J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bersiaplah! Akan Terjadi Hujan Meteor di Hari Jumat, 22 April 2016

Bersiaplah! Akan Terjadi Hujan Meteor di Hari Jumat, 22 April 2016

Jumat, 22 Apr 2016, 16:00 WIB
Kamu tahu nggak? Setelah peristiwa Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 kemarin, hari ini Indonesia bakal kebagian lagi fenomena langit yang super mengagumkan, yakni Hujan Meteor Lyrid.

Kamu tahu nggak? Setelah peristiwa Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 kemarin, hari ini Indonesia bakal kebagian lagi fenomena langit yang super mengagumkan, yakni Hujan Meteor Lyrid. Hujan Meteor Lyrid adalah fenomena langit dimana meteor-meteor yang seolah datang dari rasi bintang Lyra jatuh ke bumi.

Fenomena Hujan Meteor pada tahun 2016 ini terjadi karena debris dari Komet Thatcer yang melewati Bumi, namun menurut NASA meteor akan tampak bercahaya dari konstelasi Lyra, itulah mengapa hujan meteor ini disebut Hujan Meteor Lyrid.

BACA JUGA
  • Tips Sempurna Abadikan Gerhana Matahari Total dengan Kamera Smartphone
  • 16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi
  • 5 Fenomena Hantu Terkenal yang Dapat Dibongkar Secara Ilmiah

Kapan Hujan Meteor Lyrid Terjadi?

Hujan Meteor Lyrid

Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengemukakan bahwa Hujan Meteor Lyrid merupakan fenomena langit yang terjadi setiap tahun. Pada tahun 2016 ini, Hujan Meteor Lyrid terjadi pada tanggal 16 - 25 April dan puncaknya diperkirakan terjadi pada pada 22 April dari tengah malam hingga subuh dini hari.

Hujan meteor Lyrid ini diperkirakan tidak berbahaya karena ketika sampai ke permukaan bumi, wujudnya hanya berupa serpihan kecil, yang terbesar hanya seukuran bola golf dan disebut 'firebal'. Diperkirakan terdapat 20 - 40 meteor yang menghujani bumi dalam satu jam. Meteor-meteor inilah yang akan tampak layaknya bintang jatuh saat terbakar melewati atmosfer bumi. Dalam kondisi normal, puluhan meteor bisa terlihat di langit. Namun, jika dalam kondisi terbaik kamu bisa melihat ratusan meteor yang jatuh menghujani Bumi.

Dimana dan Bagaimana Cara Melihat Hujan Meteor Lyrid?

Tempat Melihat Hujan Meteor

Fenomena Bintang Jatuh alias Hujan Meteor yang dipercaya dapat mengabulkan permintaan itu memang selalu punya romansa bagi pecinta Astronomi maupun masyarakat awam. Keindahan fenomena langit Hujan Meteor Lyrid ini lebih nyaman dan indah jika disaksikan dengan mata telanjang ketimbang teleskop karena meteor yang jatuh tersebar dan bergerak dengan cepat. Kamu tidak akan tahu dimana meteor akan jatuh, jadi lebih baik jika memiliki jarak pandang luas.

Alih-alih menggunakan mata telanjang, kamu juga bisa menggunakan kamera DSLR dengan lensa FishEye. Tidak perlu menggunakan teleskop atau teropong binokular milikmu. Menonton Hujan Meteor ini akan lebih nyaman dilakukan dari lokasi minim cahaya dan memiliki area luas sehingga jarak pandang kamu juga luas.

Daerah seperti pantai, pedesaan, pegunungan, atau bukit dapat menjadi area yang kondusif untuk melihat Hujan Meteor Lyrid. Namun jika kamu tinggal di kota besar yang tidak memiliki daerah seperti yang Jaka sebutkan, kamu bisa melihat dari atap gedung-gedung tinggi, itu pun jika diperbolehkan.

Rasi Lyra Lyrids

Jika kamu sudah mendapatkan tempat yang pas untuk melihat Hujan Meteor, maka tinggal posisikan saja pandanganmu ke arah rasi bintang Lyra, karena Hujan Meteor Lyrid terletak di dekat rasi bintang Lyra. Titik radian Hujan Meteor Lyrid berada di dekat bintang terang Vega dalam rasi bintang Lyra, yang terbit di Timur Laut sekitar jam 22:00 waktu lokal selama bulan April.

Jika kamu berniat menyaksikan Hujan Meteor yang terjadi pada 22 April 2015 esok, maka kamu harus memastikan cuaca dalam keadaan cerah, karena kamu tidak dapat menyaksikan Hujan Meteor jika tertutup awan mendung. Hujan Meteor yang terjadi tahun ini cukup istimewa karena bersamaan dengan fase Bulan Purnama.

Hujan Meteor

Sayang beribu sayang bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, dengan bersamaannya fase Hujan Meteor dan Bulan Purnama, mengakibatkan cahaya dari Hujan Meteor makin tertimpa dengan cahaya dari Bulan Purnama dan tentu saja kalah dari cahaya lampu-lampu kota.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Jika Ingin Melihat Bintang Jatuh

150605
  1. Keadaan langit harus cerah tanpa awan mendung. Kalau hujan, bisa dipastikan kamu gagal melihat bintang jatuh.
  2. Tempat gelap yang sangat minim cahaya untuk memudahkan mata kamu menangkap cahaya dari meteor-meteor yang jatuh. Cahaya dari bintang jatuh alias Hujan Meteor sudah pasti kalah dari polusi cahaya di perkotaan, jadi pedesaan, pegunungan, pantai luas bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang kebelet nonton bintang jatuh kaya F4 dan Sanchai.
  3. Waktu pengamatan yang tepat dan terbaik untuk menyaksikan pertunjukkan. Selepas tengah malam hingga subuh atau fajar biasanya jadi waktu yang tepat karena pada saat itu langit malam mulai cerah tanpa awan.
  4. Kamu dipastikan butuh peta langit kalau kamu masih sangat awam dalam dunia Astronomi. Peta langit digunakan untuk mencari letak arah rasi bintang Lyra di langit malam.
  5. Keadaan terbaik untuk mengamati Hujan Meteor adalah dengan cara berbaring.

Tambahan: Hujan Meteor Eta Aquarids

Hujan Meteor Eta Aquarids

Jika kamu tidak sempat melihat Hujan Meteor Lyrid, April ini juga akan menjadi bulan dimana Hujan Meteor Eta Aquarids menghujam bumi. Hujan Meteor Eta Aquarids ini dipicu oleh kejatuhan batu angkasa dari puing komet Halley yang berlangsung pada 19 April hingga 26 Mei dengan fase puncak Hujan Meteor tanggal 5 - 6 Mei 2016.

Ukuran meteor Eta Aquarids lebih kecil ketimbang meteor di Lyrid, namun meteor yang jatuh pada saat Hujan Meteor Eta Aquarids akan lebih banyak. Titik radian dari hujan meteor Eta Aquarid adalah dekat bintang Eta di konstelasi Aquarius. Rasi bintang Aquarius akan terbit di ufuk Timur sekitar pukul 04:00 waktu lokal.

Jadi, apa rencanamu dalam menonton Hujan Meteor Lyrid ini? Tulis di kolom komentar ya!

Sumber Tulisan dan Foto: Google

ARTIKEL TERKAIT
Lightning Banner

Saksikan Mengerikannya Video Petir Ini dalam Format Slow-Motion

Video Hd Earth From Space

Perdana! Video Bumi Diambil dari Luar Angkasa dalam Format Full-Color HD

Cara Deteksi Gempa Pake Hp Banner 07e64

Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Space Photo Banner

16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi

World View Balloon

Wisata Luar Angkasa Kini HANYA 1 Milyar Rupiah!

Kentut Ke Bulan Banner

Bisa Gak Sih Kentut Membawa Kita ke Bulan?

Moon With Iss

MENAKJUBKAN! Foto Bulan Ini Diambil Hanya Dengan Kamera DSLR Biasa

Video 4k Matahari Nasa Banner

Video 4K Tentang Matahari dari NASA Ini Wajib Kamu Tonton

APPS TERKAIT
Bmkg Icon
Info Gempa dan Cuaca 1.1.1
Apps Tim Website BMKG
Kalender Indonesia Icon
Kalender Indonesia (1901 - 2100) 1.0.0.0
Apps 9Apps Inc.
Cardboard Icon
Cardboard
Apps Google Inc.
Cardboard Camera Icon
Cardboard Camera 1.0.0.138547925
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Bertobatlah! Tanggal 5-6 Mei 2016 Akan Terjadi Hujan Meteor di Indonesia

Bertobatlah! Tanggal 5-6 Mei 2016 Akan Terjadi Hujan Meteor di Indonesia

Tobat Sekarang! Hari Ini Akan Terjadi Hujan Meteor

Tobat Sekarang! Hari Ini Akan Terjadi Hujan Meteor

Bertobatlah! 2 Agustus, Bumi Terancam Kiamat!

Bertobatlah! 2 Agustus, Bumi Terancam Kiamat!

Keren! Bukan Hitam Legam, Meteor Ini Justru Berkilau Seperti Emas

Keren! Bukan Hitam Legam, Meteor Ini Justru Berkilau Seperti Emas

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal