5 Fungsi Kamera Smartphone Ini Sering Diabaikan Penggunanya

29 July 2017

Kamera merupakan salah satu fitur yang sering menjadi pertimbangan utama kebanyakan orang ketika membeli smartphone. Kamera smartphone bahkan dianggap oleh sebagian orang terutama para wanita sebagai hal yang lebih penting dari spesifikasi smartphone itu sendiri.

Kebanyakan orang menggunakan kamera smartphone untuk melakukan selfie, memotret suatu objek yang dianggap bagus untuk dipamerkan, mengabadikan momen tertentu bersama orang-orang terdekat dan scan dokumen.

Sebenarnya ada banyak sekali fungsi kamera smartphone yang bisa kalian coba. Ini dia fungsi lain kamera smartphone yang sering sekali diabaikan oleh pengguna.

5 Fungsi Kamera Smartphone Ini Sering Diabaikan Penggunanya

1. Mengecek Denyut Jantung

Mengecek Denyut Jantung

Foto: androidpit.com

Salah satu fungsi paling bermanfaat dari kamera smartphone yang bisa kalian coba adalah mengecek denyut jantung kalian. Tentunya untuk melakukan hal ini kalian memerlukan aplikasi tambahan seperti Instant Heart Rate yang memungkinkan kalian mengecek denyut jantung dengan hanya menempelkan jari telunjuk ke kamera smartphone.

2. Melihat Sinar Inframerah

Melihat Sinar Inframerah

Foto: exploratorium.edu

Fungsi kamera smartphone lainnya adalah melihat sinar inframerah dari suatu perangkat yang memancarkan sinar tersebut.

Arahkan kamera smartphone kalian ke alat yang memancarkan sinar inframerah seperti remote tv dan kalian akan melihat sinar berwarna ungu yang merupakan sinar inframerah (sensor pada smartphone menginterpretasikan sinar inframerah ke warna ungu).

3. Memotret Dengan Tombol Volume

Memotret Dengan Tombol Volume

Foto: imore.com

Jika umumnya kalian sering memotret menggunakan tombol yang ada di layar maka mulai sekarang kalian sebaiknya menggunakan tombol volume kalian untuk memotret karena lebih praktis dan juga untuk menghindari gerakan yang dapat membuat smartphone kalian goyang ketika memotret menggunakan tombol di layar (menghindari blur pada foto).

4. Scan Barcode, QR code dan Film Negatif

Scan Barcode

Foto: maketecheasier.com

Kalian juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk melakukan scan barcode atau QR code. Hal ini tentu saja bermanfaat ketika kalian hendak menambahkan teman di berbagai aplikasi media sosial dan mencari tahu informasi tertentu dari suatu produk.

Scan Film Negatif

Foto: dpreview.com

Selain untuk scan barcode atau QR code kalian juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk melakukan scan pada film negatif untuk dijadikan file digital. Cukup sinari film negatif yang ingin kalian scan dengan cahaya terang kemudian arahkan kamera smartphone kalian ke film negatif tersebut, potret dan gunakan efek negatif pada smartphone kalian untuk menetralisir efek negatif pada film tadi.

5. Menerjemahkan Teks

Menerjemahkan Teks

Foto: retiredofitall.com

Untuk kalian yang buta soal bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan kamera smartphone kalian untuk menerjemahkan berbagai teks yang terdapat pada berbagai objek di dunia nyata dan juga gambar yang kalian lihat hanya dengan mengarahkan kamera smartphone kalian ke teks yang ingin kalian terjemahkan. Tentu saja kalian harus menginstall aplikasi Google Translate terlebih dahulu.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 fungsi kamera smartphone yang sering diabaikan padahal trik-trik tersebut cukup keren dan sangat bermanfaat. Akhir kata, semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba trik-trik di atas dengan kamera smartphone kesayangan kalian.

Sampai jumpa lain waktu dan pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar