J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Game Jadul PC Terbaik dan Legendaris, Bikin Nostalgia!

Selasa, 5 Mei 2020, 17:30 WIB
Mulai bosan main game modern seperti PUBG atau Mobile Legends? Salah satu obat untuk mengembalikan semangat kamu bermain adalah bernostalgia dengan game jadul PC yang mungkin sudah lama kamu lupakan.

Sejarah permainan video game di komputer atau PC sudah cukup panjang. Bahkan game pertama yang dirilis untuk PC sudah lebih dari 50 tahun lalu. Salah satu game paling jadul di PC yang pernah tercatat dirilis pada tahun 1962.

Game PC dulu masih memiliki grafis yang terbilang primitif dibandingkan game zaman sekarang. Walau begitu, game PC di abad ke-19 punya keistimewaan tersendiri dan hanya dimainkan oleh orang tertentu.

Jika Kamu kangen main game jadul di PC, berikut Jaka cantumkan beberapa game jadul PC terbaik dan legendaris pada masanya. Yuk bernostalgia!

Game Jadul PC Legendaris dan Terbaik

Mulai bosan main game modern seperti PUBG atau Mobile Legends? Salah satu obat untuk mengembalikan semangat kamu bermain adalah bernostalgia dengan game PC yang mungkin sudah lama kamu lupakan.

Nah, game jadul untuk PC yang akan Jaka cantumkan di bawah ini merupakan gabungan dari permainan legendaris era 90-an dan 2000-an awal. Tentunya, game ini ringan untuk dimainkan di PC kamu yang modern!

1. Microsoft Pinball Arcade

Game jadul PC terbaik pertama adalah Microsoft Pinball Arcade yang pasti kamu temukan di semua PC dengan sistem operasi Windows XP ke atas. Game ini cukup simpel, namun memberikan rasa penasaran kepada pemainnya.

Game Jadul Pc 1 3146b

Sejarah pinball sendiri sangat panjang, mulai dari tahun 1931 sebagai mesin game arcade klasik yang bernama Baffle Ball. Game ini lalu dikembangkan seiring berkembangnya zaman dan sampai ke Windows.

Jaka yakin, hampir semua orang yang memiliki PC pada era 90-an pasti mengenal game jadul untuk PC ini, dan tahu bagaimana serunya mempertahankan bola pinball agar menghasilkan poin yang besar.

Judul Microsoft Pinball Arcade
Developer Microsoft, Saffire Corporation
Publisher Microsoft Home
Rilis December 15, 1998
Genre Pinball

2. Zuma

Selanjutnya ada game jadul PC tahun 2000-an yang disukai oleh segala umur. Apalagi kalau bukan Zuma yang pertama kali rilis pada tahun 2003 oleh pengembang game PopCap Games.

Game Jadul Pc 2 04932

Pasti kamu pernah mencoba game ini bukan? Zuma bukan hanya seru untuk dimainkan, tapi juga dapat melatih kemampuan kamu berpikir dengan cepat. Jika salah langkah dalam bermain, kamu tidak dapat maju ke level lebih tinggi.

Kapan lagi kamu bisa main game sambil asah otak, geng? Kalau bukan dengan main game Zuma Deluxe ini di PC. Kalau malas main di PC, bisa juga mengunduhnya di HP kok!

Judul Zuma
Developer Oberon Media
Publisher PopCap Games
Rilis 12 Desember 2003
Genre Tactics

3. Half-Life

Jika kamu suka game tembak-tembakan atau game shooter, game jadul terbaik untuk PC ini adalah salah satu nenek moyangnya yang dikembangkan oleh developer Valve dan dirilis pada 1998 khusus untuk PC Windows.

Game Jadul Pc 3 21fbb

Menurut sebagian gamer, Half-Life adalah game masterpiece yang menjadi panutan bagi game shooter lainnya pada era 90-an dengan lebih dari 50 penghargaan Game of the Year. Melalui game ini pula, pengembang game Valve menjadi sangat terkenal.

Saking legendarisnya, Half-Life adalah "mesin" yang digunakan sebagai dasar pengembangan game multiplayer FPS Counter-Strike. Hingga saat ini, Half-Life sudah memiliki sekuel bernama Half-Life 2 yang dirilis pada 2004 dan prekuel Half-Life: Alyx yang baru saja rilis tahun 2020 ini.

Judul Half-Life
Developer Valve
Publisher Sierra Studios
Rilis November 19, 1998
Genre First-person shooter

4. Doom

Game Jadul Pc 4 B468c

Game ini pertama kali diberikan judul Doom pada 1993 untuk PC dengan sistem operasi MS-DOS. Doom adalah game FPS yang berfokus terhadap kisah prajurit yang bertugas untuk melawan segerombolan iblis dan monster.

Banyak yang menyebutkan Doom adalah game FPS pertama yang pernah diciptakan. Sehingga banyak pengembang game lain yang ikut membuat game serupa seperti Half-Life. Makanya jika ingin bernostalgia, mainkan saja game PC ini di waktu senggang.

Judul Doom
Developer id Software
Publisher GT Interactive Software
Rilis December 10, 1993
Genre First-person shooter

5. Diablo

Game PC jadul yang legendaris lainnya adalah Diablo, yang pertama kali dikembangkan oleh Blizzard North dan dirilis pada 1997 untuk Windows dan 1998 untuk Classic Mac OS.

Game Jadul Pc 5 804b0

Jika Half-Life adalah masterpiece dari game shooter, maka Diablo ini adalah masterpiece game action RPG dengan sistem pertarungan hack and slash.

Kamu yang suka bermain game pada era 90 hingga 2000-an, pasti gak asing lagi dengan Diablo. Game ini memiliki 3 sekuel yang sama-sama bagus, namun Jaka sarankan untuk kamu memainkan sekuel pertama dan keduanya saja.

Judul Diablo
Developer Blizzard North
Publisher Blizzard Entertainment
Rilis January 3, 1997
Genre Action role-playing, hack and slash

6. Warcraft

Game Jadul Pc 6 8cd43

Baru lihat judulnya saja, pasti kamu teringat kembali dengan masa-masa bermain game real-time strategy atau RTS ini dengan teman di warnet, bukan? Warcraft adalah salah satu seri game jadul yang selalu bikin kangen.

Semua sekuelnya punya daya tarik yang sama-sama besar. Apalagi Warcraft III: The Frozen Throne yang jadi game wajib di semua warnet. Walaupun dari segi grafis jauh lebih ketinggalan dari game modern, namun pengalaman bermain game jadul di PC ini tiada tanding!

Judul Warcraft
Developer Blizzard Entertainment
Publisher Blizzard Entertainment
Rilis 23 November 1994
Genre Real-time strategy

7. Counter-Strike

Satu lagi game jadul untuk PC yang wajib ada di warnet, yaitu Counter-Strike. Game ini gak boleh ketinggalan untuk dimainkan jika kamu ingin nostalgia game jadul.

Game Jadul Pc 7 9cba9

Counter-Strike adalah game FPS yang dikembangkan pertama kali melalui modifikasi game Half-Life tahun 1999 oleh Minh Le and Jess Cliffe, lalu diakuisisi Valve untuk menjadi salah satu properti mereka.

Counter-Strike pertama kali rilis secara resmi pada tahun 2000 untuk PC dan meledak dalam penjualannya. Bahkan hingga saat ini, masih ada orang yang bermain Counter-Strike jadul walaupun sudah ada versi yang lebih modern.

Judul Counter-Strike
Developer Valve, Turtle Rock Studios, Hidden Path Entertainment, Gearbox Software, Ritual Entertainment, Nexon
Publisher Valve, Sierra Entertainment, Namco, Nexon
Rilis November 9, 2000
Genre First-person shooter

8. House of the Dead

Game Jadul Pc 8 457b4

Sejarah karakter fiktif zombie sudah lama dikenal oleh warga melalui sejumlah media, salah satunya game. House of the Dead ini salah satu yang berperan penting dalam sejarah tersebut.

Game jadul PC legendaris ini pertama kali muncul sebagai permainan arcade yang dikembangkan oleh SEGA pada 1996. Lalu dirilis untuk PC pada 1998 dan menjadi game yang terkenal horor dan menegangkan. Mungkin House of the Dead tidak seterkenal game jadul PC lainnya. Namun untuk sebagian orang yang suka dengan game zombie pasti gak asing lagi.

Judul House of the Dead
Developer SEGA AM1
Publisher SEGA
Rilis September 3, 1998
Genre Rail shooter

9. Quake

Game Jadul Pc 9 C339a

Quake adalah judul game FPS legendaris yang pasti pernah kamu dengar. Game ini bersaing dengan judul game lainnya seperti Half-Life dan DOOM.

Game PC jadul ini dikembangkan oleh id Software dan dirilis pada 1996, lalu terkenal karena menjadi salah satu mesin game terbaik bernama Quake Engine. Sehingga pengalaman bermain dan visual lebih baik dari game lain di eranya.

Judul Quake
Developer id Software
Publisher GT Interactive
Rilis June 22, 1996
Genre First-person shooter

10. Deus Ex

Yang terakhir, game jadul untuk PC yang Jaka rekomedasikan adalah Deus Ex yang terkenal pada tahun 2000. Deus Ex punya tema cyberpunk yang masih jarang ditemukan dalam game lain pada zamannya.

Game Jadul Pc 10 204fc

Sehingga, tak heran kalau Deus Ex bisa sangat terkenal dan menjadi panutan bagi game yang datang setelahnya. Bahkan mendapat julukan Best PC Game of All Time oleh PC Gamer pada 2011 lalu.

Deus Ex memiliki sekuel dan sejumlah prekuel yang dibuat dengan mesin lebih modern, yaitu Deus Ex: Invisible War, Deus Ex: Human Revolution, Deus Ex: The Fall (2013), dan Deus Ex: Mankind Divided.

Judul Deus Ex
Developer Ion Storm
Publisher Eidos Interactive
Rilis June 17, 2000
Genre Action role-playing, first-person shooter, stealth

Akhir Kata

Itu dia game jadul PC legendaris dan terbaik di zamannya yang bisa kamu mainkan untuk nostalgia di saat waktu luang karena karantina.

Daftar ini tidak sepenuhnya mencakup semua game jadul legendaris, kira-kira game apa lagi yang menurut kamu pantas untuk ada di dalam daftar? Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar dan jangan lupa like jika kamu menyukai artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

ARTIKEL TERKAIT
61f090a7513a439457ae06839988991d

5 Game PC Klasik Terbaik Gratis yang Wajib Kamu Coba

03674371a9b2d30ac23228924ff05ae0

15 Game Jadul Populer yang PASTI Dirindukan Oleh Anak Generasi 90-an

Game Susah

10+ Game PC yang Paling Susah Ditamatin Sepanjang Masa

Hal Unik Game

7 Hal Unik Dalam Game yang Dijamin Bikin Kamu Penasaran

Daftar Situs Game Pc Gratis

10 Daftar Situs Untuk Mendapatkan Game PC Premium Secara Gratis dan Legal

Konsol Game Terlaris 627eb

10 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, PlayStation Menjadi Raja Konsol!

game pc
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI

15 Situs Download Game PC Gratisan untuk Kamu, Biar Gak Bosen di Rumah!

Wajib Coba! 10 Game PC Keren yang Bisa Kamu Download Secara Gratis

Wajib Coba! 10 Game PC Keren yang Bisa Kamu Download Secara Gratis

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Low-Budget Paling Sukses Sepanjang Masa, Minecraft Termasuk!

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal