J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Game Terkenal yang Ternyata Berada dalam Satu Universe, Nggak Nyangka!

5 Game Terkenal yang Ternyata Berada dalam Satu Universe, Nggak Nyangka!

Minggu, 28 Jul 2019, 10:00 WIB
Meskipun nggak ditunjukkan secara eksplisit, namun beberapa judul game ini ternyata ber-setting di universe yang sama dengan game lain.

Pernahkah kamu mendengar istilah shared universe?

Shared universe adalah istilah ketika 2 franchise berbeda memiliki koneksi yang menunjukkan bahwa franchise tersebut terjadi di dalam universe yang sama. Beda dengan sekuel ya, geng.

Zaman sekarang sudah banyak sekali shared universe yang populer seperti MCU, DCEU, dan MonsterVerse.

Meskipun sudah banyak terjadi di film, namun shared universe merupakan hal yang tidak umum dalam video game.

Ternyata, ada juga beberapa judul game populer di dalam satu universe yang sama. Meskipun nggak menampilkan secara eksplisit, kalau kamu jeli pasti ketemu deh koneksinya.

Penasaran game apa saja? Simak terus artikel Jaka berikut ini ya, geng!

5 Game Terkenal yang Ternyata Berada dalam Satu Universe

Shared universe di dalam game berbeda dengan shared universe yang dapat kamu temui di dalam film. Dalam game, belum tentu kamu bisa mengetahui koneksi antara petunjuk yang diberikan oleh developer.

Meskipun begitu, kalau kamu sudah memainkan beberapa judul game tertentu dari developer tersebut, kamu akan menemukan koneksi antara judul-judul game tersebut.

Para developer telah menyelipkan sedikit petunjuk dalam beberapa judul game, mulai dari hal yang sangat eskplisit hingga detail yang membutuhkan ketelitian.

Tanpa mengulur waktu lebih banyak, ini dia 5 game yang ternyata berada berada dalam satu universe dengan game lain.

1. L.A Noire & Red Dead Redemption

1 Ad78c

L.A Noire & Red Dead Redemption merupakan dua judul game terbaik yang pernah dibuat oleh Rockstar Games. Kedua game ini tampaknya nggak berhubungan, geng.

L.A Noire ber-setting di Amerika pada tahun 1940-an yang menceritakan tentang perjalanan karir Cole Phelps, seorang detektif yang berupaya untuk memecahkan kasus-kasus kejahatan.

Sementara itu, Red Dead Redemption (RDR) ber-setting pada tahun 1911 di Amerika. Kamu akan bermain sebagai John Marston, seorang koboi gagah yang berpetualang memburu penjahat.

Beda banget kan, geng? Meskipun begitu, ternyata ada koneksi di antara kedua game tersebut. Koneksi tersebut memang nggak eksplisit, tapi kalau kamu teliti, kamu akan menyadarinya.

Sebuah kasus pembunuhan di dalam L.A Noire bernama "The Silk Stocking Murder", Cole Phelps dapat menemukan topi khas milik John Marston, karakter utama di Read Dead Redemption, di sebuah tempat sampah.

Karena kedua game tersebut dikembangkan oleh perusahaan yang sama, wajar saja apabila developer ingin memasukkan elemen RDR ke dalam L.A Noire.

2. Grand Theft Auto V & Manhunt

2 8e5b1

Siapa, sih, yang nggak tahu GTA V? Game action seru ini dikenal kontroversial karena dianggap mengajarkan kekerasan pada anak-anak kecil.

Developer GTA, Rockstar Games, dianggap sebagai ahli membuat koneksi dalam franchise-franchise game yang pernah mereka rilis.

Dalam GTA V, Michael De Santa bercerita bahwa perampokan pertama yang pernah ia lakukan bertempat di Carcer City, sebuah kota yang nggak bisa kamu temukan dalam game GTA V.

Carcer City merupakan kota yang menjadi setting bagi game Rockstar lainnya, yakni Manhunt.

Dalam game Manhunt, terdapat juga minuman kaleng dengan merek Sprunk yang diperkenalkan oleh GTA series.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan topeng ikonik dari game Manhunt di dalam game GTA V. Makin banyak saja koneksinya, ya.

3. Mass Effect 2 & Dragon Age 2

3 B76f0

Mass Effect merupakan game RPG Shooter yang bertema luar angkasa. Sedangkan, Dragon Age merupakan game bergenre RPG yang bersetting di abad pertengahan dengan bumbu fantasi.

Kedua seri game ini merupakan seri game terbaik yang pernah dirilis oleh Electronic Arts. Meskipun plot dan setting kedua game nggak nyambung, ternyata mereka ada di universe yang sama, lho.

Dalam DLC Mass Effect 2, terdapat patung ogre yang hanya ada di game Dragon Age. Sedangkan, dalam game Dragon Age, kamu bisa menemukan kepala Krogan, spesies alien yang bisa kamu temukan dalam game Mass Effect series.

Berdasarkan ukuran bulan di dalam game Dragon Age, para pemain bisa menentukan letak planet tempat game Dragon Age terjadi di dalam peta galaksi Mass Effect.

4. Assassin's Creed Black Flag & Watch Dogs

4 D6820

Assassin's Creed Black Flag (ACBF) bercerita tentang seorang karyawan Abstergo yang menggunakan animus untuk merekonstruksi memori milik Edward Kenway, assassin legendaris yang juga seorang bajak laut.

Sedangkan, Watch Dogs bercerita mengenai Aiden Pearce, seorang hacker jenius yang mencoba membalaskan dendam kematian keponakannya. Game ini ber-setting di Chicago, Amerika Serikat.

Pada awal game ACBF, kamu akan diperkenalkan dengan Olivier Garneau, CEO dari Abstergo Entertainment, tempatmu bekerja. Ia kemudian pamit ke Chicago untuk melakukan perjalanan bisnis.

Dalam game Watch Dogs, Aiden Pearce memiliki misi berjudul "Requiescat in Pace" yang berarti "Rest in Peace". Istilah ini sangat umum digunakan dalam Assassin's Creed series.

Dalam misi tersebut, Aiden Pearce harus membunuh Olivier Garneau. Wah, ini sih keliatan jelas banget koneksinya, geng.

5. The Witcher 3 & Cyberpunk 2077

5 326b9

The Witcher bercerita mengenai petualangan Geralt of Rivia, seorang Witcher yang memiliki kemampuan khusus dalam memburu monster dan roh jahat.

Game ini memiliki setting abad pertengahan, geng.

Sedangkan, Cyberpunk 2077 merupakan game yang belum dirilis dari developer sama yang mengembangkan The Witcher series, yakni CD Projekt Red (CDPR).

Meskipun dari developer yang sama, namun plot kedua game ini sangat berbeda. Cyberpunk 2077 memiliki setting futuristik bertema Cyberpunk.

Ternyata, kedua game ini memiliki koneksi juga lho, geng. Kalau kamu pernah bermain game The Witcher 3, pasti kamu akan menyadari hal ini.

Geralt yang sudah terpisah lama dengan Ciri, muridnya, akhirnya bertemu kembali dan menanyakan kemana saja Ciri pergi ketika ia diburu oleh Wild Hunt.

Ciri mengaku pergi ke dunia lain melalui portal. Dunia tersebut tampak asing karena semua orang menggunakan besi di kepalanya, berperang dari kejauhan (senjata api), dan banyak kapal (mobil) terbang.

Dari penjelasan Ciri tersebut, banyak fans yang awalnya bingung. Namun, setelah CDPR mengumumkan game Cyberpunk 2077, para fans menjadi mengerti ucapan Ciri tersebut.

Kemungkinan besar, Ciri pergi ke dunia dan era di mana game Cyberpunk 2077 terjadi. Wah, Jaka jadi makin nggak sabar buat mainin game Cyberpunk 2077, nih,

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 judul game terkenal yang ternyata berada dalam satu universe dengan game lain. Pasti kamu nggak ada yang menduga kan, geng?

Sampai bertemu di artikel Jaka selanjutnya ya, geng!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Pilkada Serentak

3 Game PALING SERU Bertemakan PILKADA Karya Anak Bangsa

61f090a7513a439457ae06839988991d

5 Game PC Klasik Terbaik Gratis yang Wajib Kamu Coba

Hal Unik Game

7 Hal Unik Dalam Game yang Dijamin Bikin Kamu Penasaran

Crisis Action Sea

Crisis Action SEA, Game

5a661dd4bf79a Image F2c62

'Kecanduan Game' Diresmikan Sebagai Penyakit Berbahaya? Ini Dia Penjelasannya!

Preview Game The Legend Of Korra Banner

Preview Game The Legend of Korra

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

Game-ception! 7 Game Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di Dalam Game Lainnya

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Franchise Game dengan Jumlah Game Terbanyak, Nomor 1 Bukan Pokemon!

7 Game Terkenal yang Mendapatkan Respon Negatif, Cuma Aji Mumpung?

7 Game Terkenal yang Mendapatkan Respon Negatif, Cuma Aji Mumpung?

7 Game Keren Ini Diremehkan Gamer, Padahal Sama Bagusnya dengan Game Triple A

7 Game Keren Ini Diremehkan Gamer, Padahal Sama Bagusnya dengan Game Triple A

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal