J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Manusia Disebut Gorilla. Apakah Benar Google Itu Rasis?

Manusia Disebut Gorilla. Apakah Benar Google Itu Rasis?

Jumat, 15 Apr 2016, 16:00 WIB
Hasil pencarian di Google kadangmenuai kontroversi. Setelah sempat menyebut orang kulit hitam sebagai Gorila, tindakan rasis Google masih berlanjut. Apakah memang Google itu rasis?

Siapa sih yang tidak kenal mesin pencarian Google? Mencari informasi hingga download lagu, gambar, dan video bisa dengan mudah dilakukan lewat Google. Dengan segala kemampuan serba tahunya maka Google disebut sebagai 'Mbah'.

Dengan menggunakan algoritma unik yang rumit, setiap pencarian yang kamu lakukan di Google akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai kebutuhan kamu. Tapi tidak jarang gara-gara algoritmanya yang kadang kacau, Google justru jadi di-bully. Dan kali ini Google di-bully gara-gara rasis.

BACA JUGA
  • 10 Skill yang WAJIB Dikuasai Jika Ingin Kerja di Google
  • Inilah 3 Mesin Pencari yang Paling Mengerti Kamu Selain Google
  • 7 Fitur Baru Google Maps, Bikin Kamu Anti Telat dan Nyasar

Apakah Benar Google Itu Rasis? Ini Buktinya

Meski disebut sebagai 'Mbah', mesin pencarian Google tetaplah sebuah mesin yang berjalan dengan algoritma khusus. Maka tak heran jika seringkali Google menampilkan hasil pencarian yang jauh melebihi ekspektasi penggunanya. Nah, karena algoritma yang tidak sempurna, sebuah pencarian mengakibatkan blunder yang mengakibatkan pertanyaan, "Apakah Google itu rasis?". Berikut bukti-bukti tindakan Google yang dianggap rasis dan kesimpulannya.

Unprofessional Itu Hitam, Professional Itu Putih

Google Rasis 1

Sebuah postingan di Twitter memicu perdebatan mengenai ulah rasisme yang ditampilkan oleh mesin pencarian Google. Seorang mahasiswi bernama Rosalia melakukan pencarian di Google Images dengan kata kunci "unprofessional hairstyles for work", dan dia terkejut karena apa yang ditampilkan adalah sederet gambar wanita berkulit hitam dengan bermacam gaya rambut, namun mayoritas diantaranya berambut keriting.

Twitter Icon
Twitter for Android
Apps Social & Messaging Twitter
DOWNLOAD

Namun saat dilakukan pencarian dengan kata kunci "professional hairstyles for work" yang keluar adalah gambar-gambar wanita berkulit putih yang rambutnya berbeda-beda. Apakah sebegitunya Google menganggap wanita kulit hitam dengan rambut keriting itu sebagai orang yang tidak profesional?

Gara-gara Obama, White House Jadi Nigga House?

Google Rasis 1

Ternyata bukan sekali ini saja loh Google memunculkan hasil pencarian yang menimbulkan kesan rasis. Pandangan Google rasis sempat mencuat ketika hasil pencarian "Nigga house" di Google Maps malah menampilkan lokasi White House. Gara-gara insiden yang berlangsung di bulan Mei 2015 ini Google langsung minta maaf.

Navitel
Navitel Navigator 9.1.0.0
Apps Productivity Center of Navigation Technologies
DOWNLOAD

Hitam Itu Gorila

Google Rasis 4

Tidak berhenti sampai di situ, tidak berselang lama setelah insiden White House, Google dikecam oleh seorang pengguna bernama Jacky Alcin ** karena menemukan foto dia dan kekasihnya berada dalam kategori **Gorilla. Keduanya memang berkulit hitam, tapi itu manusia loh bukan Gorila.

Google Rasis 2

Di Amerika, kata Nigger atau Nigga memang identik dengan orang kulit hitam. Namun apa jika kata Nigger digunakan sebagai kata ganti yang digunakan untuk merujuk ke suatu tempat atau bangunan? Berbeda dengan insiden White House, sebuah pencarian di Google Maps kembali menuang kontroversi karena pencarian Nigger University berujung di Howard University yang memang dulunya didominasi oleh warga kulit hitam.

STOP! Google Tidak Rasis.

Jadi, apakah benar Google itu rasis? Seperti Jaka bilang di awal, mesin pencarian Google berjalan berdasarkan algoritma tertentu yang membuatnya bisa menampilkan hasil pencarian yang sekiranya orang ingin lihat dari kata kunci yang dimasukan. Dengan algoritma unik yang rumit, tanpa bertele-tele Google Images akan menampilkan gambar secara instan yang dianggap relevan.

Google Rasis 2

Seperti dalam kasus "unprofessional hairstyles for work", hasil pencarian itu mengacu pada frase yang banyak digunakan oleh para pengguna blog dan sosial media. Banyak di antara pengguna jaringan itu berdiskusi mengenai gaya rambutnya cenderung keriting, sehingga tampak tidak profesional di tempat kerjanya. Nah, keluhan-keluhan inilah yang dianggap Google sebagai frase yang relevan dan sesuai dengan apa yang ingin dilihat oleh penggunanya.

Karena algoritma mesin pencarian Google menampilkan hasil pencarian apa yang orang ingin lihat, maka Google tidak rasis. Algoritma Google tidak dirancang untuk memutuskan menampilkan apa yang orang-orang perlu lihat.

ARTIKEL TERKAIT
Google

10 Peristiwa Paling Aneh yang Bisa Kamu Temukan di Google Street View

Peristiwa Aneh Di Google Street View 11

10 Peristiwa Paling Aneh yang Bisa Kamu Temukan di Google Street View (Part 2)

Nama Google Terburuk Banner

5 Produk Google dengan Nama Paling 'JELEK' Sepanjang Sejarah

Project Fi

Produk Baru Google ini Sukses Bikin Banyak Operator Seluler Ketakutan

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Google Icon
Google 8.20.13.16
Apps Google Inc.
Google Camera Logo 50b83
Google Camera 6.2.031.259661660
Apps Google Inc.
Google Chrome For Android Icon
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal