J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film dengan Tuntutan Kasus Hukum Paling Gila, Gak Masuk Akal!

7 Film dengan Tuntutan Kasus Hukum Paling Gila, Gak Masuk Akal!

Rabu, 22 Jan 2020, 14:00 WIB
Tuntutan hukum kepada film memang seringkali terjadi. Namun, ketujuh film ini dituntut untuk hal yang cukup bodoh dan gila

Hukum diciptakan untuk melindungi kepentingan, menjaga keteraturan, dan keadilan. Itulah sebabnya dalam segala hal yang ada di dunia, pasti ada hukum yang mengatur.

Begitupun di dalam pembuatan film, geng. Hal ini bertujuan untuk mencegah film yang diproduksi merugikan pihak lain.

Meskipun begitu, kasus pelanggaran hukum tetap saja nggak bisa dihindari sepenuhnya. Entah itu pelanggaran hak cipta, plagiarisme, hingga ketidakcocokan film dengan kisah asli yang diadaptasinya.

7 Film dengan Kasus Tuntutan Hukum Paling Gila

Dalam artikel ini, Jaka akan membahas soal 7 film dengan kasus tuntutan hukum yang paling gila. Maksudnya gila adalah karena gugatan yang diajukan terkadang nggak masuk akal, geng.

Pasti kamu penasaran, kan? Nah, daripada menunggu lebih lama lagi, mendingan simak artikel Jaka berikut ini, yuk!

1. Captain Phillips

1 357df

Captain Phillips merupakan film dari kisah nyata yang menceritakan upaya Captain Phillips dalam menyelamatkan kru kapal dan dirinya yang diculik oleh perompak Somalia.

Dalam filmnya diceritakan bahwa Captain Phillips dan kru mencoba segalanya agar nggak dibajak dengan kelompok perompak tersebut. Sayangnya, kejadian aslinya tidak seperti itu.

Mantan kru menuntut perusahaan kapal karena Captain Phillips sengaja melewati perairan penuh perompak demi menghemat waktu dan uang.

Padahal, sebelumnya sudah banyak peringatan untuk menghindari perairan tersebut. Namun, Captain Phillips seakan nggak peduli dan akhirnya kapal dan krunya dibajak.

2. The Hangover Part II

2 4651b

Dalam film komedi berjudul The Hangover Part II, terdapat kasus tuntutan hukum yang cukup gila menyangkut pelanggaran hak cipta.

Pada tahun 2011, Victor Whitmill menuntut film ini karena terdapat suatu adegan di mana Stu (Ed Helms) terbangun dengan tato yang menyerupai tato wajah Mike Tyson.

Victor merupakan orang yang mendesain tato tersebut secara khusus untuk Mike Tyson dan sudah di-copyright sehingga nggak boleh digunakan sembarangan.

Akibat kasus ini, pihak Warner Bros harus membayar ganti rugi akibat pelanggaran hak cipta. Untungnya, film ini sukses di pasaran, geng.

3. Drive

3 25aea

Pada bulan Oktober tahun 2011, seorang wanita bernama Sarah Deming yang berasal dari Michigas, AS, menuntut Emagine Novi movie theater dan FilmDistrict Distribution.

Alasannya, karena Sarah menganggap kedua tergugat membuat trailer film Drive yang misleading dan dipromosikan seakan-akan menyerupai franchise Fast & Furious.

Akibat trailernya, Sarah mengira kalau film ini bakal berisi aksi kejar-kejaran dan balapan keren. Merasa ditipu, akhirnya Sarah menuntut teater yang memutar film ini sekaligus dengan produsen filmnya.

4. Natural Born Killers

4 96a1c

Banyak yang bilang kalau film yang berisi kekerasan bakal memengaruhi psikis penontonnya. Seenggaknya, itulah yang terjadi kepada Sarah Edmondson & Benjamin Darras.

Sepasang kekasih tersebut merampok sebuah toserba dan menembak kasirnya hingga lumpuh setelah menyaksikan film Natural Born Killers.

Kasir bernama Patsy Byers tersebut menuntut film Natural Born Killers karena dianggap bertanggung jawab dalam kemalangan yang menimpa dirinya tersebut. Sayangnya, tuntutannya tidak dikabulkan pengadilan.

5. The Dark Knight

5 6353e

Kasus tuntutan hukum film The Dark Knight merupakan yang paling bodoh, geng. Batman sudah memiliki sejarah yang panjang sejak tahun 1939 silam.

Namun, ternyata ada Batman dengan sejarah yang lebih tua lagi, yakni kota Batman di Turki. Sang Walikota menuntun Nolan karena menggunakan nama Batman tanpa izin.

Si Walikota berkata hanya ada 1 Batman di dunia. Yang lebih kocak, si Walikota juga mengklaim bahwa tingkat kejahatan dan pembunuhan meningkat drastis di kota Batman akibat rilisnya film tersebut.

6. Black Swan

6 Ff95a

Kasus tuntutan hukum paling gila berikutnya datang dari film Black Swan yang disutradarai Darren Aronofsky. Kasus ini nggak lucu seperti sebelumnya, melainkan terbilang jahat, geng.

Tuntutan datang dari 2 mahasiswa bernama Eric Glatt dan Alexander Footman yang magang selama lebih dari setahun di rumah produksi tersebut.

Mereka mengaku bahwa mereka nggak mendapatkan bayaran apapun meski bekerja lebih dari 40 jam seminggu. Bahkan, mereka nggak mendapatkan nilai magang sama sekali dari rumah produksi tersebut.

7. Borat

7 Ebdc1

Borat merupakan film dokumenter palsu yang dibintangi oleh Sacha Baron Cohen. Film ini nggak cuma kontroversial, namun juga digugat sana-sini.

Pembuat film Borat berbohong kepada orang-orang yang ada di dalam film mengenai identitas asli si pemeran serta keotentikan film dokumenter ini.

Salah satunya, Walikota Glod di Romania yang menuntut film ini karena menggambarkan dirinya dalam film sebagai orang dengan keterbelakangan mental. Parah juga ya, geng!

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film dengan kasus tuntutan hukum paling gila, Menurut kamu, kasus manakah yang paling nggak masuk akal, geng?

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia, yah!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Film Binatang Terbaik Bd2d7

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

Film Robert Downey Jr Banner A9173

10 Film Terbaik Robert Downey Jr. Selain Iron Man dan Avengers, Ada Film Komedi!

10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1

10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu

Film Terbaik Keanu Reeves 0812f

10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?

Film Terbaik Johnny Depp 1d757

10 Rekomendasi Film Terbaik Johnny Depp | No. 3 Bikin Terharu!

Film Song Joong Ki Banner B1cdf

10 Film Terbaik Song Joong-ki, Pernah Jadi Werewolf!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal