J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game dengan Bujet Mahal yang Gagal di Pasaran, Rugi Bandar!

7 Game dengan Bujet Mahal yang Gagal di Pasaran, Rugi Bandar!

Kamis, 16 Jan 2020, 21:00 WIB
Bujet tinggi nyatanya nggak menjamin kualitas loh. Kali ini Jaka mau bahas 7 video game mahal yang gagal di pasaran. Penasaran ada apa aja? Cek di sini deh!

Geng, kalian pasti sakit hati nggak, sih, kalau kalian sudah mencurahkan jiwa dan raga kalian untuk suatu karya tapi hasilnya malah gagal?

Memang kita nggak bisa mengharapkan apa yang kita lakukan sukses semata-mata karena kita sudah berkomitmen di situ tapi pastinya tetap miris.

Hal ini banyak ditemukan di dunia video game loh di mana sebuah game yang memiliki bujet pembuatan tinggi malah gagal ketika dirilis di pasaran.

7 Video Game Mahal yang Gagal di Pasaran

Meskipun memiliki umur yang jauh lebih muda dibandingkan film, sekarang industri video game sudah dianggap lebih besar dibandingkan film loh, geng!

Makanya sekarang banyak banget studio game kecil yang mulai bermunculan di seluruh penjuru dunia, termasuk di negara "ber-flower" tercinta kita ini.

Sayangnya, jalan menuju kesuksesan di video game itu jauh dari kata mudah dan banyak studio game yang harus gulung tikar karena kegagalan produk mereka.

Nah, di sini Jaka mau share 7 video game mahal yang gagal di pasaran yang menunjukkan kalau kualitas produksi tinggi itu nggak menjamin, geng!

Sebagai catatan, karena industri video game yang agak tertutup, jumlah uang yang Jaka cantumkan di sini masih simpang siur ya, geng.

1. Lair (2007)

Lair C24e5

Saat pertama kali diumumkan, game Lair banyak dinantikan karena menjanjikan gameplay unik di mana pemain berperan sebagai kesatria penunggang naga.

Dengan gameplay yang terbagi antara peperangan di udara dan daratan dan reputasi cemerlang dari developer Factor 5, game ini sangat dinantikan oleh pemilik PS3.

Sayangnya, selain soundtrack yang memukau, game ini banyak mendapat kritik pedas karena motion control yang sangat buruk.

Bujet pembuatan game ini tidak pernah diumumkan ke publik tapi Factor 5 sampai bangkrut setelah kegagalan Lair yang menunjukkan seberapa mahal game ini, geng!

2. Daikatana (2000)

Daikatana Ab7f6

Sering disebut sebagai 'bapaknya' game FPS, John Romero adalah developer yang sangat dihormati di tahun 90-an berkat masanya di studio id Software.

Romero adalah sosok utama dibelakang game FPS legendaris seperti Wolfenstein 3D dan Doom sebelum dia mendirikan studio sendiri bernama Ion Storm.

Makanya, game Daikatana dari studio tersebut sudah sangat dinantikan oleh gamer tapi sayangnya, harapan tersebut hancur ketika game ini dirilis di tahun 2000.

Bujet total dari game ini masih tidak diketahui tapi perlu dicatat bahwa kegagalan game ini sampai menghancurkan reputasi Romero di dunia video game, geng!

3. Mass Effect: Andromeda (2017)

ME Andromeda 7f0c7

Trilogi Mass Effect sering dijuluki sebagai salah satu seri RPG terbaik sepanjang masa yang membuat sekuel Mass Effect: Andromeda sangat dinantikan oleh gamer.

Untuk sekuel ini, tongkat developer utama pindah dari BioWare Edmonton ke tangan studio baru BioWare Montreal dengan Electronic Arts (EA) sebagai penerbit.

Sayangnya, kurangnya pengalaman studio baru tersebut terlihat dari kualitas game ini yang banyak dihujat oleh fans dan kritikus, geng!

Dengan bujet total yang dikabarkan mencapai 100 juta dolar Kanada atau sekitar Rp1 triliun, kegagalan game ini memaksa EA untuk 'menidurkan' seri Mass Effect.

4. Too Human (2008)

Too Human 05812

Dengan waktu pembuatan yang sangat lama di hampir 10 tahun, game Too Human sudah menjadi legenda karena memiliki proses pembuatan yang sangat bermasalah.

Nggak tanggung-tanggung, game ini awalnya dibuat untuk Sony PlayStation 1 sebelum berpindah ke Nintendo Gamecube dan akhirnya dirilis secara ekslusif di Xbox 360.

Sayangnya, usaha tersebut nggak membuahkan hasil yang sepatutnya dan game ini banyak dikritik karena memiliki gameplay yang repetitif.

Developer Silicon Knights pun dituntut oleh Epic Games karena telah sengaja menggunakan Unreal Engine tanpa lisensi yang memaksa mereka untuk menghentikan penjualan game ini.

Dengan bujet total yang dikabarkan mencapai 80 juta dolar Amerika atau sekitar Rp1 triliun, rencana untuk membuat game ini menjadi trilogi dibuang jauh-jauh.

5. Shenmue (1998)

Shenmue Cbea2

Berbeda dengan game lain di sini, Shenmue banyak dipuji fans dan kritik tapi nggak mencegah game ini menjadi salah satu kegagalan terbesar di dunia video game.

Bisa dibilang, Shenmue adalah korban dari ambisi yang tidak terbendung developer Yu Suzuki dan penuh dengan elemen yang sangat revolusioner.

Sayangnya, game ini dirilis untuk konsol Sega Dreamcast yang gagal yang ikut membuat game ini gagal di pasaran, geng!

Dengan bujet total yang dikabarkan mencapai 59 juta dolar Amerika atau sekitar Rp800 miliar, kegagalan game ini memaksa Sega untuk pensiun dari dunia konsol.

6. Defiance (2013)

Defiance 8ad2d

Ketika dirilis di tahun 2013, MMORPG Defiance adalah game yang sangat unik karena dirilis bersamaan dengan sebuah serial televisi berjudul sama, geng.

Game ini dimaksudkan menjadi pendamping dari serial televisi tersebut di mana cerita dari keduanya akan saling berhubungan.

Sayangnya, meskipun memiliki ide kesinambungan yang unik, Defiance gagal membuat gebrakan di dunia televisi dan di dunia video game.

Serial televisi Defiance diberhentikan di 2016 dan meskipun gamenya sudah dirilis ulang dengan judul Defiance 2050, game ini masih tetap gagal di pasaran.

Dengan bujet total yang dikabarkan mencapai 80 juta dolar Amerika atau sekitar Rp1 triliun, kegagalan game ini memaksa developer Trion Worlds gulung tikar di tahun 2018.

7. APB: All Points Bulletin (2010)

APB All Points Bulletin 530a1

Siapa, sih, gamer yang nggak kenal dengan nama Grand Theft Auto? Seri open-world ini adalah salah satu seri game tersukses di dunia, geng!

Nah, MMO open-world APB: All Points Bulletin datang dari David Jones, developer asli seri tersebut yang minggat setelah rilisnya Grand Theft Auto 2.

Dengan reputasi Jones yang sudah melegenda, game ini diharapkan dapat mengulangi kesuksesan Grand Theft Auto tapi sayangnya kenyataan berkata beda.

Ketika dirilis di tahun 2010, game ini banyak menerima kritik pedas karena banyak memiliki masalah teknis dan gameplay yang kurang matang.

Dengan bujet total yang dikabarkan mencapai 100 juta dolar Amerika atau sekitar Rp1,3 triliun, kegagalan game ini memaksa developer Realtime Worlds untuk gulung tikar.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 video game mahal yang gagal di pasaran. Jumlah uang yang tertera di sini memang belum pasti tapi bisa digunakan sebagai tolak ukur.

Membuat game ini memang tidak murah dan kegagalan satu game saja bisa membuat satu perusahaan langsung bangkrut seperti yang beberapa kali ditunjukkan di sini.

Apakah kalian pernah memainkan salah satu game di atas? Bagaimana pendapat kalian tentang kualitasnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 1 392fb

10 Game PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa, Main PSP di HP Android!

Game Multiplayer Offline 8f787

20 Game Multiplayer Offline Android Terbaik, Nongki Makin Seru!

Untitled 2 De01f

20 Game Perang Offline Android & PC Terbaik 2020 | Download Gratis!

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 Game Apapun Lancar Jaya D6f09

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 | Game Apapun Lancar Jaya!

Banner Game Steam

20 Game PC Gratis Terbaik 2019 yang Ada di Steam | Gak Kalah Sama yang Bayar!

20 Game Survival Android Terbaik Di 2020 Lebih Seru Main Rame Rame B31ec

20 Game Survival Android Terbaik di 2020, Lebih Seru Main Rame-Rame!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

Bikin Kesalahan Fatal, 7 Developer Game Ini Akhirnya Bangkrut

Bikin Kesalahan Fatal, 7 Developer Game Ini Akhirnya Bangkrut

7 Game yang Sukses Comeback Meskipun Awalnya Nyaris Gagal, Hampir Bikin Bangkrut!

7 Game yang Sukses Comeback Meskipun Awalnya Nyaris Gagal, Hampir Bikin Bangkrut!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal