J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Minecraft Classic: Pengertian, Fitur, & Cara Main, Gratis!

Sabtu, 24 Okt 2020, 10:30 WIB
Minecraft Classic awalnya hanya bisa diakses melalui Minecraft client. Tapi, sekarang kamu bisa memainkan Minecraft Classic di browser secara gratis!

Minecraft Classic merupakan bentuk perayaan ulang tahun Minecraft ke-10. Selama itu pula Mojang selaku developer Minecraft mempertahankan eksistensi game ini.

Tom Stone dari Mojang juga mengatakan bahwa pemain nggak cuma menikmati versi klasik dari game ini, tapi juga diajak merayakan 10 tahun Minecraft pada berbagai event.

Menariknya, versi lawas dari Minecraft yang pertama kali muncul pada 2009 ini bisa kamu mainkan via browser di PC atau laptop, geng. Praktis, kan?

Lalu, bagaimana cara memainkan Minecraft Classic online melalui browser? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Ulasan Lengkap tentang Minecraft Classic

Sesuai namanya, Minecraft Classic adalah versi klasik dari Minecraft. Artinya, kamu akan memainkan game ini dalam versi lawas.

Minecraft Classic dihadirkan oleh developer Minecraft, yakni Mojang dalam rangka merayakan 10 tahun Minecraft pada 17 Mei 2019, geng.

Dalam perayaan tersebut, Mojang juga mengajak pengguna Twitter merayakan 10 tahun Minecraft dengan membuat hashtag #MineCraftMemories pada setiap cuitan.

Sebenarnya, Minecraft Classic sudah tersedia sejak lama. Awalnya game ini hanya tersedia di Windows, Mac, dan Linux, dan diperlukan Java.

Tapi sekarang Minecraft Classic tersedia secara gratis dalam versi web. Jadi, kamu bisa memainkannya tanpa perlu download Minecraft di PC.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan selama bermain Minecraft Classic dan bagaimana cara memainkannya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Minecraft Classic?

Mc Apa Itu Custom 8d31d

Minecraft Classic adalah game Minecraft seperti yang dirilis pada tahun 2009. Versi klasik ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat berbeda dengan yang sekarang.

Game genre open world atau sandbox ini memungkinkanmu bermain dalam mode kreatif. Jadi jangan heran kalau nggak ada mode Survival dengan musuh untuk dilawan.

Meski begitu, kamu tetap bisa mendirikan bangunan keren di Minecraft meski dengan visual yang sangat sederhana dan nggak sebagus game Minecraft terbaru, geng.

Fitur Minecraft Classic

Mc Fitur Custom 88ff6

Minecraft Classic yang dihadirkan kembali tahun lalu bukanlah versi Minecraft 2019, melainkan versi jadul yang dirilis tahun 2009.

Versi klasik ini tentu membawa sejumlah keunikan tersendiri yang bisa membuatmu merasakan kembali sensasi bermain Minecraft pertama, termasuk bug Minecraft!

Lalu, apa saja fitur yang bisa kamu nikmati selama bermain Minecraft Classic? Cek selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Memiliki 32 Blok

Minecraft Classic memiliki fitur yang sama dengan Minecraft yang dirilis tahun 2009. Salah satunya adalah memiliki jumlah blok yang terbatas, yakni hanya 32 blok.

Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan fitur yang dihadirkan pada Minecraft versi terbaru di mana kamu bisa menjelajahi dunia yang sangat luas.

Meski begitu, kamu tetap bisa membuat rumah di Minecraft versi lawas ini walaupun terbatas dengan jumlah blok yang bisa dibangun, geng.

2. Tersedia Mode Creative

Berbeda dengan mode Survival yang mengharuskanmu untuk bertahan hidup, dalam mode Creative kamu nggak akan menemukan sistem nyawa dan lapar. Bahkan, kamu bisa melayang di udara.

Mode ini membebaskanmu untuk membangun apapun yang kamu mau di dunia Minecraft. Mulai dari desain rumah mewah, taman bermain, kebun binatang, hingga perkotaan.

Hanya saja, Minecraft Classic belum mendukung beberapa fitur utama seperti crafting, inventory, dan dynamic lightning.

3. Mendukung Mode Multiplayer

Meski merupakan versi lawas, ternyata Minecraft Classic bisa kamu mainkan bersama teman karena game ini mendukung mode multiplayer online, loh!

Jadi, selain bisa memainkan game ini sendiri dalam mode single player, kamu juga bisa mengundang teman-temanmu dan bermain dengan maksimal 9 pemain.

Kamu hanya perlu menyalin URL dan memberikannya kepada teman-teman yang ingin kamu undang. Gampang banget, kan? Dijamin bikin nostalgia!

Cara Main Minecraft Classic

Meski dihadirkan kembali untuk menyambut ulang tahun Minecraft ke-10, ternyata game jadul ini masih bisa dimainkan hingga sekarang, loh!

Game ini bisa dimainkan via browser di PC atau laptop sehingga kamu nggak perlu download Minecraft Classic APK di perangkat yang kamu gunakan.

Selain itu, kamu membutuhkan keyboard untuk bermain Minecraft Classic. Jadi, kalau ingin bermain Minecraft Classic Android, kamu harus menghubungkan keyboard ke HP.

Nah, pasti sudah nggak sabar untuk bermain Minecraft Classic online di browser, kan? Kalau gitu, langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Cara Menjadi Host dan Memulai Permainan

Kalau kamu ingin menjadi host dan memulai permainan untuk dimainkan sendiri maupun bersama teman, ikuti tutorial di bawah ini:

  • Langkah 1: Buka aplikasi browser di PC lalu kunjungi situs resmi Minecraft Classic (https://classic.minecraft.net/).

  • Langkah 2: Tunggu beberapa. Lalu, isi kolom username dengan nama yang ingin kamu gunakan. Kalau sudah, klik tombol Start.

Minecraft Classic 1 B52d7
  • Langkah 3: Kamu bisa langsung memainkan Minecraft Classic dan mendirikan bangunan sesuai kreativitasmu, geng!

2. Cara Mengundang Teman

Nggak mau bermain sendiri dan ingin mengajak teman-temanmu untuk bergabung? Bisa, kok! Ikuti langkah-langkah di bawah ini, yuk!

  • Langkah 1: Pada halaman utama sebelum masuk ke dalam permainan, kamu bisa langsung menyalin URL dengan menekan tombol Copy seperti di bawah ini:
Minecraft Classic Inv 0c936
  • Langkah 2: Jika kamu sudah terlanjur masuk ke dalam permainan, kamu bisa menekan tombol Escape di keyboard hingga muncul Game Menu.

  • Langkah 3: Di sini, kamu tinggal klik tombol Copy yang berada di bawah kolom URL. Lihat gambar di bawah ini:

Minecraft Classic Inv 2 9c923
  • Langkah 4: Setelah mendapatkan URL, kamu bisa langsung membagikannya kepada teman-teman melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, dan lainnya.

3. Kontrol dalam Game

Minecraft Classic Control 423ad

Sudah tahu, kan, cara bermain Minecraft Classic di browser dengan keyboard secara online? Atau mungkin masih bingung dengan kontrol yang digunakan?

Tenang aja, geng! Jaka juga akan menjelaskan masing-masing kontrol yang kamu perlukan selama bermain game ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tombol Fungsi
Escape Mengakses Game Menu yang berisi lebih banyak pengaturan dalam game
Left Click Klik kiri pada kursor untuk menempatkan atau menambang blok
Right Click Klik kanan pada kursor untuk beralih antara keduanya
W Maju
S Mundur
A Kiri
D Kanan
B Memilih bangunan
T Membuka kolom Chat
F Toggle Fog
Space Lompat
Enter Menyimpan lokasi
R Load tempat

Kenapa Harus Bermain Minecraft?

Meskipun desain visualnya kotak-kotak dan terkesan sederhana, game ini bisa membuatmu betah memainkannya karena memiliki wilayah yang luas untuk dijelajahi.

Lalu, apa sih alasan kamu harus bermain Minecraft versi klasik, terbaru, maupun versi lainnya? Untuk tahu jawabannya, kamu bisa cek artikel di bawah ini!

Alasan Minecraft Bermanfaat Banner 972a4
7 Alasan Kamu Harus Bermain Minecraft | Banyak Pelajaran Kehidupan!
Bermain game Minecraft memang menyenangkan. Selain bebas eksplorasi dan membuat tools, rumah, bahkan kota, game ini juga bermanfaat untuk kehidupan nyata.
LIHAT ARTIKEL

Bonus: Cara & Kode Cheat Minecraft Terlengkap 2020

Berbekal grafis kotak-kotak, kamu bisa membangun rumah hingga kota dalam game ini. Terlebih kamu bisa bermain online multiplayer bersama teman biar makin seru.

Untuk mempermudah dan mempercepat progress, ada juga cara dan kode cheat Minecraft yang bisa kamu gunakan, nih! Cek selengkapnya pada artikel berikut ini, yuk!

Untitled 1 528e8
Cara & Kode Cheat Minecraft Terlengkap 2020, Atur Sepuasnya!
Cheat Minecraft PC dan Android terlengkap 2020 Bahasa Indonesia dan cara menggunakan dengan mudah ada di sini! Mau pakai cheat Minecraft?
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan dan cara bermain Minecraft Classic online gratis melalui browser di PC atau laptop kamu, geng. Gampang banget, kan?

Meski visualnya sangat jadul, tapi Jaka jamin versi klasik ini tetap seru untuk dimainkan dan bisa membuatmu bernostalgia. Coba, yuk!

Baca juga artikel seputar Minecraft atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Download Minecraft Pc Pocket Edition Versi Terbaru 2020 Semua Versi Ada F8122

Download Minecraft PC & Pocket Edition Versi Terbaru 2020, Semua Versi Ada!

Untitled 2 8fdb9

50+ Kumpulan Wallpaper Minecraft Keren 2020 | Buat Android +Desktop

Untitled 3 F7c59

Bosan? Coba Bikin 7 Bangunan Ini di Minecraft | Ada yang Jorok Abis!

Skandal Minecraft Bbcb5

3 Skandal Minecraft Paling Menghebohkan, Dibenci Pembiuatnya Sendiri?

Youtuber Minecraft Banner 8bc68

7 YouTuber Minecraft Indonesia & Luar Negeri | Penghasilan Miliaran!

Download Minecraft Dungeons Android A4479

Download Minecraft Dungeons Android, Game Minecraft Penuh Aksi

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Download Minecraft PC & Pocket Edition Versi Terbaru 2020 | Gratis!

Download Minecraft PC & Pocket Edition Versi Terbaru 2020 | Gratis!

Cara & Kode Cheat Minecraft Terlengkap 2020, Atur Sepuasnya!

Cara & Kode Cheat Minecraft Terlengkap 2020, Atur Sepuasnya!

50+ Kumpulan Wallpaper Minecraft Keren 2020 | Buat Android +Desktop

50+ Kumpulan Wallpaper Minecraft Keren 2020 | Buat Android +Desktop

Download Minecraft MOD APK Versi Sekarang | Unlock Banyak Fitur Keren!

Download Minecraft MOD APK Versi Sekarang | Unlock Banyak Fitur Keren!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal