J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Benarkah OnePlus 7 Water Resistant? Ini Faktanya!

              Benarkah OnePlus 7 Water Resistant? Ini Faktanya!

              00
              Senin, 1 Jul 2019, 18:00 WIB
              Diisukan memiliki fitur water resistant, lalu apakah OnePlus seri 7 benar-benar tahan air? Berikut adalah fakta sebenarnya.

              Apa, sih, yang ada dipikiran kamu ketika mendengar HP water resistant? Sudah pasti jawabannya tahan air, ya, geng.

              Telah dirilis secara global pada 14 Mei lalu, OnePlus akhirnya secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya yaitu OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro.

              Menariknya, lewat sebuah video teaser berdurasi 30 detik yang diposting oleh channel YouTube resminya, OnePlus seolah mengimplikasikan bahwa smartphone keluaran terbarunya itu tahan terhadap air.

              Tapi, apakah HP OnePlus seri 7 ini benar-benar tahan air? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, geng.

              Apa Itu IP Rating?

              ip-rating

              Sertifikasi Ingress Protection atau yang lebih dikenal dengan sebutan IP adalah standar yang dikeluarkan oleh International Electronical Commission (IEC) mengenai ketahanan suatu peralatan elektronik terhadap air maupun debu, geng.

              IP rating sendiri dibagi ke dalam dua digit angka, di mana digit pertama mewakili ketahanan terhadap benda solid (debu), sementara digit kedua mewakili ketahanan terhadap kelembapan (air atau cairan lainnya).

              Tingkat ketahanan terhadap debu sendiri yaitu berkisar di angka 0-7 di mana HP yang mendapat angka 7 artinya memiliki ketahanan yang kuat terhadap debu.

              Sementara itu, tingkat ketahanan terhadap air yaitu berkisar di angka 0-9, geng.

              Apakah Sertifikat IP Menjamin Keamanan HP?

              oneplus-7-series

              Jika sebelumnya Jaka sudah membahas mengenai apa itu IP rating, lalu apakah HP yang sudah mengantongi sertifikat IP artinya bisa benar-benar tahan terhadap air maupun debu?

              Pada dasarnya IP rating yang terdapat pada sebuah smartphone hanya memberikan kamu pandangan mengenai sejauh mana HP bisa bertahan jika seandainya kondisi buruk terjadi, geng.

              Seperti misalnya, HP dengan IP67 artinya mampu bertahan di dalam air selama 30 menit pada kedalaman 1 meter.

              Namun, yang perlu diingat adalah IP rating ini nggak memberikan kamu jaminan kalau HP bakal tetap bertahan di kondisi buruk pada skenario nyata yang mungkin saja melibatkan cairan seperti air asin, kopi, soda, dan lainnya, geng.

              Selain itu, biasanya perusahaan smartphone juga nggak akan memberikan garansi pada HP yang mengalami kerusakan akibat air atau yang biasa disebut dengan istilah water damage.

              Apakah Seri OnePlus 7 Tahan Air?

              oneplus 7

              Dari video teaser yang beredar banyak orang yang mengira kalau HP OnePlus seri 7 ini memiliki fitur water resistant yang mampu tahan terhadap air.

              Bahkan, saking meyakinkannya video tersebut, nggak sedikit juga lho pemilik OnePlus seri 7 yang mencoba menceburkan HP-nya ke dalam air, geng.

              Lalu, sebenarnya apakah OnePlus Seri 7 ini benar-benar bisa tahan terhadap air? Berikut adalah fakta-faktanya.

              1. Tidak Dibekali Dengan IP Rating

              Di balik video mengagumkan berdurasi 30 detik yang diposting oleh OnePlus di YouTube channel-nya, ternyata ada fakta mengejutkan bahwa sebenarnya kedua HP OnePlus seri 7 ini sama sekali nggak dibekali dengan sertifikat IP rating lho, geng.

              Itu juga yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang telah melakukan adegan ekstrim tersebut justru mendapati HP-nya jadi rusak.

              Kondisi tersebut juga dialami oleh salah satu youtuber teknologi dengan nama channel GadgetIn di mana perangkat OnePlus 7 Pro-nya sempat eror setelah direndam ke dalam air.

              2. Pihak OnePlus Tidak Menganjurkan Pelanggan Merendam HP ke Dalam Air

              Meskipun dalam video teaser tersebut menampilkan adegan OnePlus 7 yang dijatuhkan ke ember berisi air, tapi kabarnya bahwa pihak OnePlus sendiri sudah memperingatkan kalau itu bukan sesuatu yang harus dilakukan pelanggan, geng.

              Entah apa maksudnya, yang pasti sebagian menduga bahwa OnePlus hanya meningkatkan ketahanan air pada HP Android keluaran terbarunya tersebut, bukan membekalinya dengan peringkat IP resmi.

              Hal itu didukung dengan pernyataan dari mereka yang menyebutkan bahwa untuk mendapatkan sertifikasi IP dibutuhkan biaya yang cukup banyak.

              Akhir Kata

              Itu dia, geng, fakta seputar berita mengenai HP OnePlus seri 7 yang dianggap oleh sebagian orang memiliki fitur water resistant.

              Jadi, kalau HP kamu nggak mengantongi sertifikat IP rating, Jaka sarankan jangan pernah mencoba merendam HP kamu ke dalam air, ya, geng.

              Baca juga artikel seputar Gadget menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal