J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Miris! 10 Game Ini Malah Bikin Perusahaan Pembuatnya Bangkrut

Sabtu, 4 Nov 2017, 15:30 WIB
Hingga kini sudah banyak game yang masuk kategori gagal karena gak laku di pasaran. Bahkan, ada yang sampai bikin perusahaan pembuatnya bangkrut lho! Seperti 10 game berikut ini.

Perusahaan pembuat dan pengembang game selama ini memang melakukan gambling kala memproduksi dan melempar sebuah game ke pasar. Tentunya dengan harapan game tersebut laris-manis diburu gamers, gak sedikit pula game yang angka penjualannya jauh di bawah target.

Lebih parahnya, ternyata ada game yang sampai membuat perusahaan pengembangnya bangkrut atau ditutup gara-gara income yang dihasilkan jauh dari memuaskan. Berikut Jaka ulas sepuluh game yang bikin perusahaan pembuatnya bangkrut. Silahkan dicek, mungkin aja ada salah satu game yang pernah kamu mainkan.

BACA JUGA
  • 10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan
  • 8 Perusahaan Game Paling Kaya di Dunia
  • Curi Uang Perusahaan, Gamer Ini Habiskan Rp 13 Miliar untuk Beli Item Game

10 Game Ini Malah Bikin Perusahaan Pembuatnya Bangkrut

1. Haze

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 1

Game ini dianggap sebagai sebuah proyek ambisius dari perusahaan pengembang game, Free Radical. Game dengan tema perang ini menjadikan pemainnya seorang tentara yang punya ketergantungan pada sejenis obat bernama Nectar, yang mampu memberinya refleks super.

Sayang, AI dan unsur lain game ini secara keseluruhan dianggap buruk. Hasil penjualannya juga jauh di bawah target. Akibat kegagalan Haze, perusahaan pengembang harus rela proyek game Star Wars Battlefront III ditarik dari mereka dan akhirnya bangkrut selang beberapa lama.

2. Daikatana

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 2

Sebuah perusahaan pengembang game Ion Storm besutan John Romero dan Tom Hall kala itu tengah dalam tahap merintis di tahun 1990-an. Game Daikatana yang saat itu adalah proyek besar milik Romero menghabiskan jutaan dollar dalam tiga tahun pembuatannya. Namun ketika rilis di tahun 2000, game ini malah mendapat review negatif.

Hall sendiri saat itu tengah menyelesaikan gamenya Anachronox. Namun, kegagalan besar koleganya ternyata sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan hingga Ion Storm harus mengalami kebangkrutan.

3. Ultima IX: Ascension

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 3

Origin Systems sebenarnya terbilang sukses dalam menggarap serial game Ultima selama 16 tahun. Namun pada serinya yang ke sembilan yang diberi nama Ultima IX: Ascension, dinilai gagal karena masalah bug yang terbilang akut dan mengganggu.

Akibat kegagalan itu, Ultima akhirnya berhenti mengeluarkan seri-seri selanjutnya. EA selaku perusahaan yang mengepalai Origin Systems akhirnya memutuskan untuk menutup pengembang tersebut menyusul game yang sudah diproduksinya selama belasan tahun sudah berhenti beredar.

4. Fable Legends

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 4

Lionhead Studios adalah sebuah perusahaan pengembang yang terkenal punya banyak game yang batal dirilis akibat satu dan lain hal. Hingga suatu kali di tahun 2016, mereka bereksperimen membuat sebuah game MOBA yang diberi nama Fable Legends. Hasilnya? Game tersebut kembali batal dirilis dan perusahaan tersebut akhirnya berhenti beroperasi.

5. Hellgate: London

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 5

Flagship Studios yang saat itu baru berdiri langsung memegang sebuah proyek besar bernama Hellgate: London. Sayangnya, game RPG tersebut gagal memenuhi ekspektasi setelah melewati proses pembuatan selama lima tahun, yang tentunya memakan biaya besar. Setahun kemudian, EA dan Namco Bandai kemudian menutup Flagship sebagai perusahaan pengembang.

6. Tomb Raider: The Angel Of Darkness

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 6

Karakter Lara Croft memang selalu menarik perhatian gamers. Selama nyaris satu dekade, game Tomb Raider adalah produk andalan sekaligus kesayangan Eidos. Sayangnya, seri terakhir Angel Of Darkness dinilai gagal total akibat bug dan penjualannya yang rendah. Eidos sendiri akhirnya diakuisisi perusahaan bernama Rebellion setahun berselang.

7. SimCity 2013

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 7

Perusahaan yang satu ini mungkin yang paling sakit. Developers Maxis sudah sukses mengembangkan berbagai seri game Sim sejak 1987. Namun, satu kegagalan yang mereka alami di game SimCity di tahun 2013 dinilai sangat fatal dan memaksa EA menutup perusahaan pengembang tersebut.

8. APB

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 8

Realtime Worlds dikenal sebagai perusahaan pengembang game yang sukses dengan Crackdown. Nasib sial harus menghampiri perusahaan yang satu ini kala mencoba keluar dari zona nyaman dan dengan membuat game MMORPG bernama APB. Jauh dari sukses, game ini malah menghasilkan kerugian masif dan memaksa perusahaan gulung tikar.

9. X-Men: Destiny

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 9

Sulit membayangkan sebuah game X-Men gak laku di pasaran. Namun, itulah yang terjadi kala Silicon Knights menggarap sebuah seri game bernama X-Men: Destiny. Setelah diusut, penyebab kegagalan game ini ternyata adalah penyalahgunaan mesin tanpa izin saat proses pembuatan game. Alhasil, Silicon Knights berhenti beroperasi.

10. God Hand

Game Bikin Perusahaan Bangkrut 10

Gak semua game yang gagal menghasilkan banyak uang itu jelek lho. Hal itu berlaku untuk sebuah game bernama God Hand. Meski mengecewakan dalam hal penjualan, game ini nyatanya mendapat review positif sebagai salah satu game combat terbaik untuk konsol PS 2 di tahun 2006.

Meski sukses menghasilkan game dengan kualitas bagus, nasib si perusahaan pengembang tetap tak tertolong. Fakta terkait hasil penjualan yang mengecewakan sayangnya tetap memaksa Capcom menutup dan memberhentikan operasi Clover Studio, yang merupakan perusahaan pengembang game God Hand.

Akhir Kata

Itulah sepuluh game yang gagal hingga menyebabkan perusahaan pembuatnya bangkrut. Apakah ada salah satu game di atas yang pernah kamu mainkan? Jika iya, apakah game tersebut benar-benar buruk sehingga perusahaan pembuatnya layak mengalami kebangkrutan? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Dec96812e1e230322bb1785da4e2e3ab

7 Search Engine Game Terbaik Untuk Temukan Game-Game Super Keren

1dd4e9d1f6b9b4891c072a0d3624c53f

3 Alasan Gamer Sejati WAJIB Coba Game RPG Jepang

Game Paling Dibenci Gamers

5 Game yang Paling Dibenci Para Gamers, Kamu Termasuk?

Kisah Sedih Dibalik Game Pc Cuphead

Gamer Sejati? Baca Kisah Sedih Dibalik Game PC 'CupHead'

2907327 Flappy Bird

5 Game Android Ini MUSTAHIL Ditamatkan, Bahkan Sama Gamer Dewa!

APPS TERKAIT
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Gamekiller
Game Killer
Apps ZNTX
GameGuardian
Game Guardian 92.0
Apps Game Guardian
Gamecih
GameCIH 3.0.0
Apps GameCIH
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan

10 Game Paling Fenomenal yang Menyelamatkan Developer Game-nya dari Kebangkrutan

Alasan Mengapa Banyak Game Bagus Dijual Dengan Harga Mahal, Kenapa Nggak Gratis Aja ya?

Alasan Mengapa Banyak Game Bagus Dijual Dengan Harga Mahal, Kenapa Nggak Gratis Aja ya?

Hartanya Miliaran Dollar! Ini 9 Publisher Game Paling Kaya di Dunia

Hartanya Miliaran Dollar! Ini 9 Publisher Game Paling Kaya di Dunia

6 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

6 Developer Game Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal