J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Terkenal dengan Proses Pembuatan Paling Sulit | No. 3 Parah Banget!

Kamis, 29 Okt 2020, 17:00 WIB
Semua film pasti dibuat dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Ternyata, ada beberapa film terkenal yang punya proses pembuatan yang sulit banget!

Setiap pembuatan film pasti membutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak sebentar, tentunya dengan harapan agar film ini sukses dan menarik di mata penonton.

Terkadang beberapa hal terjadi, misalnya seperti bujet film yang jadi berlebihan, waktu syuting yang molor, atau masalah pada pemain dan juga kru film. Sehingga membuat proses pembuatannya menjadi sangat sulit dan bahkan ada yang memakan korban.

Nah, pasti kamu penasaran kan film apa saja yang dimaksud Jaka? Pantengin yuk artikel Jaka berikut ini tentang film yang dikenal punya proses pembuatan paling sulit!

Film Terkenal yang Punya Proses Syuting Paling Sulit

Daftar film yang bakal Jaka ulas berikut ini sangat terkenal dan disebut sebagai salah satu film terbaik yang pernah diproduksi. Mereka memiliki kualitas sinematografi yang memukau, jalan cerita yang menarik, dan akting pemerannya nggak bisa diragukan lagi.

Tapi ternyata, di balik semua itu terdapat proses pembuatan yang sangat sulit. Bahkan mungkin di antaranya ada yang bisa bikin kamu sampai geleng=geleng kepala.

Namun tentu saja, dengan mengetahui bahwa film-film terbaik ini dibuat dengan usaha yang sangat keras dari seluruh orang dan aspek yang terlibat, kamu akan bisa menghargai film-film tersebut dan tahu alasan mengapa mereka bisa menjadi film terkenal.

1. Titanic (1997)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit Titanic 6f1a2

Hampir semua orang tahu sekeras apa dan sedetil apa usaha sutradara James Cameron untuk bisa memproduksi Titanic sampai bisa sukses dan dikenal sebagai film romantis terbaik sepanjang masa.

Dari sampai membuat replika kapal yang harganya melebihi kapal aslinya, proses syuting yang melibatkan semua pemain harus rela berendam di air dingin berjam-jam, dan Cameron nggak segan memecat orang yang berani minta waktu istirahat, membuatnya jadi salah satu sutradara terkejam.

Akibatnya, proses produksi sempat tertunda karena banyak pemeran yang sakit seperti hipotermia dan infeksi ginjal. Bahkan Kate Winslet sendiri mengaku bahwa ia sering mengalami cedera saat syuting dan bahkan sampai terkena pneumonia.

2. Trilogi The Lord Of The Rings (2001-2003)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit The Lord Of The Ring B8833

Tidak ada yang bisa membantah kalau trilogi The Lord of The Rings adalah film adaptasi novel paling sukses dan paling memukau. Namun tentu saja, kesuksesan memerlukan usaha yang sangat besar di baliknya.

Beberapa aktor mengalami reaksi alergi dari kostum yang mereka gunakan, kemudian Orlando Bloom yang memerankan Legolas tak bisa menggunakan lensa kontak biru karena matanya sensitif, dan ada tiga aktor utama yang harus tetap menjalani syuting meski mengalami cedera parah.

Masih banyak lagi aktor lain yang mengalami masalah saat syuting. Sampai satu adegan harus dibatalkan karena lokasi syuting terkena banjir hingga rusak dan berantakan.

3. Poltergeist (1982)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit Poltergeist D7783

Hingga kini, syuting Poltergeist masih dikenal memiliki sejumlah kejadian supernatural dan aneh, sampai-sampai orang menyebutnya sebagai urban legend bernama "Poltergeist Curse (Kutukan Poltergeist)". Percaya atau tidak, serangkaian kejadian tersebut benar terjadi.

Salah satu aktor mengalami kejadian paling mengerikan. JoBeth Williams menyadari bahwa foto-foto di dinding apartemennya telah berubah posisi secara misterius. Ia juga harus menghabiskan syuting dalam kondisi basah dan berlumpur selama lima hari dan berada di dekat peralatan elektronik.

Ketegangan ini nggak berakhir sampai paska produksi, di mana beberapa orang yang terkait dengan film tersebut dilaporkan meninggal dunia. Nggak heran kalau sampai orang-orang bilang syuting film ini terkutuk.

4. Singin' In The Rain (1952)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit Singing In The Rain 68b6c

Kalau kamu kira membuat film musikal itu gampang, kamu salah besar. Dikenal sebagai film drama musikal terbaik yang pernah dibuat, proses syuting Singin' in the Rain terkenal sangat berat dan sulit, memakan waktu kerja hampir 19 jam per hari!

Terlebih lagi, aktor Gene Kelly merupakan sosok yang sangat sulit diajak bekerjasama. Ia sering mem-bully rekan sesama aktor dengan mengatakan tarian mereka buruk atau memarahi mereka ketika salah gerakan. Bahkan Debbie Reynolds sampai bersembunyi dan menangis karenanya.

Ada satu adegan menari yang membuat Reynolds sampai tidak bisa berjalan karena banyak pembuluh darah pecah di kakinya. Ada juga aktor yang harus mengulang satu adegan karena yang aslinya hancur, saking lelahnya ia sampai izin untuk istirahat selama tiga hari berturut-turut.

5. The Wizard Of Oz (1939)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit Wizard Of Oz D2b64

Di balik kesuksesan The Wizard of Oz, ada pergantian lima sutradara, 14 penulis naskah, dan beberapa kali mengganti aktor. Meskipun film ini sangat riang dan menyenangkan, banyak aktor yang menyebut proses syutingnya sangat melelahkan dan tidak menyenangkan sama sekali.

Aktor Buddy Ebsen yang awalnya memerankan Tin Man mengalami reaksi alergi karena riasan yang ia gunakan mengandung bubuk aluminium dan terhisap ke paru-parunya. Ia harus segera dilarikan ke rumah sakit dan digantikan perannya oleh Jack Haley.

Aktris Judy Garland harus menjalani diet ketat yang hanya berisi kopi hitam, kaldu ayam, empat kotak rokok sehari dan pil diet. Ia juga harus mengenakan korset super ketat untuk membuatnya terlihat memiliki dada yang kecil.

6. The Shining (1980)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit The Shining 3daab

Proses pembuatan film bisa menjadi sangat sulit ketika harus bekerja dengan seorang sutradara yang terkenal galak dan akan melakukan apa saja demi filmnya bisa sukses, termasuk menyiksa para aktornya.

Dalam pembuatan film horor The Shining, Stanley Kubrick terkenal memberi perlakuan buruk pada pemain dan kru. Salah satunya Shelley Duvall, yang disiksa secara verbal sampai membuatnya stres dan akhirnya setelah syuting film ini selesai, Duvall pensiun dari dunia perfilman.

Kemudian tiba-tiba kobaran api muncul di tengah lokasi syuting dan melahap sebagian besarnya, membuat proyek ini merugi 2,5 juta dolar AS. Hingga kini masih belum diketahui apa penyebabnya namun banyak yang menyebut itu hukuman untuk Kubrick karena mengabaikan cerita asli di bukunya.

7. Apocalypse Now (1979)

Film Terkenal Yang Proses Pembuatannya Sulit Apocalyspe Now 58188

Terkenal sebagai salah satu film ambisius yang pernah dibuat, Apocalypse Now mengalami molor syuting dari enam minggu hingga 16 bulan. Proses editing-nya sendiri memakan waktu hingga tiga tahun!

Aktor Francis Ford Coppola mengalami stres berat selama proses syuting, terutama dengan salah satu rekan aktor Marlon Brando yang sering terlambat datang, suka mabuk, dan sering melupakan dialognya serta mengganggu proses syuting.

Hal ini membuatnya turun berat badan secara drastis, bahkan Coppola sering diancam untuk bunuh diri. Terlebih lagi, ia dipaksa untuk menginvestasikan 7 juta dolar dari uang pribadinya karena filmnya mengalami over budget yang luar biasa.

Akhir Kata

Itulah dia deretan film terkenal yang menjalani proses pembuatan yang sangat sulit. Namun semua kesulitan dan usaha keras tersebut berbuah hasil yang manis karena beberapa di antaranya mendulang prestasi dan bahkan dikenang sebagai film terbaik sepanjang masa.

Maka dari itu, kita harus menghargai usaha keras para pembuat film beserta pemerannya dengan menonton secara legal dan resmi, seperti di bioskop maupun layanan streaming resmi. Jangan sampai nekat nonton atau mengunduh film di situs-situs ilegal ya, geng! Sampai jumpa!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Sutradara Terkenal Yang Selalu Bikin Film Gagal 30c64
5 Sutradara Terkenal yang Selalu Bikin Film Gagal, Buang-Buang Uang!
Aktor Gagal Jadi Sutradara C6c96
7 Aktor Hollywood Terkenal yang Gagal Jadi Sutradara, No.3 Parah Banget!
Aktor Film Sutradara Saling Benci Fd828
7 Aktor dan Sutradara yang Saling Benci, Bikin Film Gagal Total!
Protokol Sex Scene Saat Pandemi 98803
3 Protokol Syuting Adegan Dewasa Saat Corona, Ciuman Sama Patung?
Banner 2cbce
7 Aktor Film dengan Permintaan Paling Aneh Saat Syuting, No. 6 Gak Masuk Akal!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?
7 Film Dengan Proses Syuting Paling Sulit, Nyaris Ada Korban Jiwa?
7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!
7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!
7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!
7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!
7 Film Paling Ambisius yang Pernah Dibuat, Gak Laku dan Gagal?
7 Film Paling Ambisius yang Pernah Dibuat, Gak Laku dan Gagal?

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal