7 Film Sejarah yang Ternyata Nggak Akurat | Malas Riset Fakta?

Default

Berbagai peristiwa penting yang membentuk peradaban dunia hingga masa kini selalu menarik untuk diangkat menjadi sebuah film.

Tapi, nggak semua film tentang sejarah memuat cerita yang sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata.

Meskipun tetap menarik untuk ditonton, namun beberapa perubahan fakta, baik disengaja maupun tidak, dalam sebuah film bisa jadi berbahaya karena berpengaruh besar terhadap para audiens mereka.

Sama seperti beberapa film sejarah terkenal yang nggak sesuai fakta di bawah ini, kamu bisa melihat ketidakakuratan mereka melalui penjelasan berikut.

7 Film Sejarah yang Melenceng dari Fakta

Cara filmmaker mengangkat peristiwa sejarah dalam proyek garapan mereka turut memengaruhi pemahaman para penonton mengenai peristiwa tersebut. Oleh karena itu, pihak studio harus berhati-hati ketika memutuskan untuk membuat film sejarah.

Sayangnya, salah satu hal yang konsisten dalam film-film sejarah adalah ketidakakuratan peristiwa. Bisa jadi hal ini disengaja untuk menambah unsur drama, atau bahkan menyederhanakan jalan cerita.

Sebagai karya fiksi, kamu bisa menonton film-film sejarah nggak akurat di bawah ini sebagai hiburan, namun bukan satu-satunya sumber pembelajaran mengenai peristiwa sejarah yang diangkat.

1. The Birth of A Nation (1915)

The Birth Of A Nation 2b7d7

Sebagai salah satu film paling kontroversial, The Birth of A Nation mengglorifikasi Ku Klux Klan (KKK) sebagai penyelamat warga kulit putih Amerika Serikat (AS).

Penggambaran peristiwa Perang Saudara dan Rekonstruksi di film ini nggak akurat, khususnya mengenai alasan terjadinya Perang Saudara dan interpretasi ulang ideologi Lost Cause yang saat itu dijunjung di AS bagian selatan.

The Birth of A Nation juga memberikan stereotip rasis terhadap warga kulit hitam AS bahwa mereka lebih kasar, khususnya secara seksual, dan memberikan prasangka yang masih terasa hingga kini.

2. Anonymous (2011)

Anonymous 1149b

Selama ini, sering terdengar teori bahwa William Shakespeare bukan sepenuhnya pengarang dari karya-karyanya. Beberapa pihak percaya bahwa ia mendapatkan bantuan dari istrinya dan Kit Marlowe, teman yang berubah menjadi musuh, dalam menulis berbagai masterpiece.

Kepercayaan tersebut juga ditampilkan pada film tentang konspirasi Anonymous yang menceritakan bahwa Edward de Vere, Earl of Oxford, adalah pengarang asli berbagai karya yang selama ini kita kenal, dan Shakespeare hanya mendompleng nama.

Padahal, teori tersebut sudah didiskreditkan jauh sebelum film ini muncul karena jelas terbukti salah, geng.

3. Apocalypto (2006)

Apocalypto D51a0

Mel Gibson menjadi salah satu aktor yang beralih profesi menjadi sutradara, namun sayang, beberapa karyanya justru menimbulkan kontroversi, seperti film Apocalypto.

Film ini menggambarkan suku Maya sebagai kelompok haus darah yang gemar melakukan pengorbanan manusia. Meskipun mereka memang mempraktikkan hal tersebut, namun jenis dan skala pengorbanan yang ditampilkan pada film ini lebih mengarah pada suku Aztec.

Dengan meleburkan dua peradaban yang berbeda, Apocalypto bukan hanya nggak akurat secara historis, melainkan juga nggak menghormati leluhur masyarakat keturunan suku Maya.

4. The Passion of the Christ (2004)

The Passion Of The Christ 976d7

Meskipun dialog dalam film ini menggunakan bahasa Aram, yaitu bahasa yang digunakan pada masa pendudukan tentara Roma di wilayah Judea, tapi film yang juga disutradarai oleh Mel Gibson ini tetap saja nggak akurat, geng.

Hal ini dikarenakan film The Passion of the Christ didasarkan pada Passion play alias drama tentang Yesus yang biasa ditampilkan pada Abad Pertengahan dan digunakan untuk menyebar antisemitisme.

Dengan demikian, film ini seolah menyalahkan kelompok Yahudi atas kematian Yesus. Hal ini semakin diperkuat dengan ditampilkannya berbagai adegan kekerasan yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi.

5. 300 (2006)

300 38d94

Berbeda dengan film perang paling akurat, 300 memiliki beberapa hal yang nggak sesuai dengan Pertempuran Thermopylae antara pasukan Sparta dan Persia yang diangkat pada film ini.

Meskipun banyak sejarawan modern percaya bahwa pasukan Persia berjumlah ratusan ribu, namun film ini membuatnya menjadi satu juta, seolah semakin menekankan gap pada jumlah pasukan Sparta yang hanya 300 orang.

Selain itu, pasukan Persia juga digambarkan sebagai kelompok barbar dengan ciri fisik buruk. Para pejuangnya yang dinamakan The Immortals diperlihatkan sebagai makhluk mirip Orc dan sama sekali nggak terlihat seperti manusia, geng.

6. Gone with the Wind (1939)

Gone With The Wind 15e5e

Sama seperti The Birth of A Nation, Gone with the Wind juga menjadi salah satu film paling rasis karena menggambarkan masa perbudakan di era Perang Saudara AS secara problematis.

Pada film ini, para budak berkulit hitam digambarkan sebagai pekerja yang bahagia dan nggak merasa teropresi karena menjadi korban kerja paksa.

Romantisasi AS bagian selatan pada era Perang Saudara membuat Gone with the Wind menjadi film yang mengabaikan rasisme dan kekejaman yang dilakukan oleh Konfederasi sebelum, selama, dan setelah Perang Saudara.

7. Mulan (2020)

Mulan 57a65

Cerita pada film Mulan didasarkan pada puisi klasik Tiongkok, The Ballad of Hua Mulan, yang ditulis pada 4-6 SM. Oleh karena itu, nggak masuk akal jika film ini menampilkan Mulan yang melawan Invasi Rouran pada 4 Masehi, seribu tahun pasca era Mulan yang asli.

Selain itu, arsitektur, pakaian, senjata, dan elemen-elemen budaya Tiongkok lainnya pada film ini diambil dari berbagai wilayah dan era, sehingga nggak sesuai dengan masa The Ballad of Hua Mulan.

Kesalahan pada remake dari film animasi Disney ini diduga karena empat penulis naskahnya bukan warga Tiongkok, sehingga kurang memahami budaya yang berusaha diangkat.

Akhir Kata

Itu dia 7 film sejarah yang ternyata nggak sepenuhnya sesuai fakta. Hal ini menunjukkan bahwa cross check sejarah tetap penting untuk dilakukan setiap kali kamu menonton film-film period piece, sehingga kamu tetap mendapatkan unsur edukasi dari film tersebut.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Yang Dicekal Banner
10 Film Sadis dan Kontroversial yang Dicekal Banyak Negara
Film Kontroversial Di Era 90an Banner D5e81
5 Film Paling Kontroversial di Era 90an, Ada Yang Memicu Pembunuhan?
10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Tonton Sekarang 3bb0b
10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!
Ridley Scott Alien Sequel Ai 88be1
10 Film Alien Terbaik Paling Seru & Menegangkan, Dari Kisah Nyata?
Film Terbaru Yang Nggak Bakalan Laku E59bf
7 Film Terbaru 2020 yang Gak Bakalan Laku, Mulan Termasuk?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal