J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

STOP Sekarang Juga! 9 Hal Ini Bikin Baterai Smartphone Gampang Rusak

STOP Sekarang Juga! 9 Hal Ini Bikin Baterai Smartphone Gampang Rusak

Selasa, 27 Jun 2017, 13:00 WIB
Android atau iPhone, seiring waktu pemakaian keduanya sering mengalami berbagai macam masalah. Salah satunya yakni masalah baterai cepet habis.

Android atau iPhone, seiring waktu pemakaian keduanya sering mengalami berbagai macam masalah. Salah satunya yakni masalah baterai cepet habis. Hal tersebut sudah menjadi masalah yang sering dijumpai setiap pengguna. Mungkin kita sudah berusaha melakukan berbagai macam optimasi agar baterai ponsel tetap awet.

Selain itu dengan rutin melakukan perawatan, paling tidak kita bisa menunda mengganti perangkat baru. Tapi meskipun kita sudah sangat berhati-hati dalam merawatnya, masalah baterai cepet habis masih saja terjadi. Mungkin berikut ini bisa menjadi alasan umum mengapa baterai ponsel kita cepet habis dan jadi gampang rusak. Yuk, simak.

BACA JUGA
  • Ini Akibatnya Jika Memainkan Smartphone Ketika Di-Charge!
  • Cool Dual, Smartphone Dual Kamera Termurah Harga Cuma 3 Jutaan!
  • Smartphone Panas Bikin Gak Nyaman? Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnya

9 Hal Ini Bikin Baterai Smartphone Gampang Rusak

1. Kecerahan Layar Diatur Terlalu Tinggi

Sumber utama mengapa baterai ponsel cepet habis yakni kecerahan layar yang diatur terlalu tinggi. Baik itu kita mengaturnya secara manual atau mengatur secara otomatis sesuai dengan kondisi ruangan.

Hal ini bisa saja membuat ponsel tetap memberikan tingkat kecerahan yang sama saat berada di dalam rumah. Sebenarnya cara lain untuk mengurangi konsumsi daya baterai karena faktor kecerahan adalah dengan mempersingkat waktu hidup layar setelah kita berhenti menggunakannya.

2. Ponsel Selalu Mencari Jaringan Wi-Fi

Ketika ponsel terus-menerus mencari sinyal Wi-Fi yang ada maka hal ini juga bisa dengan cepat mengonsumsi daya baterai. Jika kita tidak lagi menggunakan jaringan Wi-Fi atau saat berada di luar ruangan yang jauh dari area Wi-Fi maka lebih baik kita menonaktfikan Wi-Fi guna mencegah ponsel mencari sinyal yang tidak digunakan.

3. Notifikasi Aktif Sepanjang Hari

Coba pikirkan apa yang dilakukan ponsel kita sepanjang hari. Jika ponsel tersebut terus menyala, bergetar, atau menampilkan notifikasi, maka hal ini sudah pasti bisa menguras baterai dengan cepat. Notifikasi yang aktif sepanjang hari ini juga sangat mempengaruhi mengapa baterai bisa cepet habis.

Setiap kali notifikasi tersebut tidak hanya menampilkan suara misal dengan bergetar atau lampu kedap-kedip maka ini juga bisa mengonsumsi daya baterai lebih cepat dibandingkan menggunakan mode senyap. Jadi pastikan juga kita hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang kita gunakan. Kurangi jumlah notifikasi pada aplikasi berita atau game yang biasanya selalu muncul dalam jumlah banyak.

4. Aplikasi Terus Bekerja di Latar Belakang

Kita harus selalu memeriksa aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak. Dengan cara masuk ke menu pengaturan dan pilih fitur baterai pada Android atau iOS.

Kamu harus terus selalu melihat aplikasi mana yang paling sering banyak mengkonsumsi baterai, kemungkinan besar aplikasi tersebut terus-menerus bekerja di latar belakang sepanjang hari. Bisa itu aplikasi Facebook, Email, atau apa saja. Kita bisa non-aktifkan aktifitas latar belakang aplikasi tersebut dan berharap masalah baterai cepat habis tidak lagi terjadi.

5. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi yang Menguras Baterai

Jika kita menggunakan aplikasi Google Maps atau memberi izin aplikasi menggunakan fitur lokasi terus-menerus maka sudah bisa dipastikan jika daya baterai akan 2x lebih cepat habis. Sebenarnya tidak masalah jika menggunakan aplikasi yang memerlukan GPS saat kita membutuhkannya, namun pastikan kita tidak terlalu banyak menggunakannya, selain itu pastikan kita menonaktifkannya saat tidak membutuhkannya lagi.

Sama halnya penggunaan fitur tethering, streaming musik atau video sepanjang hari. Hindari juga bermain game dengan grafis yang terlalu berat atau menggunakan kamera terlalu lama karena hal ini juga bisa lebih banyak mengonsumsi daya baterai.

6. Menggunakan Sumber Daya Aplikasi Secara Berlebihan

Terkadang kita sudah mengoptimalkan semua pengaturan demi mengatasi masalah baterai cepet habis, namun ternyata ini sama sekali tidak bekerja. Kenapa? Mungkin ini alasannya. Jika kita terlalu lama menghabiskan waktu dengan aplikasi yang banyak mengkonsumsi data maka baterai juga akan lebih cepat terkuras dibandingkan pada aplikasi biasa.

Mungkin kita harus mengubah kebiasaan jika ingin menghemat baterai, misalnya dengan memilih membaca berita daripada menonton video setiap hari, hindari juga bermain game dalam waktu lama, dan kita juga harus tetap sadar kenapa kita menggunakan ponsel dan aplikasi di dalamnya.

7. Aplikasi dan Data Disinkronkan Secara Otomatis

Masalah baterai cepet habis juga bisa disebabkan karena sinkronisasi otomatis oleh beragam aplikasi. Mungkin mencadangkan foto secara otomatis atau menyinkronkan beberapa aplikasi merupakan hal yang bagus.

Namun, jangan bingung jika nanti baterai ponsel akan lebih sering boros daripada biasanya. Sehingga kita perlu mempertimbangkan lagi jika ingin menyinkronkan sumber daya pada ponsel secara otomatis jika tidak ingin mengalami masalah tersebut.

8. Perangkat Lunak Tidak Up to Date

Inilah salah satu alasan mengapa kita harus secara rutin meng-update sistem perangkat lunak yang ada. Masalah mengapa konsumsi daya baterai menjadi semakin cepat adalah karena tidak rutin melakukan pembaruan pada sistem operasi atau aplikasi favorit yang sering kita pakai.

Masalah bug yang muncul sebenarnya bisa menjadi faktor mengapa baterai cepat sekali habis. Jadi pastikan kita sudah mendapatkan pembaruan OS secara rutin atau lebih bagus jika kita menggunakan OS terbaru yang sudah tersedia. Memperbarui aplikasi secara rutin juga penting guna menjaga keefektifan kinerjanya.

9. Ponsel Memiliki Masalah pada Perangkat Keras

Jika kita sudah merasa mengatur semua pengaturan, meng-update perangkat lunak secara rutin, atau mengubah kebiasaan agar baterai ponsel tetap awet namun ternyata masih mengalami masalah baterai boros. Mungkin bisa jadi ada masalah pada perangkat keras, coba cek kembali di mana kita membelinya dan sudah berapa lama kita memakai ponsel tersebut.

Itulah masalah umum kenapa kita sering mengalami masalah baterai smartphone yang cepat habis, kalian setuju? Jangan lupa beri tanggapan kalian lewat komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Asal, Hindari 5 Hal Ini Ketika Membeli Smartphone Baru!

10 Smartphone Flagship Murah 2018 Alternatif Oppo Find X

Cegah Hacker, Lakukan 5 Cara Ini Pada Smartphone Android Kamu!

HATI-HATI! 6 Teknik Ini Dilakukan Hacker Untuk Meretas Website Online

Cara Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Menjadi Hacker Profesional

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal