J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengertian, Fungsi, & Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian, Fungsi, & Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

Sabtu, 27 Jun 2020, 07:00 WIB
Kepo dengan pengertian dan fungsi Firewall bagi jaringan komputermu? Simak ulasannya di sini!

Dalam sistem keamanan komputer, keberadaan Firewall menjadi salah satu yang krusial alias paling penting. Tanpa Firewall, bisa jadi PC atau laptop tercintamu sudah jadi bulan-bulanan aneka jenis malware yang amat berbahaya, virus, atau bahkan hacker sekalipun!

Sayangnya, sering kali Firewall sengaja dimatikan oleh para pengguna PC atau laptop karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena bisa menghambat proses instalasi beberapa game. Padahal, fitur ini seharusnya nggak boleh di-turn off karena alasan apapun, geng!

Buat kamu yang belum paham fungsi Firewall itu sebenarnya, Jaka bakal jelasin semuanya di sini. Silakan disimak baik-baik ya, geng!

Mengenal Firewall, Sistem Keamanan PC dan Laptop Perkasa

0 6cd1d

Sumber foto: MARKEY

Kalau boleh dijabarkan secara singkat, Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat keamanan pada jaringan komputer yang bertugas untuk menjaga keamanan pada lalu lintas data di dalamnya.

Selain itu, Firewall juga bertugas untuk mencegah lalu lintas data mencurigakan untuk masuk di dalam jaringan komputer. Dengan kata lain, Firewall menjadi garda terdepan dan paling utama dalam keamanan laptop ataupun PC mu.

Firewall jugalah yang berfungsi untuk memeriksa jaringan yang masuk saat kamu secara nggak sengaja membuka aneka jenis situs yang berbahaya. Bahkan, Firewall bisa langsung mem-blocknya, loh!

Mau tahu lebih banyak tentang Firewall? Berikut hasil riset yang Jaka lakukan seputar Firewall pada jaringan komputermu!

1. Karakteristik dan Jenis-Jenis Firewall

1 C69ab

Sumber foto: SeputarIlmu.com

Sebelum kita membahas fungsi Firewall dalam jaringan, Jaka bakal bahas terlebih dahulu mengenai jenis karakteristik Firewall itu sendiri. Ada 2 jenis Firewall yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Personal Firewall

Personal Firewall merupakan jenis firewall yang digunakan secara pribadi untuk membentengi PC atau laptop dari serangan berbahaya dari luar, biasanya via internet.

Personal Firewall ini biasanya berbentuk software yang sudah jadi satu dalam suatu sistem operasi yang digunakan di komputer.

Nah, Personal Firewall sendiri sangat bermanfaat untuk mencegah spyware, spamming, atau bahkan virus yang hendak masuk ke dalam komputermu.

2. Network Firewall

Network Firewall sendiri difungsikan secara khusus pada sebuah jaringan komputer dalam jangkauan yang lebih luas dan kompleks.

Network Firewall mempunyai beberapa fitur utama, yaitu Packet filter firewall dan stateful firewall, Circuit Level Gateway, Application Level Gateway, dan NAT Firewall.

Umumnya, Network Firewall memiliki sifat tranparan dari pengguna serta menggunakan teknologi routing untuk menentukan paket jaringan mana yang diizinkan masuk dan mana paket jaringan yang ditolak.

2. Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

2 F5b16

Sumber foto: Digital Guardian

Dilihat dari kelebihan-kelebihannya yang sudah Jaka sebutkan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa fungsi dari Firewall secara umum adalah menjadi pengatur, penyaring, dan pengontrol trafik data yang dapat masuk di PC atau laptop mu.

Nantinya, Firewall bakal memastikan bahwa lalu lintas jaringan yang masuk di komputer sudah aman dengan melakukan fungsi autentifikasi terhadap akses di mikrotik.

Selain itu, aneka transaksi data yang terjadi di dalam komputermu bakal tercatat secara otomatis di dalam Firewall agar lebih terjamin keamanannya. Keren, kan?

3. Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP

3 03a9b

Sumber foto: Network Engineering - WordPress.com

Bagi yang belum paha, VoIP merupakan singkatan dari Voice Over Internet Protocol. VoIP sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.

Nantinya, data suara diubah menjadi kode digital, lalu dialirkan lewat jaringan yang mengirimkan paket-paket data, bukan melalui sirkuit analog telepon biasa.

VoIP sendiri memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai macam kepentingan. Nah, fungsi Firewall pada jaringan VoIP adalah mengatur buka-tutup pada port-port jaringan tersebut, serta memodifikasi paket data yang masuk melalui Firewall.

4. Gimana Sih Cara Kerja Firewall?

4 84422

Sumber foto: informasi-geek.blogspot.com

Kalau mau Jaka jelaskan secara singkat, cara kerja Firewall umumnya adalah menganalisis paket data yang masuk ataupun keluar lewat jangkauan aman yang dilindungi Firewall.

Filter pada Firewall bakal bekerja dengan memeriksa sumber paket data yang masuk. Nantinya, Firewall bakal menerapkan ketentuan ketat untuk mengontrol paket yang dapat masuk.

Kerennya lagi, sistem pada Firewall ini juga mampu melakukan blokir jaringan tertentu yang dianggap mencurigakan serta mencatat trafik paket data yang dapat mengancam keamanan komputermu.

5. Apa Bedanya Firewall dan Antivirus?

5 3c9f0

Sumber foto: Safety Detectives

Setelah mengetahui fungsi Firewall di atas, mungkin kamu jadi bertanya-tanya. Apa yang membedakannya dengan antivirus?

Meskipun keduanya sama-sama melindungi sistem komputer dari ancaman berbahaya, namun antivirus "hanya" merupakan software yang berasal dari luar, sementara Firewall sudah merupakan sistem keamanan bawaan dari komputer terkait.

Dengan demikian, Firewall memiliki keleluasaan dan kecanggihan yang jauh lebih sempurna untuk melindungi komputer. Meskipun demikian, keberadaan keduanya bakal sangat membantu komputermu tetap aman, apalagi jika kamu menginstal software antivirus terbaik dan tercanggih.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi Firewall pada jaringan komputer yang sudah Jaka jabarkan secara rinci. Bagaimana? Sudah paham kan, geng?

Baca juga artikel seputar Keamanan atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page A3543

Benarkah Aplikasi Zoom Berbahaya? Ini 7 Fakta yang Wajib Kamu Tahu!

Banner Jadi C3a96

5 Alasan Harus Uninstall WhatsApp di Tahun 2020, Menjadi Sumber Berita Hoax?

Android Apps Privacy 38810

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Menjaga Privasi, Dijamin Anti Sadap!

Bahaya Menggunakan Vpn Gratis Banner 2d2af

7 Bahaya Mengerikan Saat Pakai VPN Gratis, Dari Pencurian Data Hingga Internet Banking

Kode Otp D9813

Kode OTP Dibuat Semakin Sulit, Apakah Masih Aman? Ini Penjelasannya!

Aplikasi Antivirus Pc 284c7

10 Aplikasi Antivirus PC Gratis Terbaik 2020 + Link Download!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal