J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Fortnite vs Apex Legends: Mana Battle Royale yang Lebih Baik?

              Fortnite vs Apex Legends: Mana Battle Royale yang Lebih Baik?

              00
              Rabu, 27 Feb 2019, 21:00 WIB
              Game Battle Royale semakin banyak jenisnya! Yang terbaru ada Apex Legends dari Electronic Arts. Dibandingkan dengan Fortnite, mana yang lebih baik?

              Seandainya ada pemain PUBG yang melihat pertanyaan pada judul, mungkin mereka dengan lantang akan berteriak PUBG-lah game Battle Royale terbaik.

              Iya, PUBG memang salah satu game Battle Royale terbaik. Tapi, yang ingin Jaka bahas adalah Apex Legends dan Fortnite, dua game Battle Royale yang sedang sama-sama naik daun.

              Jadi, mana kira-kira yang lebih baik? Fortnite atau Apex Legends? Yuk kita lihat bersama ulasan Jaka!

              Fortnite vs Apex Legends

              Salah satu kelebihan dari kedua game ini adalah bisa diunduh secara gratis, berbeda dengan PUBG yang berbayar. Tidak heran jika banyak pemain game yang penasaran dengan kedua game ini.

              Apex Legends sendiri mencatat setidaknya ada 10 juta pemain seminggu setelah game ini dirilis. Hal tersebut menunjukkan besarnya minat terhadap game baru ini.

              Jadi, mana yang sebaiknya kamu mainkan nih geng? Coba baca dulu tulisan Jaka di bawah ini ya!

              Third-person vs First-person

              fortnite-vs-apex-legends-1

              Perbedaan mendasar dari kedua game ini adalah sudut pandang pemain. Apex Legends adalah first-person shooter (FPS) di mana Fornite adalah third-person shooter (TPS) sebagaimana game Battle Royale pada umumnya.

              Sudut pandang yang berbeda tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda juga. Bisa jadi kamu akan merasa bermain game legendaris Counter Strike ketika bermain Apex Legends.

              Akan tetapi jika di kepala kalian sudah terpatri bahwa game Battle Royale harus TPS, maka tentu kamu akan lebih memilih Fortnite sebagai game favorit.

              Dalam FPS, kita hanya akan melihat apa yang ada di hadapan kika. Sedangkan pada mode TPS, kamu akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas dibandingkan FPS sehingga bisa lebih waspada terhadap sekitarmu.

              Solo vs Squad

              fortnite-vs-apex-legends-2

              Tidak seperti game Battle Royale pada umumnya, di Apex Legends kamu tidak bisa bermain solo. Kamu harus bermain squad yang terdiri dari tiga pemain (untuk sementara waktu).

              Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Seperti yang telah kita ketahui, Apex Legends memiliki karakter-karakter yang harus dipilih di awal permainan, dan masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda.

              Pemilihan karakter sangat penting untuk mengatur strategi agar bisa memenangkan permainan. Ya mungkin Apex Legends akan terasa seperti fusion antara PUBG dan Mobile Legends.

              Bagaimana dengan Fortnite? Fortnite memiliki beberapa mode bermain, termasuk solo dan squad, tergantung mana yang lebih memuaskanmu.

              Karakter

              fortnite-vs-apex-legends-3

              Seperti yang sudah Jaka singgung di poin sebelumnya, Apex Legends menggebrak genre Battle Royale dengan menghadirkan pilihan karakter yang memiliki kemampuan-kemampuan khusus.

              Ada yang sebagai pemantau, tank, tim medis, hingga penyerang. Pemilihan karakter ini akan menjadi penentu kemenangan tim.

              Fortnite mungkin memiliki karakter-karakter, namun mereka tidak memiliki perbedaan kemampuan sama sekali. Semua karakter memiliki kemampuan untuk mengumpulkan bahan untuk membangun shelter, namun tidak lebih dari itu.

              Kemampuan Membangun

              fortnite-vs-apex-legends-4

              Apa yang tidak dimiliki game Battle Royale lain tapi dimiliki oleh Fortnite adalah kemampuan untuk membuat bangunan dari bahan seperti batu dan kayu.

              Pengalaman membangun ini tentu menjadi nilai tambah untuk Fortnite, membantu kita bertahan dari gempuran musuh.

              Kita tidak bisa membuat bangunan di Apex Legends, meskipun beberapa karakter memiliki kemampuan unik seperti Pathfinder yang mampu membuat lajur agar kita bisa ke tempat tinggi maupun Gibraltar yang bisa membuat perisai untuk menahan serangan lawan.

              Lingkungan yang Bisa Dihancurkan

              fortnite-vs-apex-legends-5

              Salah satu elemen yang menambah keseruan dalam bermain Fortnite adalah kita bisa menghancurkan beberapa item yang ada di arena seperti pohon dan batu.

              Kita tidak bisa menghancurkan apapun di Apex Legends, kecuali pintu yang bisa didobrak dengan melee attack ataupun diledakkan dengan granat.

              Senjata dan Attachment

              fortnite-vs-apex-legends-6

              Kedua game sama-sama memiliki varian senjata yang tersebar di berbagai lokasi pertempuran. Mulai dari pistol, shotgun, assault rifle, hingga sniper tersedia semua.

              Senjata-senjata yang tersedia di kedua game juga bukan senjata sungguhan yang ada di dunia nyata. Malahan, Fortnite memiliki Boogie Bomb yang akan membuat lawan berdansa tak terkontrol.

              Masalah attachments, Apex Legends selangkah di depan Fortnite yang tidak memiliki attachment yang bisa digunakan pada senjata yang kita gunakan.

              Ada indikator warna pada Apex Legends untuk menunjukkan suatu attachment bisa cocok dengan senjata yang kita gunakan. Di Fortnite, ada indikator warna yang menunjukkan tingkat kehebatan senjata yang kita gunakan.

              Revive dan Respawn

              fortnite-vs-apex-legends-7

              Ketika kita bermain squad, salah satu keuntungannya adalah kita bisa diselamatkan oleh rekan satu tim apabila kita tertembak oleh musuh. Bahkan di Apex, kamu bisa menemukan item langka untuk menyembuhkan dirimu sendiri.

              Selain itu, pada Apex kita bisa dihidupkan kembali apabila nyawa kita sudah melayang. Caranya, tim kita harus mengambil banner dari peti mati kita dan membawanya ke tempat respawn yang tersebar ke beberapa lokasi.

              Kesimpulan: Mana yang Lebih Baik?

              Jadi, mana yang lebih baik? Apakah kamu sudah menentukan pilihan setelah melihat komparasi yang sudah Jaka berikan?

              Tentu masing-masing game memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung mana yang sesuai dengan selera kamu.

              Jika kamu mencari permainan Battle Royale yang membutuhkan kreativitas, dengan sudut pandang orang ketiga seperti pada umumnya, pilihlah Fortnite.

              Tapi jika kamu mencari game Battle Royale dengan pengalaman yang berbeda, seperti perpaduan antara Call of Duty dan Overwatch, kamu harus coba Apex Legends.

              Tuliskan pilihanmu di kolom komentar ya, pilih 01 atau 02, eh maksudnya pilih Fortnite atau Apex Legends!

              Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal