J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Sutradara yang Punya Obsesi Aneh saat Bikin Film, Bikin Kru Pusing!

7 Sutradara yang Punya Obsesi Aneh saat Bikin Film, Bikin Kru Pusing!

Sabtu, 19 Sep 2020, 18:30 WIB
Obsesi-obsesi para sutradara ini terkenal cukup aneh, mulai dari sudut simetris, hobi mengintip, sampai kaki manusia!

Ada banyak faktor penentu kesuksesan sebuah film. Salah satunya, yang justru paling penting dari segalanya, adalah sang sutradara itu sendiri.

Sebagai "kapten" atau pimpinan dari proses produksi film, seorang sutradara memiliki tugas mulai untuk mengatur dan mengarahkan film tersebut bakal jadi seperti apa ke depan.

Nah uniknya, ada beberapa sutradara yang memiliki obsesi terhadap sebuah topik tertentu. Obsesi inilah yang membantunya berkreasi lebih dalam film-film yang ia garap.

Berikut Jaka bakal bahas 7 sutradara yang punya obsesi aneh saat bikin film. Kira-kira apa gak bosan ya mereka?

Sutradara yang Punya Obsesi Aneh saat Bikin Film

Dalam perjalanan kariernya menggarap film, seorang sutradara pasti mencari dan meraba, kira-kira mana topik film yang paling ia kuasai. Ini penting agar ia mampu mengarahkan sebuah film jadi lebih matang secara plot cerita dan penokohan karakter aktor.

Ketika sudah ketemu topik yang sesuai minat mereka, para sutradara mulai mengembangkan obsesi pada topik tersebut, hingga akhirnya ia menyisipkannya dalam film-film garapan mereka. Berikut daftarnya!

1. Wes Anderson - Sudut Simetris

1 Custom 39ccc

Buat kamu yang suka nonton film-film bersudut rapi, pasti bakal cocok dengan semua film yang digarap Wes Anderson.

Sutradara ternama ini memang memiliki gaya visual yang terbilang unik dan nyentrik, apalagi ia memiliki obsesi yang besar terhadap sudut simetris.

Buatnya, film harus rapi, detail, dan sudutnya sesuai dari kiri ke kanan, atas ke bawah. Contohnya saja lewat film yang bertabur bintang Hollywood terkenal, The Grand Budapest Hotel (2014). Rapi banget tata kameranya!

2. Brian De Palma - Voyeurisme

2 Custom 78ca1

Voyeurisme jika dibahasakan secara singkat adalah kecenderungan orang untuk mengintip seseorang dari balik pintu ketika mereka sedang telanjang atau berganti pakaian.

Brian de Palma memiliki obsesi untuk memasukkan unsur kelainan mental ini dalam film-filmnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah Murder A La Mod (1968).

Di sini, kamu bisa melihat beberapa adegan yang sangat kental dengan voyeurisme. Nggak baik buat ditonton anak kecil, nih!

3. Christopher Nolan - Ruang Waktu

3 Custom 781e2

Jika kamu amati di semua film Christopher Nolan, kamu bakal menyadari bahwa Nolan sangat terobsesi dengan konsep ruang dan waktu.

Contohlah saja film Inception (2010), film dengan timeline yang bikin pusing semua penontonnya karena menampilkan ruang dan waktu yang kompleks.

Gak heran, buat kamu yang nonton film-filmnya, kamu butuh waktu lebih untuk mencerna pemikirannya yang, nampaknya, juga melampaui ruang dan waktu. Sangar abis!

4. J.J. Abrams - "Mystery Box"

4 Custom Bd95a

Sutradara J.J. Abrams terkenal karena menggarap beberapa film action dan fantasy terbaik. Namun sadarkah kamu bahwa di hampir setiap filmnya, ia selalu memasukkan unsur mystery box?

Kotak misteri yang dimaksud ini bukan hanya kotak secara literal, geng, akan tetapi baginya segala sesuatu yang merupakan misteri terdalam.

Obsesi Abrams yang satu ini cukup berdampak baik buat film-film yang ia garap. Namun ia pun juga beberapa kali bikin pusing para kru yang bekerja sama dengannya.

5. Martin Scorsese - Unsur Kekatolikan

5 Custom Adbcf

Meskipun pernah mengkritisi keras film Joker (2019), Martin Scorsese dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik yang dimiliki industri perfilman Hollywood.

Menariknya, jika kamu amati, hampir semua film-film yang digarap Martin Scorsese memiliki unsur Kekatolikan yang sangat kental, salah satunya adalah The Last Temptation of Christ (1988).

Usut punya usut, hal ini dipengaruhi oleh keinginan Martin Scorsese yang ingin menjadi seorang pastor semasa muda, namun gagal di tahun-tahun pertama pendidikan calon pastor.

6. Quentin Tarantino - Kaki

6 Custom A7b77

Yap, kaki! Coba kamu amati sekali lagi semua film terbaik yang digarap oleh Tarantino. Di setiap adegannya, ia pasti menyisipkan scene yang memperlihatkan kaki.

Oke, buat kamu penggemar karya Quentin Tarantino pasti langsung ngeh dengan pernyataan Jaka di atas, mengingat obsesi Tarantino ini ternyata sudah jadi rahasia umum para kru film.

Nggak jarang, obsesinya ini jadi bahan olok-olokan bagi banyak orang. Tapi di balik olokan tersebut, Tarantino mampu buktikan dirinya berprestasi loh!

7. Steven Spielberg - Keluarga

7 Custom 3c63b

Siapa sih yang gak familiar dengan sutradara yang satu ini? Terkenal karena film-film terbaiknya, ternyata ia memiliki obsesi sangat besar terhadap topik apapun yang berhubungan dengan keluarga.

Nggak heran, di setiap film yang ia garap, mau itu genre sejarah, action, sampai horor, ia selalu menyisipkan unsur kekeluargaan yang sangat kental.

Mulai dari kisah keluarga yang berantakan di film E.T. the Extra-Terrestrial (1982) hingga hubungan Indiana Jones dengan sang ayah dalam film Raiders of the Lost Ark (1981), pasti ada unsur hubungan ayah dengan anak atau dengan anggota keluarga yang lain.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan sutradara yang punya obsesi aneh saat bikin film. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f

Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal

Untitled 3 Ccb77

7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!

Untitled 1 7fa91

7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Page 9bad8

7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Sutradara Terkenal yang Selalu Bikin Film Gagal, Buang-Buang Uang!

5 Sutradara Terkenal yang Selalu Bikin Film Gagal, Buang-Buang Uang!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal