Hati-hati! 5 Folder Windows Ini Tidak Boleh Kamu Hapus

18 June 2017

Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Sebagai salah satu sistem operasi, Windows memiliki beragam folder dan file yang berguna untuk membuatnya berjalan dengan lancar.

Dari banyaknya file dan folder yang ada di Windows, sebaiknya kamu jangan pernah menghapus 5 folder windows berikut ini. Jika kamu menghapusnya, Windows kamu akan mengalami masalah yang cukup rumit.

Apa saja folder Windows yang tidak boleh dihapus? Berikut ulasannya.

Folder Windows yang Tidak Boleh Dihapus

1. Program Files and Program Files (x86)

Lokasi: C:\Program Files dan C:\Program Files (x86)

Ketika kamu menginstall file, terutama yang berekstensi EXE, secara default Windows akan menaruhnya di folder Program Files.

Saat proses instalasi, aplikasi tersebut akan membuat folder, menulis data, menambah registry dan melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat berjalan.

Karena banyaknya data-data dan konfigurasi yang tersimpan didalam folder Program Files, sebaiknya kamu tidak menghapus folder tersebut (kecuali jika kamu tahu apa yang kamu lakukan).

Untuk menghapus sebuah program yang terinstall, lebih baik kamu lakukan uninstall secara manual dalam menu Program and Features atau menggunakan software uninstaller.

2. System32

Lokasi: C:\Windows\System32

Selanjutnya adalah folder System32. Folder System32 adalah folder yang paling penting untuk Windows. Kecuali jika kamu menggunakan Windows 64bit, maka folder yang paling penting adalah SysWOW64.

Jika kamu mencoba menghapus folder tersebut, maka kamu akan kehilangan Windows dan cara terbaik untuk mengembalikannya adalah dengan melakukan install ulang.

3. Page File

Lokasi: C:\pagefile.sys (tersembunyi)

Setiap komputer memiliki sebuah RAM (random-access memory). Semakin besar RAM-nya, proses membuka dan menjalan banyak program akan semakin cepat.

Jika RAM kamu mulai mengisi, maka Windows akan membuat sebuah file yang bernama Page File atau Swap File. File ini memiliki fungsi untuk membuat hard disk bertindak layaknya RAM.

4. System Volume Information

Lokasi: C:\System Volume Information (tersembunyi)

Selanjutnya adalah folder System Volume Information. Pada umumnya folder ini berukuran cukup besar dan berisi begaram fungsi penting Windows. Jika kamu mengakses folder tersebut, akan muncul peringatan Access Denied.

Folder ini berisi beragam System Restore Point pada Windows. Dengan begitu kamu bisa mengembalikan Windows kamu ke masa lalu.

5. WinSxS

Lokasi: C:\Windows\WinSxS

Terakhir adalah WinSxS. Folder ini terbuat secara otomatis untuk mengatasi masalah kompatibilitas saat menginstall dan menjalankan sebuah program.

Meski berukuran cukup besar, menghapus salah satu file didalam folder tersebut bukanlah hal yang cukup baik. Untuk lebih amannya, kamu bisa membersihkan isi folder tersebut lewat menu Disk Cleanup

Akhir Kata

Itulah beberapa file dan folder di Windows yang sebaiknya tidak kamu hapus. Jika terdapat kesalahan atau kamu tahu folder lainnya, jangan lupa share di kolom komentar.

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Windows atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar