J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Game Engine yang Sangat Cocok Untuk Pemula

              7 Game Engine yang Sangat Cocok Untuk Pemula

              00
              Senin, 16 Apr 2018, 11:00 WIB
              Bagi kamu yang ingin belajar membuat game tetapi belum bisa coding atau pemrograman, kamu bisa mencoba beberapa game engine di bawah ini. Simak yuk!

              Di antara kalian pasti pernah mempunyai pikiran "bagaimana sih cara membuat game?" ataupun mempunyai niat membuat game, tetapi belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Dari sekian banyak game engine di internet, ada beberapa game engine yang memang dikhususkan untuk para pemula.

              Bagi kamu yang ingin belajar membuat game tetapi belum bisa coding atau pemrograman, kamu bisa mencoba beberapa game engine di bawah ini. Tidak memerlukan coding sedikit pun, kamu hanya perlu bermain logika saja. Kira-kira game engine seperti apa? Simak yuk!

              BACA JUGA
              • Tanpa Coding! Pemula Bahkan Bisa Bikin Game Pakai 5 Game Engine Sederhana Ini
              • 5 Bug Game yang Adegannya Bikin Ngilu, Jangan Ditonton Guys!

              7 Game Engine yang Sangat Cocok Untuk Pemula

              1. RPG Maker

              1 764ff
              Sumber foto: Sumber : nicoblog.org

              Bagi kamu yang ingin membuat game bergenre RPG, tampaknya game engine yang satu ini sangat cocok untukmu, terlebih lagi untuk para pemula. Karena di RPG Maker tidak membutuhkan kemampuan pemrograman sama sekali.

              Mengapa begitu? Di RPG Maker kamu cukup drag and drop objek game ke scene yang nantinya di sana akan diberi fungsi-fungsi tertentu. Misalnya kamu mau membuat suatu karakter berbicara, kamu tinggal klik dan memilih fungsi yang kamu perlukan. Cukup sederhana bukan?

              2. Stencyl

              2 7ab2e
              Sumber foto: Sumber : sysads.co.uk

              Stencyl Engine hanya bisa digunakan untuk membuat game tipe 2D saja, namun fitur-fitur yang dimiliki tak kalah dari engine no coding lainnya. Sama seperti RPG Maker yang hanya menggunakan fitur drag and drop.

              Namun, sistem logika di Stencyl lebih spesifik dibandingkan game engine no coding pada umumnya. Jadi game engine yang satu ini sangat cocok untukmu yang baru pertama kali terjun ke dunia developer game.

              3. Construct2

              3 D2328
              Sumber foto: Sumber : retoquedigital.com.br

              Sama seperti game engine no coding pada umumnya, di Construct2 kamu bisa membuat game tanpa coding sekali pun. Namun, kamu hanya bisa membuat game tipe 2D saja. Kabar baiknya, kamu bisa membuat game multiplatform seperti game PC ataupun Android.

              Kelebihan dari Construct2 adalah interface yang mudah dipahami para pengguna yang baru menyentuhnya. Ditambah lagi fungsi-fungsi yang sangat mudah dimengerti membuat game engine ini menjadi primadona para developer.

              4. Game Maker

              4 407ed
              Sumber foto: Sumber : gamemakerblog.com

              Bagi kamu yang suka menjelajahi dunia developer game, pastinya sudah tidak asing dengan game engine yang satu ini kan? Game Maker adalah sebuah game engine yang hanya memerlukan fungsi logika yang artinya tidak memakai coding sama sekali.

              Kelemahan game engine yang satu ini yaitu hanya bisa digunakan untuk membuat game tipe 2D. Namun, sekarang sudah ada versi terbaru dari engine ini, yaitu Game Maker Studio yang bisa membuat game 3D tanpa coding sedikit pun.

              5. Game Salad

              Game Salad 2 D5485
              Sumber foto: Sumber : belajaradmob.com

              Bagi kamu yang ingin serius terjun ke dunia developer game, kamu bisa menggunakan game engine bernama Game Salad yang satu ini. Pasalnya, game engine yang satu ini mempunyai fitur yang sangat lengkap dan hanya bermodalkan drag and drop.

              Namun, kelemahan game engine ini, kamu wajib membayar untuk mendapatkannya. Terdapat 2 pilihan, yaitu Game Salad Basic dan Game Salad Pro dimana untuk yang basic kamu harus merogoh kocek sebesar US$17 per bulan dan untuk yang pro sebesar US$25 per bulan.

              6. Unreal Engine

              6 C0838
              Sumber foto: Sumber : mgnews.ru

              Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan game engine yang satu ini kan? Unreal Engine banyak digunakan oleh studio-studio game besar untuk memproduksi game mereka. Salah satu game yang dibuat dengan Unreal Engine adalah Black Squad Steam.

              Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan engine ini secara gratis. Namun, jika kamu membutuhkan asset tambahan untuk game kamu, kamu perlu membelinya di Unreal Store yang disediakan. Engine ini memakai Visual Scripting, yang artinya kamu cukup menghubungkan script satu sama lain.

              7. Buildbox

              7 Ec1f8
              Sumber foto: Sumber : mgnews.ru

              Sama seperti engine sebelumnya yaitu Unreal Engine, Buildbox menggunakan Visual Scripting untuk membuat gamenya berjalan. Yang artinya, kamu cukup menghubungkan satu script dengan script lainnya.

              Interface yang mudah dimengerti untuk pemula, Visual Scripting yang mudah dipahami. Membuat Buildbox banyak diincar oleh orang-orang yang baru terjun ke dunia developer game, apakah kamu tertari untuk mencoba engine yang satu ini?

              Itulah 7 game engine tanpa coding yang bisa kamu coba. Jadi, membuat game tidak harus mahir pemrograman, yang terpenting adalah bagaimana kamu mengatur alur agar game berjalan sempurna dan enak untuk dimainkan. Bagaimana menurutmu?

              APPS TERKAIT
              20130729093930_742
              Subway Surfers for PC 1.1
              Games Kiloo
              Cs Xtreme
              Counter Strike Extreme V7 V7
              Games Valve
              Lost Saga Online Icon
              LostSaga Online Full Patch Download 20120523
              Games PT. KREON
              Plants Vs Zombies Icon
              Plants vs. Zombies 1.3
              Games PopCap Games

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal