• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

7 Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat, Bikin Sakit Hati!

Minggu, 19 Apr 2020, 13:00 WIB
Tidak hanya disanjung dan banjir penghargaan, ada beberapa game yang diprotes publik karena isu rasisme yang terkandung di dalamnya. Game apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya!

Dalam industri game, kita bakal menemukan berbagai macam genre dan bentuk game. Mulai dari genre action, RPG, hingga simulator.

Kebanyakan dari game-game tersebut berhasil menorehkan prestasi membanggakan, entah dari segi konten, karakter game, ataupun hasil penjualan.

Namun, ada juga game-game yang terkenal karena paling kontroversial dan diblokir di beberapa negara. Salah satu penyebabnya adalah video game tersebut memuat unsur rasisme.

Video Game Paling Rasis yang Pernah Dibuat

Topik rasisme sendiri sebenarnya sudah cukup sering muncul dalam video game dan mendapatkan banyak kecaman. Tentu saja nggak enak bermain game yang tujuannya malah menyinggung kelompok tertentu, bukan?

Nah, kali ini Jaka bakal kasih tahu 7 video game paling rasis yang pernah dibuat. Berikut daftarnya!

1. Ethnic Cleansing

1 Custom 18439

Game yang bertema pembunuhan ini dirilis pada tahun 2002 oleh Resistance Records. Meskipun sekilas game bergenre FPS (First Person Shooter) ini nampak normal, namun game ini mempertontonkan perilaku rasisme yang kental.

Nantinya dalam game ini, kamu bakal memerankan seorang tentara Nazi yang bertugas membunuh orang-orang berkulit hitam dan orang-orang Yahudi.

Nggak cuma itu aja, atas alur cerita dan adegan yang ditampilkan sangat memojokkan etnis ataupun ras tertentu. Hal inilah yang membuat game ini dikecam banyak aktivis kemanusiaan.

2. Bioshock Infinite

2 Custom 31a72

Dirilis di tahun 2013 untuk Microsoft Windows, PlayStation 3, dan Xbox 360, seri Bioshock yang satu ini sebenarnya mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi, khususnya dari segi plot cerita dan grafis.

Sayangnya, banyak pemain mengkritik adanya unsur rasisme yang kental di dalamnya. Game ini dinilai sangat merendahkan orang-orang berkulit hitam, sementara orang berkulit putih dianggap paling superior.

Tak heran bahwa game ini mendapat predikat sebagai salah satu game paling overrated sepanjang masa, selain karena game ini dianggap nggak seseru pendahulunya.

3. Watch Dogs

3 Custom Af562

Watch Dogs dirilis oleh Ubisoft pada tahun 2014. Meskipun memiliki rekor penjualan yang sangat baik, beragam kritikan muncul karena game ini menyinggung isu rasisme yang cukup fatal.

Game PC terbaik ini dianggap melakukan indoktrinasi kepada para pemainnya dengan menggambarkan penampilan karakter yang 180 derajat berbeda antara penjahat berkulit putih dengan penjahat berkulit hitam.

Selain itu, Watch Dogs juga diduga menyudutkan bangsa dan agama dengan menampilkan karakter teroris bernama Iraq yang sangat brutal dan kejam.

Nggak selesai di sana aja, geng. Game ini juga mengandung konten pornografi dan teori konspirasi yang membuatnya semakin kontroversial untuk dimainkan.

4. Muslim Massacre

4 Custom D81cd

Pada tahun 2008, sebuah game online berjudul Muslim Massacre beredar di dunia maya, di mana salah satu negara pertama yang muncul adalah Inggris.

Terang saja, negara ini langsung gempar dan memutuskan untuk memblokir game ini setelah mendapat kecaman banyak pihak, khususnya dari komunitas agama.

Muslim Massacre sendiri merupakan permainan yang mengisahkan perjuangan pasukan tentara Amerika dalam membasmi teroris di kawasan Timur Tengah.

Masalahnya, pemain nanti bakal langsung mendapat tugas untuk menembaki orang-orang Arab sebanyak mungkin. Beberapa objek yang harus dibasmi digambarkan memakai pakaian tertutup lengkap dengan sorban di kepalanya.

5. Resident Evil 5

5 Custom 2f71c

Mendapat julukan sebagai game horor terseram, franchise Resident Evil selalu dinantikan oleh para penggemarnya karena menyajikan plot cerita yang menyeramkan sekaligus aksi yang seru.

Sayangnya, hal di atas nggak begitu berlaku ketika seri kelima dari game ini rilis di tahun 2009. Bukan hanya pujian, game ini juga banji kritikan karena dianggap menonjolkan rasisme.

Berlatar belakang Afrika Selatan, game ini dianggap merendahkan orang-orang berkulit hitam di Afrika, di mana mereka digambarkan terinfeksi virus ganas dan pemain harus membunuh mereka semua.

6. Red Dead Redemption 2

6 Custom 60a37

Nah, kalau game Rockstar Games terbaik yang satu ini dicap rasis oleh masyarakat Irlandia karena plot cerita dan guyonan di dalamnya yang sangat menyinggung Irlandia banget.

Selain itu, game ini juga menampilkan kelompok Ku Klux Klan, organisasi rasis terbesar di Amerika yang eksis karena menyuarakan supremasi kulit putih.

Meskipun di akhirnya nanti, pemain mengharuskan membunuh mereka semua, namun kemunculkan organisasi ini mengagetkan banyak pihak dan dikhawatirkan memicu isu rasisme yang masih cukup sering terjadi di Amerika.

7. Freaky Flyers

7 Custom 2d6ec

Game yang dirilis tahun 2003 juga mengundang kontroversi karena menyinggung rasisme. Meskipun nggak ditampilkan secara eksplisit, namun Freaky Flyers memperlihatkan unsur rasisme dalam karakter yang mereka bikin.

Misalkan saja karakter bernama Sheik Abdul dari Timur Tengah Ay-rab yang berpakaian sorban bersama karpet ajaib ditemani serta unta yang bisa berbicara.

Lalu ada juga Pauli Atchi, pengusaha Italia dengan tampang ala mafia, serta Cactus Rose, seorang bandit berbahaya dari Meksiko. Penggambaran identitas yang sangat mencolok ini membuat game ini sarat akan kontroversi.

Akhir Kata

Itulah tadi 7 game paling rasis yang pernah dibuat. Seharusnya, pihak developer ataupun studio produksi membuat game yang bisa diterima semua kalangan dan nggak menyentuh isu-isu sensitif, ya.

Bagaimana pendapatmu? Silakan tulis komentarmu di bawah, dan sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Anime Crossover Terbaik Banner D24fa

7 Anime Crossover Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Plot Twist!

Game Crossover Terbaik Banner 560b1

7 Game Crossover Terbaik, Capcom Ngajak Ribut Marvel?

20130603162635_1689

Bocoran EA mengenai Plants vs Zombies Crossover

Aplikasi Live Streaming Game Terbaik 2020 Banner Bf624

10 Aplikasi Live Streaming Game di Android & PC Terbaik 2020

Crossover Game Mobile E0f16

Crossover Game Mobile Paling Heboh di 2019, Didominasi PUBG Mobile dan Fortnite!

Aplikasi Cheat Game Android 2019 Banner Ce004

10 Aplikasi Cheat Game Android Terpopuler di 2020, Yakin Mau Coba?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal