J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Haram Ganti HP di Lebaran Tahun Ini

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Haram Ganti HP di Lebaran Tahun Ini

Selasa, 28 Apr 2020, 13:00 WIB
Mau beli HP baru di Lebaran ini? Mending jangan deh, geng, bahaya banget! Berikut alasannya.

Hari raya besar seperti Lebaran biasanya identik dengan berbagai macam barang baru. Mulai dari baju baru, kendaraan baru, atau bahkan gadget baru seperti deretan HP terbaru berikut ini.

Sayangnya, bulan puasa dan Lebaran tahun 2020 ini harus dirayakan dengan penuh keprihatinan mengingat pandemi virus Corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dengan adanya pandemi ini, kesempatanmu buat beli HP terbaru sangat nggak dianjurkan, geng. Kenapa begitu? Emang ada hubungannya ya antara virus Covid-19 dengan HP baru? Nah, daripada penasaran, simak ulasan di bawah ini!

Alasan Kenapa Kamu Jangan Ganti HP di Lebaran 2020

Bagi kamu yang hobi ganti-ganti HP tiap hari raya, akan lebih baik jika kebiasaanmu itu ditunda dulu untuk tahun ini. Jaka bakal beritahu 5 alasan kenapa kamu sangat diharamkan buat beli HP di Lebaran ini. Ini dia ulasannya!

1. Nilai Dollar Lagi Meroket Tinggi

1 Custom 3187f

(Update 23 April 2020) Saat ini, harga kurs dan nilai tukar Dollar terhadap Rupiah berada di angka Rp15.528. Posisi tersebut lemah banget, geng, bahkan membuat Rupiah menjadi salah satu mata uang terlemah di antara negara-negara Asia lainnya.

Tentu saja hal ini sangat memengaruhi harga jual ataupun beli barang-barang di seluruh dunia, salah satunya adalah gadget. Para vendor HP mau nggak mau terpaksa menaikan harga smartphone mereka.

Keputusan itu dibuat mengingat biaya ongkos produksi HP juga bakal naik, apalagi beberapa komponen HP masih diimpor dari luar negeri, salah satunya Tiongkok. Tentu kamu nggak mau membeli HP dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga normal, bukan?

2. Kondisi Perekonomian Tidak Stabil

2 Custom 99b35

Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia menimbulkan gejolak perekonomian yang besar. Ditambah lagi, banyak negara memberlakukan kebijakan lockdown alias karantina wilayah secara total.

Hal ini memaksa para pegawai bekerja dari rumah menggunakan aplikasi-aplikasi Work From Home (WFH). Aneka pekerjaan yang membutuhkan interaksi langsung antar manusia seperti pada bidang jasa jadi kehilangan pemasukan dalam jumlah besar.

Nah, ketimpangan pemasukan yang menimpa perusahaan-perusahaan ini berdampak fatal pada perusahaan atau vendor lain yang juga bergantung pada mereka. Akhirnya, perekonomian jadi nggak stabil dan rawan banget terjadi gelombang PHK.

3. Pandemi Ini Bikin Gelombang PHK Melonjak Drastis

3 Custom 83618

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kondisi perekonomian yang nggak stabil bisa memicu terjadinya PHK besar-besaran, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti akomodasi dan pariwisata.

Gelombang PHK juga bisa terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang lain, seperti FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang kebanyakan adalah perusahaan makanan atau minuman.

Bisa dibayangkan kan, kalau misalnya kamu jadi salah satu yang terkena PHK, apakah kamu sudah siap? Apakah kamu sudah punya dana darurat untuk situasi seperti ini? Lebih baik jangan beli HP dulu, geng!

4. Lebih Baik Menabung untuk Dana Darurat

4 Custom A04ca

Nah, di sinilah pentingnya dana darurat. Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa siap dengan segala macam kemungkinan terburuk yang terjadi di lingkungan sekitarmu, khususnya apabila kamu tiba-tiba terkena PHK.

Dengan adanya pandemi ini, semua orang, bahkan termasuk Jaka juga, dipaksa untuk menabung sebanyak-banyaknya dan menepis keinginan buat membeli barang-barang yang nggak perlu banget.

Hal ini penting, karena di saat pandemi yang mengguncangkan kondisi perekonomian seperti sekarang, semuanya jadi serba nggak pasti. Ibaratnya, kamu masih punya tabungan sampai kondisi dunia kembali normal seperti sediakala.

5. Kalau Terpaksa Banget, Beli HP Murah Aja

5 Custom E6924

Andai kata kamu terpaksa banget ganti HP karena kondisinya yang sudah nggak layak pakai, maka lebih baik kamu beli HP Android murah yang harganya mulai Rp 1 Jutaan saja.

Saat-saat seperti ini bukan waktunya buat beli HP karena model atau spesifikasi terbaru yang gahar, mengingat kondisi perekonomian juga nggak stabil dan rawan dengan gejolak massa.

Nggak lucu kan kalau uangmu habis hanya buat beli HP terbaru? Atau yang lebih parah, kamu dirampok karena tergiur dengan HP mu yang baru? Patut diingat, kondisi seperti sekarang sangat rawan dengan adanya perampokan dan pencurian.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 alasan kenapa kamu sangat nggak disarankan buat beli HP pada Lebaran tahun ini. Bisa dipahami ya, geng? Atau kamu punya pendapat lain?

Kalau punya, bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Handphone Nokia Custom 714f1

7 Handphone dengan Desain Keyboard Paling Unik, Nomor 5 Paling Anti Mainstream!

Maxresdefault 7 Custom 311a5

5 Alasan PlayStation 5 Bakal Gagal di Pasaran, No. 2 Kamu Pasti Setuju!

Ps5 Vs Xbox 920x613 Custom Eddb7

5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!

Page 78ab8

7 Drone Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Nyaris 5 Miliar!

Page B11ab

Exynos 990 vs Snapdragon 865: Manakah Chipset yang Paling Baik?

1 Custom 1 F6e37

5 Alasan iPad Pro 2020 Terbaru Tidak Layak Beli, Mahal Tapi Rapuh?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

8 HP Temurah di Dunia | iPhone Cuma 16 Ribu, Selama Ini Kita Ditipu?

8 HP Temurah di Dunia | iPhone Cuma 16 Ribu, Selama Ini Kita Ditipu?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal