J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Bisa Jadi Mikroskop dan Proyektor! 10 Ide Kreatif Ini Bisa Kamu Lakukan Dengan Smartphone-mu

              Bisa Jadi Mikroskop dan Proyektor! 10 Ide Kreatif Ini Bisa Kamu Lakukan Dengan Smartphone-mu

              00
              Rabu, 19 Jul 2017, 17:30 WIB
              Kali ini Jaka akan membahas hal apa saja yang bisa dilakukan menggunakan smartphone dan tablet.

              Smartphone dan tablet telah menjadi perangkat yang melengkapi kebutuhan konsumen secara dominan. Hampir semua macam kegiatan kini dapat dilakukan melalui perangkat tersebut, misalnya sebagai pusat media, hubungan sosial, pencarian informasi, belanja online, dan lain sebagainya.

              Nah, kali ini Jaka akan membahas hal apa saja yang bisa dilakukan menggunakan smartphone dan tablet, selain fungsi yang telah kita sebutkan di atas. Yuk, langsung saja, berikut 10 ide kreatif yang bisa dilakukan dengan ponsel atau tablet kita!

              BACA JUGA
              • KEREN! Tablet Gaming Ini Bisa Support 18 Jenis Game Konsol
              • Tablet "Raksasa" 17 Inci Milik Alcatel Hanya Dibandrol 5 Jutaan
              • KEREN! Sekarang Tablet Xiaomi Bisa Berubah Jadi Robot Transformers

              Bisa Jadi Mikroskop dan Proyektor! 10 Ide Kreatif Ini Bisa Kamu Lakukan Dengan Smartphone-mu

              1. Membuat Speaker Booster Menggunakan Roll Toilet

              Mari kita mulai dari yang paling mudah, yakni membuat speaker booster menggunakan bahan yang mudah dicari. Mungkin sebagian dari pengguna smartphone dan tablet menyukai mendengarkan musik. Nah, daripada membeli mahal-mahal peralatan tersebut, kenapa kita tak membuatnya sendiri?

              Caranya mudah, kalian hanya membutuhkan bagian dalam rol tisu toilet bekas dan dua gelas plastik. Setelah diuji, rupanya speaker booster hasil buatan tangan tersebut mampu memberikan suara yang besar pada smartphone.

              2. Game Controller Mount

              Jika kamu penggemar game mobile, dan sesekali ingin memainkannya memakai controller dengan mudah, cobalah gunakan cara ini. Dengan beberapa peralatan seperti spatula dan phone holder, kalian sudah dapat membuat game portable layanya Nintendo Switch.

              3. Kamera Keamanan

              Kalian dapat menggunakan smartphone atau tablet apa pun sebagai sebuah kamera keamanan. Jika kalian memiliki beberapa ponsel lama, mengapa tidak mencoba untuk membuatnya?

              4. Mikroskop

              Melalui smartphone dan tablet, rupanya kita dapat membuat mikroskop sendiri. Namun, kalian membutuhkan usaha sedikit untuk membuatnya berhasil karena caranya cukup sulit. Jika kalian ingin tahu bagaimana cara membuat mikroskop melalui ponsel, silahkan kunjungi situs instructables berikut ini.

              5. Stop Motion

              4c47088a8307c6f0dc91fd0bb7a0addb

              Stop motion merupakan sebuah metode yang unik untuk membuat animasi. Metode yang telah dirancang ini dibuat agar sederhana dan mudah dimengerti bagi orang dewasa dan anak-anak dengan menggunakan peralatan khusus untuk meluruskan setiap shoot kamera. Cara alternatif lainnya adalah menggunakan peralatan stand statis dan sebuah penjepit smartphone yang terikat dengan stand statis tersebut.

              6. Smartphone Smart Home

              Mengapa tidak mencoba membuat smartphone smart home yang dapat mengawasi dan mengendalikan rumah kalian? Cara ini terbilang lebih mudah dari apa yang kita bayangkan, yakni hanya menggunakan sebuah tool bernama Blynk untuk membuat sebuah perangkat Internet of Things. Kita juga dapat menggunakannya di hampir semua perangkat mikrokontroler untuk mengendalikan semua perangkat elektronik.

              7. Monitor Mount

              D2c9cd91277e7b3141c07d0c747155d5

              Jika kalian membutuhkan monitor baru, cobalah gunakan tablet lama kalian sebelum membeli yang baru. Caranya cukup mudah, hanya menggunakan beberapa lembaran penjepit yang terbuat dari logam dan tablet kalian kini sudah bisa difungsikan sebagai monitor tambahan.

              8. Remote Kamera

              Apakah kalian memiliki hobi fotografi DSLR? Kalau iya, cobalah gunakan perangkat iPhone atau Android untuk membuat remote infra red (IR) pada kamera kalian. Cara ini akan memudahkan pekerjaan kalian dalam memotret objek yang ingin kalian tangkap walaupun seorang diri.

              9. TV Remote

              Dukungan infra red di dalam perangkat smartphone dapat membantu pekerjaan kita agar lebih mudah, salah satunya yakni menjadikan perangkat ponsel sebagai remote TV. Tidak hanya sampai di situ, bahkan teknologi infra red pada smartphone juga dapat digunakan bersama dengan beberapa komponen Android untuk menciptakan sesuatu yang lebih hebat lagi.

              10. Shoebox Projector

              Pernahkah kalian ingin menonton film bersama teman, tetapi dibatasi karena ukuran layar smartphone yang kecil? Jika iya, berarti kalian harus mencoba mengubah smartphone kalian menjadi proyektor. Loh, kok bisa dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, tonton langsung saja deh video di atas.

              Itulah 10 ide kreatif yang bisa dilakukan menggunakan smartphone dan tablet. Menarik ya? Apa ada yang pernah kamu coba lakukan? Jangan sungkan bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya.

              APPS TERKAIT
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Mobile Legends Bang Bang Icon
              Mobile Legends: Bang bang Terbaru
              Games Moonton
              Freewifispot Icon
              Instabridge - Free WiFi 6.1.2
              Apps Instabridge

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal