J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Kemungkinan Terburuk Jika Huawei Diblokir Google, Memicu Perang Dunia 3?

              Kemungkinan Terburuk Jika Huawei Diblokir Google, Memicu Perang Dunia 3?

              00
              Jumat, 14 Jun 2019, 11:00 WIB
              Google telah resmi melarang Huawei menggunakan Android beserta aplikasi-aplikasinya. Lantas, apa yang akan terjadi dengan peristiwa ini?

              Perseteruan perang dagang antara Amerika Serikat dan China semakin memanas. Baru-baru ini, Huawei telah dilarang masuk ke Amerika Serikat (AS) dan mulai berlaku pada Agustus mendatang.

              Alasannya, Huawei dituduh telah mencuri rahasia dagang, memata-matai, dan melakukan penipuan. Tidak hanya itu, Google pun juga melakukan pemblokiran terhadap Huawei.

              Kemungkinan-kemungkinan terburuk apa saja yang bisa terjadi dengan berhentinya Huawei menggunakan Android? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

              Yang (Bisa) Terjadi Setelah Huawei Dilarang Menggunakan Android

              Dengan adanya pelarangan ini, bukan berarti masyarakat AS yang telah memiliki HP Huawei tidak menggunakan handphonenya.

              Android dan Play Store masih bisa diakses oleh pengguna, sehingga pelarangan ini tidak akan terlalu memusingkan mereka.

              Walaupun begitu, masih banyak hal-hal buruk yang akan terjadi dengan adanya pemblokiran ini. Dilansir dari berbagai sumber, inilah kemungkinan-kemungkinannya.

              1. HP Baru Huawei Tidak Akan Mendapatkan Dukungan dari Google

              Huawei Diblokir Google 1 62466
              Sumber foto: Urgente 24

              Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, tentu Huawei selalu merilis produk-produk terbarunya dengan keunggulannya masing-masing.

              Permasalahannya, HP-HP yang akan rilis di masa depan tidak akan bisa menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Contohnya adalah Mate 30 yang akan rilis pada bulan Oktober.

              Sebenarnya tetap bisa, mengingat Android termasuk open source. Hanya saja, Google tidak akan menyediakan technical support untuk Huawei dan tidak akan memberikan update.

              Tidak hanya itu, kemungkinan besar Huawei juga tidak bisa mengakses Google Play, Maps, hingga Gmail. Tentu hal ini membuat konsumen ragu untuk membeli HP Huawei.

              Kabarnya, Huawei akan menggunakan sistem operasi asal Rusia, Aurora, yang dikembangkan oleh Russian Mobile Platform. Bahkan, kerja sama ini sempat dibahas oleh presiden kedua negara.

              2. Penundaan HP 5G Huawei

              Huawei Diblokir Google 2 72787
              Sumber foto: The National

              Adanya permasalahan ini juga membuat Huawei terpaksa menunda peluncuran Mate 20 X 5G, HP dengan konektivitas 5G pertama dari Huawei yang mendukung jaringan 5G.

              Padahal, smartphone ini telah diperkenalkan ke publik pada bulan Februari kemarin, ketika acara Mobile World Congress berlangsung di Barcelona, Spanyol.

              Pihak Huawei menyatakan bahwa penundaan ini disebabkan oleh keadaan yang tidak pasti di sekitar perusahaan.

              Apalagi, beberapa negara sudah memutuskan untuk tidak mengizinkan HP 5G Huawei beroperasi di negara mereka, seperti AS, Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Britania Raya.

              3. Suramnya Masa Depan Huawei

              Huawei Diblokir Google 3 B08bf
              Sumber foto: Trusted Reviews

              Huawei dikenal sebagai salah satu produsen yang cukup inovatif, baik dari segi desain, performa, maupun kamera.

              Penjualannya pun membuat ia menjadi produsen smartphone asal China dengan penghasilan terbesar, dengan menjual 59.1 juta smartphone pada kuartal pertama 2019.

              Pemblokiran Huawei oleh Google tentu berimplikasi kepada konsumen. Tentu mereka akan jadi berpikir dua kali untuk membeli produk Huawei.

              Selain itu, Google juga telah bekerja sama dengan Huawei dan Samsung untuk membuat versi Android yang dikhususkan untuk smartphone lipat.

              Dengan pemblokiran dari Google, maka kerja sama tersebut tentu harus diputus. Lantas, bagaimana dengan nasib Huawei Mate X?

              4. Perusahaan Lain Ikut Menghentikan Kerja samanya dengan Huawei

              Huawei Diblokir Google 4 9bde5
              Sumber foto: Android Headlines

              Bukan hanya Google yang memutus kerja sama dengan Huawei. Contohnya adalah ARM, Qualcomm, SD Association, hingga Wi-Fi Alliance.

              Bahkan, kabar terbaru menyebutkan bahwa Facebook, Instagram dan WhatsApp resmi melakukan pemblokiran tehadap produk HP Huawei.

              Beberapa perusahaan belum melakukan pemblokiran seperti Microsoft. Akan tetapi, nampaknya cepat atau lambat mereka akan menyusul karena ancaman penalti dari pemerintah.

              Padahal, semua perusahaan tersebut menyediakan komponen-komponen penting untuk smartphone Huawei. Apakah Huawei harus membuat semuanya sendirian?

              5. Memicu Perang Dunia 3?

              Huawei Diblokir Google 5 Cdf70
              Sumber foto: Medium

              Pertanyaan terbesarnya, apakah keputusan Donald Trump memblokir Huawei bisa memicu perang dunia ketiga antara Amerika Serikat dan China?

              Kalau menurut Jaka, kemungkinan tersebut sangat lah kecil. Pastinya, Huawei akan berusaha agar larangan tersebut dicabut tanpa perlu ada kontak fisik.

              Huawei juga akan melobi pemerintah China untuk membantu mereka keluar dari situasi ini, karena menurunnya penjualan Huawei juga bisa berdampak pada kestabilan ekonomi negara.

              Ketegangan antara dua negara ini membuat kita teringat akan perang dingin antara AS dan Uni Soviet. Ketika itu, untungnya mereka justru "berperang" mengirimkan manusia ke luar angkasa.

              Dengan adanya perang dagang antara kedua ini, bisa jadi akan terjadi perang dingin kedua, di mana kedua negara akan bersaing ketat dalam merebut pasar di berbagai belahan dunia.

              Bisakah Huawei Melawan Balik?

              Ancaman kerugian yang jumlahnya tidak bisa dibayangkan membuat Huawei harus berbuat sesuatu. Yang bisa mereka lakukan adalah membawa kasus ini ke pengadilan.

              Jika mereka bisa membuktikan bahwa mereka tidak bersalah dan tuduhan yang dilancarkan kepada mereka hanya strategi perang dagang dengan China, Huawei bisa menuntut balik Trump.

              Huawei juga bisa melayangkan gugatan bahwa perintah yang dikeluarkan Trump tersebut melanggar hukum dan merugikan mereka.

              Jika langkah hukum yang diambil tidak berhasil, Huawei bisa memanfaatkan sensitivitas publik apabila Amerika Serikat gagal menunjukkan bukti yang konkrit atas tuduhan mereka.

              Akhir Kata

              Itulah yang bisa terjadi dengan diblokirnya Huawei oleh Google dan Amerika Serikat. Apa kamu punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar, ya!

              Baca juga artikel seputar Huawei atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal