J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

BAHAYA! Lakukan 13 Hal Ini Pada Facebook Kamu Agar Aman

BAHAYA! Lakukan 13 Hal Ini Pada Facebook Kamu Agar Aman

Rabu, 8 Jun 2016, 16:00 WIB
Lewat Facebook kita jadi bisa dengan mudah membagikan berbagai hal. Tapi hal itu juga bisa membahayakan hidup kita. Makanya yuk lakukan 13 hal berikut di Facebook kamu!

Sejak diperkenalkan pada tahun 2004 silam, sekarang Facebook sudah hampir memiliki 1,5 miliar pengguna. Hal ini cukup membuktikan bahwa Facebook memang perusahaan raksasa yang tidak ada matinya. Tidak heran jika di tengah banyaknya situs dan aplikasi sosial media yang terus bermunculan, Facebook masih terdengar ramai dipergunakan.

Berkumpul dengan teman lama, keluarga, dan teman baru memang bisa dengan mudah dilakukan di Facebook. Makanya, jika kamu adalah pengguna yang aktif di Facebook, segera lakukan hal-hal berikut agar hidupmu tetap aman.

BACA JUGA
  • 8 Hal Terlarang Ini Haram untuk Kamu Lakukan di Facebook
  • Begini Cara Mewariskan Akun Facebook Jika Kamu Meninggal
  • Cara Menambah Like di FB Secara Otomatis, Ribuan Like dalam 1 Menit!

12 Hal yang Harus Dilakukan Pada Facebook

Kamu pasti sudah familiar dengan kasus penculikan atau bahkan pembunuhan yang bermula gara-gara Facebook. Berbagai kejahatan cyber seperti penipuan dan peretasan pun tak jarang bermula dari Facebook. Makanya, yuk amankan Facebook kamu dari hal-hal yang akan membahayakan keselamatan diri kamu!

1. Buat Kontak Terpercaya

Hal Terlarang Di Facebook 8

Jika kamu adalah pengguna Facebook yang sangat aware dengan keamanan data yang kamu simpan di sana, sebaiknya buat keamanan berlapis pada Facebook kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kontak kepercayaan yang akan dihubungi jika sewaktu-waktu ada yang berusaha nge-hack Facebook kamu, atau saat kamu lupa password. Cara ini pun akan mencegah hacker yang berusaha menjebol Facebook kamu dengan metode lupa password.

2. Jangan Lupa Buat Kontak Pewaris

Soal umur tidak ada yang tahu. Maka dari itu buat kamu yang aktif menggunakan Facebook, cobalah luangkan waktu untuk membuat kontak pewaris guna menanggulangi jika hal-hal tidak diinginkan terjadi pada kamu. Kamu bisa mengatur kontak pewaris dengan cara masuk ke menu Settings - Security di Facebook. Lebih lengkapnya, kamu bisa baca Cara Mewariskan Akun Facebook Jika Kamu Meninggal.

Hal Terlarang Di Facebook 7

Kamu tidak ingin foto-foto, atau status dan data transaksi atau apapun yang kamu lakukan hilang begitu saja ketika kamu menginggal bukan? Maka dari itu segera buat kontak pewaris Facebook kamu. Nantinya kontak pewaris itu bisa mengelola Facebook kamu sebagai akun kenangan, atau bahkan meminta Facebook untuk menghapus akun milikmu jika kamu meninggal.

3. Sembunyikan Alamat Email

Hal Terlarang Di Facebook 9

Di era Internet of Things sekarang ini, email menjadi pintu yang menghubungkan berbagai akun milik kita. Beberapa orang menggunakan akun email yang sama untuk berbagai hal penting, seperti akun Facebook, email kerja, bahkan hingga urusan finansial. Untuk menjaga privasi akun-akun milikmu, sebaiknya segera hapus akun email kamu dari profil Facebook.

4. Hapus Nomor Telepon

Semenjak ada WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya, nomer telepon bukan hanya sarana untuk SMS atau menelpon saja. Maka dari itu, jika kamu menyimpan nomer telepon di Facebook akan sangat beresiko terhadap adanya tindakan penguntit yang menganggu kamu. Kecuali kamu adalah pengguna yang menggunakan Facebook untuk bisnis, sebaiknya gunakan akun khusus.

Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

5. Sembunyikan Tanggal Lahir

Hal Terlarang Di Facebook 2

Menurut hasil survey, banyak pengguna Facebook yang menggunakan tanggal lahirnya sebagai password Facebook. Entah karena tidak ingin ribet-ribet mengingat password yang panjang atau karena apa, bahkan tanggal lahir juga banyak digunakan sebagai password email dan akun-akun lainnya. Untuk mencegah hacker menjebol akun-akun milikmu, segera sembunyikan tanggal lahir lengkap di akun Facebook kamu. Pasalnya kebanyakan hacker akan terlebih dahulu mencoba tanggal lahir sebagai percobaan password pertama saat mencoba membobol suatu akun.

6. Hapus Teman yang Tidak Dekat

Bayangkan jika kamu memiliki ribuan teman di Facebook, apa kamu mengenal dekat mereka semua? Jaka yakin kamu hanya kenal dan berkomunikasi dengan beberapa orang dari mereka saja. Dan apa ada jaminan bahwa orang yang kamu kenal di Facebook itu orang baik? Jika bukan orang yang kamu kenal dekat, bisa jadi mereka ada niat jahat.

Hal Terlarang Di Facebook 10

Jika kamu masih ragu untuk menghapus teman di Facebook, coba baca lagi artikel 5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Menghapus Teman Di Facebook.

7. Hapus Status Hubungan

Hal Terlarang Di Facebook 3

Ngaku deh, dulu kamu pasti bangga banget kan kalo di Facebook mencantumkan relationship di Facebook? Selain udah gak jaman, pamer status relationship atau hubungan di Facebook juga bisa memberikan akibat lain. Seperti memancing stalker, fitnah, bahkan hingga terganggu iklan yang jualan kaos couple atau mungkin baju pengantin.

8. Hapus Alamat Rumah

Hal Terlarang Di Facebook 6

Dibandingkan dengan kantor atau kampus, kamu pasti akan menghabiskan banyak waktu bersantai di rumah. Meski kedengarannya klise, tapi menyimpan alamat rumah di Facebook sangatlah berbahaya. Karena bisa jadi ada orang yang tahu alamat rumah kamu akan berbuat jahat.

9. Jangan Chek-in Lokasi Liburan

Pamer foto saat liburan di Facebook emang asyik. Jadi kelihatan kekinian dan gak kurang piknik kan? Tapi sebenarnya tindakan check-in saat kamu berlibur ini bahaya loh. Pasalnya bukan tidak mungkin ada teman baru di Facebook yang kebetulan di lokasi yang sama dan ngajak ketemu. Tapi apa ada jaminan orang itu tidak punya niat jahat?

Hal Terlarang Di Facebook 11

Selain itu, misal kamu pergi liburan dan update di Facebook. Orang yang tahu kondisi rumah kamu kosong bisa menggunakan moment ini untuk diam-diam datang dan membobol rumah kamu. Serem kan?

10. Hapus Informasi Tempat Kerja

Kamu mungkin senang bisa kerja di kantor bergengsi, sehingga tak jarang kamu check-in di kantor kamu. Untuk kamu perempuan, hal ini sangat bahaya untuk dilakukan. Dikhawatirkan jika kamu juga sering membuat status pulang malam akan memicu orang tidak bertanggung jawab menguntit kamu dari kantor hingga rumah.

11. Hindari Bahas Kerjaan dan Atasan

Selain informasi tentang tempat kerja, berteman dengan banyak teman kantor atau atasan di kantor sepertinya bukanlah ide baik. Soalnya orang-orang kantor atau bos kamu pasti jadi tahu apa yang kamu bagikan di Facebook. Bisa repot kan kalo ketahuan kamu sering nongkrong atau kelayapan pas hari kerja?

Hal Terlarang Di Facebook 5

Udah gitu kamu juga jadi gak bebas kalo mau ngeluh masalah kerjaan. Sebagai contoh, pernah ada kan orang yang dipecat gara-gara status di sosial media.

12. Hapus Informasi Kartu Kredit

Apapun alasannya, jangan pernah menampilkan informasi kartu kredit kamu di Facebook. Baik itu belanja online, permintaan keluarga, atau apapun itu. Kamu tidak ingin tagihan kertu kredit jadi bengkak karena digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab bukan?

13. Hapus Foto Tidak Pantas

Hal Terlarang Di Facebook 4

Setiap orang bisa menjadikan Facebook sebagai sarana berekspresi. Entah karena mencari sensasi atau karena memang ingin melengkapi koleksi, beberapa pengguna Facebook gemar meng-upload foto tidak pantas atau syur di timeline-nya. Nah, jika kamu punya satu atau dua foto tidak pantas, segera hapus jika tidak ingin hal itu mengacaukan kehidupan profesionalmu.

Itu dia 13 hal yang tidak boleh kamu lakukan di Facebook. Dengan kamu bertindak wajar dan tidak membagikan sembarang hal di Facebook, maka hidup kamu pun jadi aman. Dan lagi jika kamu sembarangan membagikan informasi di Facebook, hal itu juga akan membuat orang lain tidak nyaman, kan?

ARTIKEL TERKAIT
Fbstart Banner

Bikin Aplikasi Android Dibayar Rp 1.3 Milyar oleh Facebook? Begini Caranya!

Face

6 Fitur Facebook yang Tidak Kamu Gunakan (Padahal WAJIB!)

Kode Jebakan Facebook

RAHASIA! Begini Cara Membuat Kode Jebakan di Facebook

Faceboook

Cara Menyembunyikan Last Seen di Facebook Chat

Alasan Kenapa Harus Pake Facebook Messenger

Jika Kamu Hapus Facebook Messenger, Kamu Akan RUGI! Ini Alasannya

APPS TERKAIT
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite Icon Icon
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home Icon
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger Icon
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di-HACK

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di-HACK

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menggunakan Facebook

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menggunakan Facebook

Tanpa Diceritakan, Ternyata Facebook Sudah Tahu Banyak Tentang Kamu

Lakukan 5 Cara Ini Agar Facebook Kamu Tidak Bisa Di-HACK

Lakukan 5 Cara Ini Agar Facebook Kamu Tidak Bisa Di-HACK

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal