J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game Spin-off yang Malah Lebih Bagus dari Versi Orisinalnya, Gak Nyangka Banget!

7 Game Spin-off yang Malah Lebih Bagus dari Versi Orisinalnya, Gak Nyangka Banget!

Kamis, 19 Des 2019, 14:00 WIB
Meskipun awalnya cuma spin-off, beberapa game yang Jaka ulas ini malah meraih kesuksesan dan lebih populer dibandingkan dengan seri orisinalnya. Penasaran?

Industri game adalah industri yang paling serakah. Bagaimana nggak, ketika satu judul gamenya sukses, si pembuat bakal memerah judul game tersebut dengan merilis sekuel dan juga spin-off-nya.

Coba saja kamu lihat franchise game Super Mario Bros. yang memiliki ratusan judul di dalamnya. Memang, sih, bagus, tapi memang orang nggak bosan?

Makanya, nggak jarang game-game sekuel dan spin-off malah merusak reputasi game yang dulunya keren. Keserakahan memang dosa yang paling berbahaya, sih.

7 Game Spin-off yang Malah Lebih Bagus dari Versi Orisinalnya

Berbeda dari yang Jaka jelaskan sebelumnya, ternyata ada, lho, game spin-off yang malah lebih sukses dan terkenal dibanding versi orisinalnya.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 7 game spin-off yang lebih sukses dibanding seri orisinalnya. Check it out!

1. Rune Factory

1 1d223

Rune Factory merupakan spin-off dari judul game populer, Harvest Moon. Harvest Moon sendiri merupakan game simulasi di mana kamu harus mengelola peternakan dan sawah dengan sebaik mungkin.

Sayangnya, banyak orang yang mudah bosan ketika memainkan Harvest Moon atau yang sekarang dikenal dengan Story of Seasons. Oleh karena itu, diciptakanlah game Rune Factory yang menggabungkan Harvest Moon dengan genre RPG.

Nggak cuma bertani dan beternak saja, Rune Factory mengajakmu untuk bertualang ke dungeon-dungeon untuk melawan monster ala game-game RPG.

2. The Typing of the Dead

2 A2b00

The Typing of the Dead merupakan serial spin-off dari game tembak-tembakan zombie klasik yang berjudul The House of the Dead.

Alih-alih mengarahkan senjatamu untuk menembak zombie, The Typing of the Dead mengharuskanmu untuk mengetik kalimat-kalimat tertentu di layar untuk membunuh zombie.

Meskipun absurd, namun orang justru menyukai game spin-off satu ini. Selain seru, The Typing of The Dead juga bisa melatih kemampuan dan kecepatan mengetikmu.

3. Far Cry 3: Blood Dragon

3 40922

Far Cry 3: Blood Dragon merupakan spin-off dari game Far Cry 3. Far Cry 3 merupakan salah game yang mengandung unsur Indonesia di dalamnya, sehingga cukup populer di kalangan gamer Tanah Air.

Kedua game memiliki gameplay yang sama, hanya saja Blood Dragon menambahkan elemen-elemen parodi dari film aksi tahun '80-an.

Senjata laser, dinosaurus, robot jahat, dan musik techno yang didominasi suara synthesizer ala '80-an bakal menemanimu dan bikin suasana makin seru.

4. The Sims

4 Dce3a

Siapa yang sangka kalau game The Sims merupakan sebuah spin-off? Yup, game di mana kamu berperan seperti Tuhan ini merupakan spin-off dari SimCity, geng.

Studio Maxis yang mengembangkan game SimCity membuat The Sims supaya player dapat mengontrol setiap hal kecil dalam game.

The Sims kini menjadi salah satu game dengan penjualan terbanyak di dunia. Pengaruh The Sims yang sangat kuat membuat orang melupakan SimCity yang merupakan seri orisinalnya.

5. Final Fantasy Tactics

5 6375f

Final Fantasy merupakan salah satu franchise JRPG yang paling dicintai gamer di dunia. Sayangnya, nggak semua game dari franchise ini disukai.

Sementara itu, game spin-off-nya yang berjudul Final Fantasy Tactics memiliki kualitas yang selalu konsisten semenjak dirilis pertama kali untuk platform PS1.

Nggak heran kalau banyak orang bilang Final Fantasy Tactics merupakan serial game tactical RPG terbaik sepanjang masa.

6. Super Mario Bros.

6 35445

Karakter Nintendo manakah yang paling ikonik? Pria berkumis dan berbaju merah bernama Mario lah yang selalu nongol jadi maskot Nintendo.

Ternyata, game Super Mario Bros. juga adalah game spin-off, lho. Karakter Mario pertama kali muncul di game Donkey Kong. Bahkan, nama karakter tersebut dulunya bukan Mario, melainkan Jumpman.

Meskipun keduanya kini berpisah menjadi dua franchise yang berbeda, game arcade Super Mario Bros. malah lebih lebih sukses. Terbukti dari banyaknya judul game di bawah franchise ini.

7. Super Smash Bros.

7 14197

Super Smash Bros. merupakan game spin-off paling unik. Pasalnya, game ini merupakan spin-off dari beberapa judul game populer sekaligus.

Game ini memiliki banyak pilihan karakter yang berasal dari franchise Super Mario Bros., The Legend of Zelda, Mega Man, Sonic, Pac-Man, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan game aslinya, Super Smash Bros. memiliki gameplay rumble di mana kamu harus bertarung dengan beberapa orang sekaligus di dalam satu arena.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 game spin-off yang lebih sukses dan terkenal daripada seri orisinalnya. Selera pasar memang nggak bisa diprediksi, sih.

Kalau kamu punya pertanyaan atau pendapat, kamu bisa tuliskan di kolom komentar ya, geng. Sampai jumpa lagi dia artikel Jaka lainnya.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Game Terbaik Epic Games Banner A33e7

10 Game Terbaik Epic Games, Ada yang Dibintangi Artis Hollywood!

397178992034e4b28251caafc412f476

10 Game Terbaik Ini Tetap Menjadi Favorit Gamer Meski Dirilis Berulang-ulang

Game Terbaik Sepanjang Masa Banner B9f58

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Video Game2141739b

5 Game Jadul Tahun 90-an Ini Merupakan Game Terbaik Di Masanya, Setuju Nggak?

5 Situs Guide Walkthrough Game Terbaik Tamatin Game Makin Mudah 52495

5 Situs Guide & Walkthrough Game Terbaik, Tamatin Game Makin Lancar!

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

10 Game Terbaik Sepanjang Masa, PUBG dan Mobile Legends Enggak Ada Apa-Apanya!

Daftar Game Android Terbaik 2019 Versi Google Play, PUBG Mobile Gak Termasuk?

Daftar Game Android Terbaik 2019 Versi Google Play, PUBG Mobile Gak Termasuk?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal