet of Things.

Perusahaan yang dibangun pada tahun 2006 tersebut membantu daerah terpencil di India agar bisa merasakan internet.

Selain menjadi pendiri dari Prodea Systems, Ansari juga merupakan pendiri dan CEO dari Telecom Technologies.

5. Abdus Salam

Bbc Com A9799

Sumber foto: bbc.com

Abdus Salam merupakan seorang fisikawan asal Pakistan yang menganut aliran Muslim Ahmadiyah Qadian. Sayangnya, aliran ini dianggap sebagai minoritas non-muslim di Pakistan.

Hal tersebut membuat pemerintah Pakistan tidak pernah memberinya penghargaan meskipun ia telah berkontribusi luar biasa untuk pengembangan teknologi di negaranya.

Walau begitu, hal ini tidak mematahkan semangat Salam yang dibuktikan dengan perolehan penghargaan paling bergengsi dalam bidang sains.

Berkat kontribusinya dalam pengembangan teori penyatuan electroweak membuat Salam dianugerahi Penghargaan Nobel pada tahun 1979. Hal itu sekaligus membuat Salam menjadi orang Islam pertama yang mendapat penghargaan Nobel.

6. Ibnu Sina

Mirror Co Uk 7e42e

Sumber foto: mirror.co.uk

Tokoh ilmuwan Islam abad pertengahan ini dikenal sebagai seorang fisikawan, ahli ilmu astronomi, penulis, sekaligus sebagai seorang filsuf juga.

Ibnu sina juga dikenal berkat penelitiannya dan juga pemikirannya di dunia medis. Tokoh ilmuwan Islam ini paling tidak telah menulis 40 buku seputar ilmu kedokteran.

Buku-buku yang ditulisnya ini bahkan dijadikan referensi di berbagai Universitas di seluruh dunia setidaknya hingga tahun 1650.

Dua judul buku seputar kesehatan paling tersohor yang ditulis oleh Ibnu Sina adalah The Book of Healing dan juga The Canon of Medicine.

7. Al-Kwharizmi

Lowellmilkencenter Org 095e5
Sumber foto: lowellmilkencenter.org

Ilmuwan muslim yang satu ini dikenal berkat salah satu buah pemikirannya yang masih banyak digunakan di dunia pendidikan saat ini, aljabar.

Bukan hanya pandai matematika saja, Al-Khwarizmi pun dikenal menguasai bidang-bidang keilmuan lainnya seperti astronomi, geografi, dan juga astrologi.

Ilmuwan yang dikenal sebagai penemu aljabar ini hidup pada masa keemasan islam sama halnya seperti Ibnu Sina.

Akhir Kata

Itu dia, geng, 7 ilmuwan Islam yang berpengaruh di dunia teknologi. Penemuan dan pemikiran dari tokoh ilmuwan islam ini telah mempengaruhi perkembangan teknologi di dunia.

Dari kisah-kisah para ilmuwan di atas, kita bisa belajar bahwa apapun agama yang dianut oleh seseorang, hal itu tidak menghalangi kita untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mencari Tempat Makan Halal Banner 5eed7

Cara Mencari Tempat Makan Halal Via HP, Buka Puasa Jadi Tenang!

Benda Terlarang Yang Harus Dihindari Untuk Membersihkan Layar Hp Af897

9 Benda Terlarang Untuk Membersihkan Layar HP | No. 7 Paling Berbahaya?

Cara Download Di Samehadaku Fd3cb

Cara Download Anime di Samehadaku via HP Android & PC | Update 2020!

Kegiatan Paling Asik Di Hp Saat Ngabuburit Banne B8290

Kegiatan Paling Asik di HP Saat Ngabuburit, Puasa Jadi Lancar!

Kejadian Paling Heboh Pilpres 2019 Banner D4934

5 Kejadian Heboh Soal Pilpres 2019 di Media Sosial, Kubu 01 Banyak Melakukan Kecurangan?

Negara Dengan Sistem Pemilu Paling Canggih C41ba

5 Negara Dengan Sistem Pemilu Paling Canggih | Gak Usah Hitung Manual!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Teknologi Canggih yang Ditemukan oleh Ilmuwan Islam, Wajib Tahu!

7 Teknologi Canggih yang Ditemukan oleh Ilmuwan Islam, Wajib Tahu!

7 Teknologi yang Diprediksi Akan Hilang di 2020, Kok Bisa?

7 Teknologi yang Diprediksi Akan Hilang di 2020, Kok Bisa?

7 Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih | No.6 yang Paling Ditakuti Hingga Saat ini!

7 Teknologi Perang Dunia II Paling Canggih | No.6 yang Paling Ditakuti Hingga Saat ini!

7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal