J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Nyangka! 6 Game Terkenal Ini Ternyata Diadaptasi Dari Novel

Gak Nyangka! 6 Game Terkenal Ini Ternyata Diadaptasi Dari Novel

Jumat, 19 Jan 2018, 12:00 WIB
Ada banyak sekali game yang terinspirasi dari buku. Berikut 6 game terkenal yang ternyata diadaptasi dari novel. Cekidot!

Buku atau novel menjadi salah satu sumber yang paling sering diadaptasi ke dalam karya-karya lain. Sebut saja Hunger Games, Harry Potter, dan The Lord Of The Rings yang awalnya merupakan novel terkenal kini telah dibuat versi filmnya. Selain film, novel ternyata juga sering mengilhami para developer untuk membuat game berdasarkan novel tersebut.

Beberapa dari kamu mungkin hanya mengetahui sedikit judul game yang diadaptasi dari novel atau buku. Padahal ada banyak sekali game yang terinspirasi dari bahan bacaan. Dan mayoritas adalah game-game terkenal yang sepertinya sudah kamu ketahui atau mainkan. Berikut 6 game terkenal yang ternyata diadaptasi dari novel. Cekidot!

BACA JUGA
  • 5 Game Android Adaptasi Film 2017 Paling Gagal
  • 6 Game Android yang Diadaptasi Dari Film Terbaik
  • Nostalgia! Ini 6 Game Legendaris yang Diadaptasi Untuk Android

Tak Disangka, 6 Game Terkenal Ini Ternyata Diadaptasi Dari Novel

1. The Witcher

9d941830cf00ce0a15fe96382ec433f7

Salah satu game open-world RPG terbaik yakni The Witcher ternyata berasal dari seri buku The Witcher karya Andrzej Sapkowski, yang dimulai pertama kali sebagai kumpulan cerita pendek. Keberhasilan novel-novel panjang The Witcher yang mengikuti novel pendeknya membawa petualangan baru bagi Sapowski di Polandia, ketika CD Projekt Red menawarkan novel tersebut untuk dibuat versi video game.

Seri pertama dari game The Witcher dirilis pada tahun 2007 dan langsung mendapat banyak perhatian kala itu. Novel karya Sapowski yang awalnya tidak begitu tenar dan laku, kini mulai dicari oleh orang banyak terutama penggemar game The Witcher.

2. Assassin's Creed

46ca53268505b9fa24e6a8a320182bee

Siapa yang menduga jika franchise andalan Ubisoft yakni Assassin's Creed, ternyata diadaptasi dari sebuah novel. Menurut Jade Raymond selaku produser franchise ini, Assassin's Creed terinspirasi dari novel Alamel karya Vladimir Bartol di tahun 1938.

Novel ini terletak di Alamut, yang merupakan Benteng Persia yang terletak sekitar 60 mil dari Teheran. Pada awal abad ke-11, Benteng Alamut dikendalikan oleh seseorang bernama Hassan-i Sabbah bersama para Assassins-nya. Semua fakta sejarah yang digunakan dalam novel Alamel, kemudian disesuaikan dengan semesta dalam game Assassin's Creed.

3. BioShock

43dcb2e8953f01760d5529f87032d81e

Novel paling terkenal karya Ayn Rand yang berjudul Atlas Shrugged ternyata menjadi inspirasi di balik video game Bioshock. Bahkan beberapa karakter penting dalam Bioshock seperti Andrew Ryan, Frank Fontaine, dan Atlas terinspirasi dari karya-karya milik Ayn Rand.

Masih ada banyak bukti atau easter eggs dalam game Bioshock yang bisa digali dan kesemuanya terhubung kepada novel karya Ayn Rand. Secara garis besar, Bioshock berisi eksplorasi filosofis Ayn Rand dan kritik tentang bagaimana hal-hal buruk yang tidak masuk akal dapat terjadi.

4. Metro 2033

1f52ce82fef8258ddc803979a9d86ca1

Game horor survival FPS paling disegani, Metro 2033, berasal dari novel tahun 2005 karya penulis Rusia Dmitry Glukhovsky. Sama seperti game-nya, novel tersebut juga bercerita tentang kehidupan yang berlangsung di terowongan bawah tanah kota Moskow yang sebelumnya hancur karena serangan nuklir. Beberapa karakter penting dalam novel juga muncul dalam versi video game.

Tak seperti kebanyakan game adaptasi novel, Glukhovsky memiliki kredit tersendiri atas dua buku buatannya dan juga franchise Metro yang kini telah mencapai seri ketiga. Seri terbaru yang diberi judul Metro Exodus rencananya bakal dirilis pada 2018 untuk PS4, Xbox One, dan juga PC.

5. Bloodborne

4bbf418867075c9a8ac9cbd56269ab3a

Hampir sama dengan Bioshock, Bloodborne juga meminjam 'elemen' filosofis dari pengarangnya dan bukannya mengadaptasi satu cerita dari buku secara langsung. Nah, jika Ayn Rand menjadi inspirasi bagi BioShock, maka Bloodborne terinspirasi dari penulis asal Amerika, HP Lovecraft.

Maka dari itu, game Bloodborne yang terkenal dengan kengerian di sana-sini tidak menggunakan penyihir atau manusia serigala sebagai musuh utama, melainkan makhluk kosmik interdimensional, dewa elder, dan beberapa makhluk tidak wajar lainnya yang menjadi ciri khas Lovecraft. Selain Bloodborne, masih banyak judul game lain yang terinspirasi dari novel Lovecraft seperti Call Of Cthulhu dan Amnesia The Dark Descent.

6. S.T.A.L.K.E.R.

A5f74601ceccc794cadd863cae15bfbf

S.T.A.L.K.E.R. merupakan seri game FPS survival buatan GSC Game World yang hanya dibuat untuk Windows. Game ini ternyata diangkat dari novel karya Boris dan Arkady Strugatsky berjudul Roadside Picnic yang diterbitkan pada tahun 1972. Novel ini mengikuti kisah Redrick Schuhart, seorang 'stalker' berpengalaman yang terjun ke zona radiasi untuk menemukan artefak berharga yang bisa dijual.

Suasana ekstraterestrial yang digambarkan meninggalkan kesan misterius dan supranatural pada zona tersebut. Sejauh ini sudah ada empat seri dari game S.T.A.L.K.E.R. dan semuanya terinspirasi dari novel kakak-beradik asal Rusia tersebut.

Itu tadi 6 video game terkenal yang ternyata diangkat dari novel. Media seperti buku atau novel memang menjadi sarana yang pas bagi para kreator seperti sutradara atau developer untuk membuat suatu produk film atau game. Semoga saja, di masa depan bakal banyak video game yang diangkat dari novel karya penulis besar lainnya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Haram Aplikasi Online Dating

Haram! Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Aplikasi Online Dating

Aplikasi Edit Video Terbaik Android Iphone Banner A3216

12 Aplikasi Edit Video Terbaik Android & iPhone, Video Tanpa Watermark!

Temuan Google Earth Menghebohkan 2017 6

Penemuan Google Earth yang Menghebohkan di Tahun 2017

C130720b8023cb39817b6136b730fbd5

Ritual Jailangkung dan Uji Nyali dalam Game! Ini 5 Game Horor Android Paling Unik dan Kreatif

Aplikasi Android Terbaik Untuk Mempercepat Koneksi Internet Hp

5 Negara Ini Internetnya Lebih Lemot Dari Indonesia, Gila! Selambat Apa?

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal