J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data Versi JalanTikus

5 Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data Versi JalanTikus

Kamis, 30 Mar 2017, 21:00 WIB
Kali ini Jaka akan kasih informasi mengenai hard disk eksternal terbaik untuk back-up data kamu, Mau tahu apa saja? Berikut ini hard disk eksternal terbaik versi JalanTikus.

Data merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi para pengguna perangkat komputer dekstop, laptop, maupun smartphone Android. Ketersediaan data pada suatu perangkat komputer tentu saja selalu menjadi prioritas utama bagi para pencinta teknologi karena data menyimpan berbagai informasi penting, baik itu informasi pribadi maupun informasi terkait pekerjaan.

Banyaknya data yang tersimpan dalam suatu perangkat tentu saja perlahan-lahan akan menghabiskan kapasitas hard disk. Terkadang ketika sudah menyimpan terlalu banyak data, kita cenderung memilih membeli perangkat tambahan berupa hard disk eksternal sebagai media penyimpanan cadangan atau untuk melakukan back-up data. Untuk itu, kali ini Jaka akan berbagi tips dalam memilih hard disk eksternal terbaik untuk keperluan back-up data. Simak yuk ulasan selengkapnya.

BACA JUGA
  • Cara Ampuh Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector

Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data

Bicara soal hard disk eksternal, tentunya ada banyak sekali merk dan tipe hard disk yang beredar di pasaran. Namun terkadang kita berpikir bagaimana mendapatkan hard disk yang benar-benar memiliki kualitas terbaik sehingga uang yang kita keluarkan untuk membelinya tidak sia-sia.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Jaka akan membahas beberapa jenis hard disk eksternal berkualitas yang bisa menjadi pilihan kalian ketika hendak membeli media penyimpanan tambahan untuk data-data kalian. Jadi, simak baik-baik pembahasan Jaka ini ya.

1. Buffalo MiniStation Extreme NFC

F8a7ed1ee24c56b53bc2f09a3700f80b
Sumber foto: Foto: thinkcomputers.org

Sebagian dari kita mungkin belum begitu mengenal brand hard disk eksternal yang satu ini. Namun jangan salah sangka dulu, karena hard disk yang satu ini terbilang sangat canggih dengan harga yang tidak begitu mahal.

Buffalo MiniStation Extreme NFC ini menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 2 TB dengan slot USB 3.0 untuk mendukung transfer data yang lebih cepat. Selain itu, casing hard disk eksternal ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat mencegah debu menempel dan tentunya tahan air serta cukup kuat untuk meredam benturan ketika terjatuh.

Fitur lain yang terdapat pada perangkat yang satu ini adalah fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan kalian mengambil file dari dari perangkat ini dengan hanya menyentuh kartu NFC bergambar ikon gembok yang ada di bagian bodi hard disk eksternal ini.

Dengan kecepatan rotasi 7.200 rpm, tentunya hard disk eksternal ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan utama ketika membeli hard disk eksternal, walaupun kecepatan transfer datanya hanya berkisar di 110 MB/s.

2. Western Digital My Passport Ultra

A221412abf440981f8680ecff207e64c
Sumber foto: Foto: wdc.com

Western Digital atau WD tentunya merupakan brand yang sudah cukup kita kenal, mengingat sejumlah hard disk internal laptop menggunakan brand ini. Western Digital My Passport sendiri merupakan jenis hard disk eksternal yang menawarkan kapasitas hingga 4 GB.

Perangkat yang satu ini juga menawarkan fitur penyimpanan di cloud via Dropbox dan juga perangkat yang satu ini memiliki fitur NFC yang serupa dengan Buffalo Ministation Extreme NFC.

Sayangnya, meskipun hard disk eksternal ini sangat ringan, kecepatan transfer datanya terbilang tidak begitu cepat, yaitu hanya sekitar 118 MB/s.

Tips Memilih Hard Disk Eksternal Banner
10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak
Memilih hard disk eksternal bukanlah hal yang mudah karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya agar tidak mengecewakan. Lantas hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah Hard Disk Drive (HDD) eksternal yang bagu
LIHAT ARTIKEL

3. Seagate Back-Up Plus Portable

26ca49149d79c2b3606d2f6c87f2db5c
Sumber foto: Foto: snapdeal.com

Untuk kita para pengguna komputer di Indonesia, brand Seagate ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Brand yang satu ini kini hadir dengan menawarkan perangkat hard disk eksternal dengan kapasitas yang super besar yaitu 5 TB sehingga kalian bisa menyimpan berbagai data berukuran besar sepuas kalian.

Selain itu, perangkat hard disk eksternal ini juga memiliki fitur back-up Seagate Dashboard yang memungkinkan kalian melakukan back-up data, bahkan data-data yang pernah kalian bagikan di media sosial seperti Facebook, Flickr, dan YouTube.

Dengan ukuran sebesar 5 TB, Jaka rasa hard disk eksternal ini cocok dipakai para gamer. Sebab para gamer biasanya memiliki sejumlah game yang berukuran besar dan pastinya cukup menguras media penyimpanan.

Untuk soal rotasi, hard disk eksternal ini memiliki kecepatan rotasi 7.200 rpm dengan kecepatan transfer 120 MB/s. Sayangnya, bobot perangkat hard disk eksternal ini mencapai 2 kg sehingga cukup merepotkan jika dibawa-bawa ke berbagai tempat.

4. WD My Book Duo

Fa76d7fbbbf0ebd04c75c6388f10ad9b
Sumber foto: Foto: es.id

Nah, kalau kalian sudah takjub dengan kapasitas hard disk eksternal 5 TB dari Seagate, kalian harusnya lebih takjub lagi dengan WD My Book Duo ini yang menawarkan kapaitas 16 TB. Dengan kapasitas sebesar itu, kalian bisa menyimpanan data apa pun, baik itu video maupun game kelas berat sekalipun.

Selain itu, perangkat yang satu ini juga didukung dengan fitur RAID yang memungkinkan kamu memilih fitur khusus pada perangkat ini, yaitu fitur yang dapat meningkatkan kecepatan transfer data (RAID 0) dan fitur keamanan data (RAID 1).

Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa mengoperasikan hard disk eksternal yang satu ini menjadi dua buah hard disk eksternal berbeda dengan ukuran 8 TB. Jangan lupakan juga fitur back-up data ke Dropbox yang disedikan oleh pihak W, belum lagi dua slot USB 3.0 yang disediakan.

Untuk kecepatan transfer data, perangkat berukuran besar ini mampu melakukan transfer data hingga 290 MB/s. Namun, sayangnya harga untuk perangkat ini sangat mahal dibandingkan dengan jenis hard disk eksternal lainnya.

5. OWC Thunder Bay 4 Mini

6b3cb8420817fef0f73d2eff06b6e1f6
Sumber foto: Foto: owcdigital.com

Perangkat yang satu ini menawarkan desain yang cukup tipis, yaitu sekitar 2,5 inci, tapi dengan kapasitas yang super besar yaitu mencapai 40 TB. Sebuah kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan brand lainnya.

Untuk fitur, OWC Thunder Bay 4 Mini ini menawarkan fitur RAID 0 untuk kecepatan transfer data dan RAID 5 untuk melindungi data ketika fisik hard disk rusak atau mengalami bad sector.

Walaupun dari segi fisik perangkat yang satu ini sangat merepotkan untuk dibawa ke mana pun, hal tersebut bisa tertutupi ketika kamu hanya menggunakannya di rumah saja. Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan kecepatan transfer yang mencapai 800 MB/s.

Gila banget kan kecepatannya? Ini karena terdapat 4 buah hard disk yang bekerja sama untuk meningkatkan kecepatan transfer data. Sayangnya, untuk mendapatkan OWC Thunder Bay 4 Mini ini kalian harus merogoh kocek yang sangat dalam, yaitu sekitar Rp 13 juta.

Nah, itu tadi beberapa hard disk eksternal yang bisa dijadikan pilihan dalam melakukan back-up data. Kalian bisa memilih hard disk eksternal yang Jaka bahas di atas berdasarkan kebutuhan kalian, entah itu kebutuhan portabilitas, kebutuhan akan transfer data, atau kebutuhan ruang penyimpanan yang besar. Selamat berbelanja dan semoga informasinya bermanfaat ya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal Dengan Link2SD

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal dengan Link2SD

Kartu Sd Rusak 79607

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!

Keunggulan Smartphone Bodi Metal Banner

Benarkah Smartphone Bodi Metal Boros Baterai?

Cara Merawat Memori Card Android Tidak Cepat Rusak Banner

Cara Merawat Memori Card Android Tidak Cepat Rusak

Cara Buat Dubsmash Banner

Cara Mudah Membuat Video Dubsmash di Android

APPS TERKAIT
20121226084404_92
Recuva 1.5.3
Apps Piriform
Orion File Recovery And Drive Scrubber Icon Icon
Orion File Recovery and Drive Scrubber 1.11
Apps NCH Software
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak

10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak

Defrag Bikin PC Overheat Dan Fakta Mengejutkan Lain Tentang Defragmentasi Hard Disk

Defrag Bikin PC Overheat Dan Fakta Mengejutkan Lain Tentang Defragmentasi Hard Disk

Ciri-Ciri Hard Disk Yang Rusak dan Cara Mengatasinya!

Ciri-Ciri Hard Disk Yang Rusak dan Cara Mengatasinya!

Tips Merawat Hard Disk Supaya Tidak Bad Sector

Tips Merawat Hard Disk Supaya Tidak Bad Sector

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal