J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Game PC Online yang Gulung Tikar di Indonesia, Kalah Saing Sama Game Mobile?

5 Game PC Online yang Gulung Tikar di Indonesia, Kalah Saing Sama Game Mobile?

Kamis, 5 Des 2019, 14:00 WIB
Banyak game online di Indonesia yang harus rela untuk gulung tikar bahkan setelah eksis untuk sekian lama karena mulai kurang peminatnya.

Game online Merupakan salah satu genre game yang addictive banget. Game ini bisa bikin kamu seharian di depan komputer dan nggak ngapa-ngapain.

Banyak game online yang di publish dan berkembang di Indonesia. Beberapa masih bertahan sampai sekarang dan ada juga beberapa yang harus menutup layanannya.

Apa aja sih game online Indonesia yang terpaksa harus ditutup di tahun 2019 ini? Yuk simak ulasan Jaka selengkapnya di bawah ini, geng!

Daftar Game Online Indonesia yang Harus Gulung Tikar di 2019

Game online punya daya tarik sendiri buat para pemainnya. Beda dengan game single player di mana kamu fokus bermain sendiri, di game online kamu bisa berinteraksi dengan orang lain.

Pola interaksi kaya gini yang bikin game online diminati sama banyak orang, tapi sayangnya nggak semua game online bisa bertahan sampai sekarang.

Banyak game online yang harus rela untuk memberhentikan layanannya karena berbagai alasan. Apa aja sih game online yang ditutup di Indonesia? Yuk simak infonya di bawah ini!

1. Tree of Savior

Gameskinny Com 9bc03
Sumber foto: gameskinny.com

Game Tree of Savior mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2016. Game ini digadang-gadang punya berbagai kemiripan dengan Ragnarok.

Dengan kemiripannya dengan Ragnarok, Game ini pada awalnya cukup terkenal dan mendapatkan cukup banyak penggemar. Kepopuleran game ini tidak bertahan lama karena game ini ditutup tahun 2019.

Pihak Gemscool sebagai distributor game ini memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan pihak developer.

Gemscool menutup game ini pada tanggal 31 Mei 2019. Pada situs resminya pihak Gemscool menulis:

Kami mengakhiri service game Tree of Savior Indonesia dikarenakan berakhirnya kontrak dengan developer Game terkait. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Savior dari seluruh Indonesia yang selama ini telah setia mengikuti event dan bermain bersama kami. Kami menyadari bahwa kualitas dan service yang kami berikan masih jauh dari yang namanya kesempurnaan. Untuk itu, kami mohon maaf jika selama ini ada sesuatu yang tidak berkenan, baik dari service di dalam Game ataupun Tim GM dan admin yang betugas.

2. Closers Indonesia

2 Bp Blogspot Com 8291b
Sumber foto: hipwallpaper.com

Game asal Korea ini mulai dirilis di Indonesia pada tahun 2016. Game ini bercerita mengenai serangan monster dari dimensi lain. Monster ini menyerang dunia melalui sebuah portal yang disebut sebagai dimensional gate.

Pada akhirnya dimensional gate ini berhasil ditutup dan para manusia yang memiliki kemampuan supranatural yang menutup portal tersebut disebut CLOSERS.

Sayangnya Megaxus sebagai pengelola game ini memutuskan untuk menutup layanannya pada 23 Mei 2019. Penutupan ini diawali dengan ditutupnya layanan pembayaran voucher Mi-Cash di situs bill.megaxus.co.id.

Sebagai bentuk ganti rugi terhadap para pemain game ini, Megaxus memberikan Kompensasi kepada para pemain yang diberikan secara berkala dalam jangka waktu 2 minggu.

Kompensasi akan diberikan dalam bentuk hadiah di game lain yang dikelola oleh Megaxus seperti Audition Ayodance dan Counter Strike Online.

3. RF Online

Pinimg Com1 Aaa25
Sumber foto: pinimg.com

RF Online termasuk salah satu game online yang paling populer yang pernah ada di Indonesia. Game ini bertahan hingga 12 tahun sebelum akhirnya resmi ditutup pada 21 Agustus 2019.

Game ini dikembangkan oleh developer game online asal Korea yang akhirnya melakukan ekspansi ke berbagai negara termasuk ke Indonesia.

Sebagai bentuk kompensasi, Lyto sebagai pengelola game ini di Indonesia mengadakan event Last Party sebelum layanan game ini resmi ditutup.

Selain itu, para pemain juga diberi kesempatan untuk mentransfer karakter mereka ke RF Classic. Event Player Reborn di RF Classic dibuat untuk memfasilitasi pemain yang ingin mentransfer karakter mereka ke RF Classic.

Pada halaman Facebook resminya, pihak Lyto menulis ucapan terima kasih kepada para pemain yang sudah mendedikasikan waktunya di game ini.

Pihak Lyto menulis:

Terima kasih Patriot RF untuk 12 tahun yang tidak terlupakan bersama RF Online Indonesia, yang telah mendedikasikan waktu, pikiran dan karya-karya kalian yang tak ternilai harganya. Tanpa kalian, perjuangan dan petualangan di Planet Novus tidak akan berarti.

4. Counter-Strike Online Indonesia

Awallpapersinaja Blogspot Com 6182e
Sumber foto: awallpapersinaja.blogspot.com

Counter-Strike Online (CSO) Indonesia merupakan game FPS yang pernah berjaya di Indonesia. Game yang mengedepankan kemampuan pemain dalam membidik dan bergerak ini harus rela untuk ditutup tahun 2019.

Setelah hampir 8 tahun menemani para penggemarnya di Indonesia, game ini harus ditutup karena kepopulerannya yang meredam.

Para pemain FPS sekarang lebih tertarik untuk memainkan game bergenre battle royale seperti PUBG dan Fortnite.

Pihak Megaxus sebagai pengelola game ini menutup layanannya dimulai dengan menutup transfer Mi-Cash ke Counter Strike Indonesia melalui bill.megaxus.co.id.

Selanjutnya game ini resmi ditutup secara resmi pada 1 Agustus 2019 pada pukul 10:00 WIB.

Pihak Megaxus memberikan kompensasi kepada para pemain Counter-Strike Online Indonesia yang memenuhi syarat tertentu.

Kompensasi diberikan dalam bentuk item pada game lain yang dikelola oleh Megaxus, yaitu Audition Ayodance PC, Ayodance Mobile, dan Fatal Raid.

5. Dragon Nest

Wallpapercave Com A1a05
Sumber foto: wallpapercave.com

Sebagai salah satu game yang pernah populer di Indonesia, Dragon Nest akhirnya harus rela untuk menutup layanannya pada 3 Juni 2019.

Game ini banyak diminati karena mengusung tema real time combat di mana pemain bisa menggerakkan karakternya dengan bebas. Hal ini menjadi sesuatu yang berbeda dibanding dengan game MMORPG lain.

Game ini sebenarnya masih cukup populer di negara asalnya di Korea dan masih bisa dimainkan sampai sekarang. Ada juga server lain di region SEA yang masih aktif sampai saat ini.

Kurangnya peminat membuat pihak Gemscool sebagai pengelola game ini di Indonesia memutuskan untuk menutup layanan Dragon Nest Indonesia.

Pada situs resminya Gemscool menulis:

Kami selalu berusaha membuat DragonNest menjadi game yang tepat untuk menemani para player di Indonesia. Kurangnya peminat, membuat kami dengan terpaksa memutuskan untuk mengakhiri service game DragonNest di Indonesia.

Dengan pengumuman ini banyak para pemain yang merasa sedih dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Gemscool yang telah menemani mereka selama ini.

Akhir Kata

Nah itu dia, geng beberapa game online yang akhirnya harus ditutup di Indonesia.

Meskipun awalnya game itu punya banyak banget penggemar, seiring berjalannya waktu, game-game itu mulai kehilangan banyak pemainnya.

Kalian gimana nih, geng? Apa kalian pernah main salah satu dari game di atas? Dan gimana perasaan kalian ketika tau kalau game kesayangan kalian akhirnya harus menutup layanannya?

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Abd3b

5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Beli Game di Steam, Terlalu Maruk Mengambil Komisi?

Game Online Bisa Rugikan Negara 2b965

Bermain Game Online Dinilai Bisa Rugikan Negara, Ini Penjelasannya!

Kuota Dibutuhkan Bermain Game Banner 7aa9d

Berapa Banyak Kuota yang Dibutuhkan untuk Main Game-Game Populer? Ini Faktanya!

Dosa Game Online Banner 51cc4

7 Dosa yang Dilakukan oleh Game Online, Free To Play Termasuk?

7 Game Online Yang Sukses Besar Tapi Nggak Laku Di Indonesia Karena Berbayar A9f84

7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia, Karena Berbayar?

Game Pc Di Android Banner 976a9

20 Game PC Terbaik di HP Android | Grafik Terbaik, Bisa Offline & Online Multiplayer

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia, Karena Berbayar?

7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia, Karena Berbayar?

Ini Perusahaan Game Asal Indonesia yang Dikenal Dunia!

Ini Perusahaan Game Asal Indonesia yang Dikenal Dunia!

7 Dosa yang Dilakukan oleh Game Online, Free To Play Termasuk?

7 Dosa yang Dilakukan oleh Game Online, Free To Play Termasuk?

Bermain Game Online Dinilai Bisa Rugikan Negara, Ini Penjelasannya!

Bermain Game Online Dinilai Bisa Rugikan Negara, Ini Penjelasannya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal