J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Fungsi Kabel HDMI: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya, Wajib Tahu!

Fungsi Kabel HDMI: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya, Wajib Tahu!

Senin, 22 Jun 2020, 15:00 WIB
Seberapa kenal kamu dengan perangkat-perangkat teknologi masa kini? Berikut adalah pengertian, jenis, dan fungsi kabel HDMI yang wajib kamu ketahui

Teknologi yang selalu berkembang bikin kita harus terus memperbarui pengetahuan kita akan teknologi biar nggak ketinggalan zaman. Apalagi, kini semua hal sudah serba digital.

Pas banget, nih, geng. Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai pengertian, jenis, dan fungsi kabel HDMI yang biasa digunakan untuk menyambungkan PC / laptop dengan monitor & smart TV.

Kalau kamu penasaran pengen mengenal salah satu komponen teknologi paling penting di dekade ini, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini ya, geng!

Mengenal Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kabel HDMI

HDMI adalah sebuah komponen yang memungkinkanmu untuk mentransfer audio dan video berdefinisi tinggi dari 1 perangkat ke perangkat lainnya hanya dengan 1 kabel saja.

HDMI atau High Definition Multimedia Interface pertama kali dirancang pada tahun 2002 oleh beberapa perusahaan teknologi terkemuka di dunia, seperti Sony, Toshiba, dan lain-lain.

HDMI menjadi salah satu kabel konektor yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan, pada tahun 2015, kabel HDMI telah terjual hingga lebih dari 4 miliar unit.

Kabel HDMI mampu menghubungkan perangkat audiovisual rumahan seperti Home Theater dan konsol game, HDMI juga sudah nggak bisa terpisahkan dari laptop dan PC, geng.

Fungsi Kabel HDMI

1 74a3b

Setelah mengetahui apa itu HDMI secara umum, kini Jaka bakalan kasih tahu kamu mengenai fungsi kabel HDMI secara lebih spesifik.

Seperti yang sudah Jaka singgung di atas, HDMI berfungsi untuk mentransmisikan data berupa video dan audio digital dari perangkat sumber ke perangkat digital lainnya.

Salah satu manfaat HDMI yang bisa kamu rasakan di teknologi modern adalah kamu cuma perlu menyambungkan 1 kabel HDMI dari konsol PS4 ke TV untuk dapat bermain game.

Beda banget dengan PS2 di mana kamu harus menggunakan kabel RCA yang terbagi menjadi 3 cabang (merah, putih, dan kuning) untuk bisa mentransmisikan gambar dan suara dari konsol ke TV.

HDMI juga men-support beberapa macam format file, mulai dari yang berkualitas standar hingga yang paling tinggi pada komputer, TV, konsol game, hingga smartphone.

Jenis-Jenis Kabel HDMI

2 5bc93

Berdasarkan kualitas serta kecepatan transfer data yang dimiliki, kabel HDMI dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  • Kabel HDMI Standar (Versi 1.2): Mendukung resolusi HD (720p hingga 1080p)

  • Kabel HDMI High Speed (Versi 1.3 - 2.0): Mendukung resolusi 1080p hingga 4K (30Hz), serta mendukung 3D dan Deep Color.

  • Kabel HDMI Premium High Speed (Versi 2.0a): Mendukung resolusi UltraHD hingga 4K (60Hz), HDR, dan rentang warna yang diperluas.

  • Kabel HDMI Ultra High Speed (Versi 2.1): Memiliki dukungan untuk semua resolusi, mendukung hingga resolusi 8K dengan HDR.

  • Kabel HDMI + Ethernet: Memiliki dukungan beragam tergantung versi HDMI yang dimiliki, memungkinkan perangkat yang terhubung dengan Ethernet untuk berbagi koneksi dengan komponen lain melalui kabel HDMI.

Kelebihan Kabel HDMI

3 09725

Terdapat beberapa kelebihan dari kabel HDMI dibandingkan dengan kabel audiovisual versi lama. Berikut adalah di antaranya:

  • Karena bersifat digital, maka HDMI nggak perlu melakukan kompresi ketika mentransmisikan sinyal audio dan video. Otomatis, gambar dan suara yang dihasilkan bakal maksimal dan lebih baik.

  • Kecepatan transfer data HDMI mencapai 10,2GB per detik sehingga mampu menghasilkan suara dan gambar dengan kualitas yang sangat baik.

  • Perangkat dengan konektor HDMI dapat berinteraksi secara 2 arah dengan perangkat lainnya. Artinya, kamu dapat mengoptimasi DVD player melalui TV untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik.

  • Kelebihan terakhirnya adalah kamu hanya perlu menghubungkan 1 kabel HDMI saja untuk dapat mentransmisikan audio dan video berkualitas tinggi dari 1 perangkat ke perangkat lainnya. Alasannya adalah karena di dalam sebuah kabel HDMI terdapat 19 kabel yang "dibungkus" menjadi 1.

Tipe-Tipe Konektor HDMI

4 634c7

Setelah membahas pengertian, jenis, dan fungsi kabel HDMI, ada 1 hal lagi yang musti kamu pahami. Kabel HDMI memiliki bagian konektor yang berbeda-beda berdasarkan perangkat yang digunakan.

  • Tipe A (Standar): Tipe A merupakan tipe konektor paling standar yang bisa kamu temukan di banyak perlengkapan audiovisual, TV, laptop, konsol game, dan masih banyak lagi.

  • Tipe C (Mini HDMI): HDMI tipe C atau Mini HDMI merupakan konektor dengan ukuran yang lebih kecil dan diperuntukkan untuk perangkat portable, seperti kamera DSLR dan tablet.

  • Tipe D (Micro HDMI): Terdapat konektor HDMI dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu Tipe D (Micro HDMI). Biasanya konektor ini ditemukan pada perangkat yang portable dan ringkas seperti smartphone.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai pengertian, jenis, dan fungsi kabel HDMI yang jarang diketahui banyak orang. Semoga bermanfaat buat kamu, ya, geng!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Antivirus Pc 284c7

10 Aplikasi Antivirus PC Gratis Terbaik 2020 + Link Download!

Aplikasi Desain Grafis Banner 2d5fe

10 Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Android dan PC | Download Gratis!

Aplikasi Edit Video Pc Ringan Gratis Terbaik 2020 Banner 0f1a5

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak yang Gratisan!

Tahukah Kamu Perbedaan Hdmi Vga Displayport Dvi Thunderbolt Dan Mhl

Apa Sih Bedanya HDMI, VGA, DisplayPort, DVI, Thunderbolt, dan MHL?

Cara Mirroring Android Ke Pc Banner 6d698

2 Cara Mirroring HP Android ke PC/Laptop via Kabel USB dan WiFi | Tanpa Root!

5 Aplikasi Android Untuk Menghubungkan Hp Ke Pc Tanpa Kabel

5 Aplikasi Android untuk Menghubungkan HP ke PC (Tanpa Kabel)

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal