J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Soundtrack Film Paling Ikonik, Lebih Terkenal dari Filmnya!

10 Soundtrack Film Paling Ikonik, Lebih Terkenal dari Filmnya!

Rabu, 12 Feb 2020, 21:00 WIB
Di beberapa film, musik itu adalah elemen yang tidak bisa dipisahkan, geng. Di sini, Jaka akan membahas 10 soundtrack film paling ikonik!

Musik adalah salah satu bagian paling penting di film dan nggak cuma di terbatas di film drama musikal saja, geng.

Selama digunakan dengan benar, sebuah lagu atau komposisi bisa mengekspresikan emosi atau situasi lebih baik dibandingkan serangkaian kata-kata.

Bahkan, sekarang sudah banyak soundtrack dari film yang tetap terkenal meskipun filmnya sendiri sudah agak terlupakan, geng!

10 Soundtrack Film Paling Ikonik

Soundtrack Film Bb11d

Nggak semua soundtrack yang diputar di film itu ditulis khusus untuk menjadi pendamping film yang bersangkutan.

Banyak film yang menggunakan lagu-lagu yang sudah ada karena dianggap memiliki tema yang sesuai dengan plot di film, geng.

Nggak peduli apa tujuan asli dari lagu tersebut, 10 soundtrack film paling ikonik yang Jaka bahas di sini semuanya pantas masuk ke playlist Spotify kamu!

Kalau belum punya, kamu bisa download aplikasi Spotify gratis di bawah ini:

Spotify Music Apk Icon
Spotify 8.5.49.973
Apps Video & Audio Spotify
DOWNLOAD

1. Let It Go (Frozen)

Frozen mungkin bukan film animasi terbaik yang pernah dibuat Disney tapi soundtrack dari film tersebut setidaknya bisa masuk perbincangan, geng.

Jaka yakin banyak dari kalian yang nggak bisa melarikan diri dari Let It Go yang memang diputar di mana-mana ketika film ini dirilis di tahun 2013.

Di film, lagu ini dinyanyikan olek pengisi suara Elsa, Idina Menzel, tapi Disney juga merilis versi pop yang dinyayikan oleh Demi Lovato.

Lagu Let It Go sampai berhasil menjadi Best Original Song di Piala Oscar 2014 dan banyak lagu lain dari film itu yang juga berkualitas, geng!

2. My Heart Will Go On (Titanic)

Jumlah penyanyi yang bisa mengimbangi kemampuan vokal Celine Dion bisa dihitung di satu jari, seperti yang bisa dilihat di lagu balada My Heart Will Go On.

Ending dari film Titanic memang banyak mengundang kontroversi tapi nggak ada yang kontroversial sama sekali dari penampilan Dion di lagu tersebut, geng.

Di ajang Piala Oscar 1998, Dion membawakan lagu ini menggunakan kalung Heart of the Ocean dari film Titanic di sebuah penampilan yang sangat ikonik.

Tentunya, lagu ini memenangkan penghargaan Best Original Song di ajang tersebut dan sekarang sudah menjadi lagu khas dari Celine Dion, geng.

3. I Will Always Love You (The Bodyguard)

Salah satu diva yang bisa mengimbangi Dion dalam masalah vokal adalah mendiang Whitney Houston yang bisa dilihat di lagu I Will Always Love You.

Ditulis oleh penyanyi country legendaris Dolly Parton di tahun 1973, Houston meng-cover lagu ini untuk debut filmnya The Bodyguard di tahun 1992.

Filmnya sendiri banyak menerima kritik pedas saat dirilis tapi Houston berhasil memukau melalui penampilannya yang sarat emosi di lagu ini.

Sampai sekarang, versi Whitney Houston masih menjadi lagu penyanyi wanita dengan penjualan terbanyak di sejarah musik, geng!

4. I Don't Want to Miss A Thing (Armageddon)

Lagu balada itu sudah sangat identik dengan soundtrack film dan band rock Aerosmith sampai masuk ke jalur tersebut melalui I Don't Want to Miss A Thing.

Ditulis oleh salah satu penulis lagu terbaik di sejarah musik, Diane Warren, lagi ini ditulis untuk menjadi pendamping film Armageddon yang penuh plot hole.

Lagu ini berhasil masuk nominasi Best Original Song di ajang Piala Oscar 1999 tapi harus kalah dari When You Believe dari The Prince of Egypt.

Meskipun kalah di ajang tersebut, lagu ini terbukti sudah menjadi sangat ikonik dan merupakan salah satu lagu wajib di acara pernikahan, geng!

5. Lady Marmalade (Moulin Rouge!)

Setelah dicekokin dengan lagu balada romantis yang bertubi-tubi, sekarang saatnya kita berganti aluran ke lagu keroyokan Lady Marmalade.

Sebagai buah dari kolaborasi antara Christina Aguilera, Lil' Kim, Mya, dan Pink, lagu ini menggabungkan gaya keempat musisi wanita tersebut ke dalam satu lagu, geng!

Lagu ini sendiri sebenarnya ditulis di tahun 1974 untuk girl group Labelle tapi akhirnya diubah menjadi versi nakal yang ditemukan di film Moulin Rouge!.

Di filmnya, lagu ini sayangnya hanya muncul sebentar sebagai bagian dari medley bersama lagu Nirvana yang ikonik, Smells Like Teen Spirit.

6. Ghostbusters (Ghostbusters)

Who you gonna call? Ghostbusters! Siapa, sih, dari kalian yang nggak kenal dengan kalimat di atas dan logo ikonik dari tim pembasmi hantu Ghostbusters?

Musisi Ray Parker Jr. awalnya sempat kesulitan ketika dia diminta untuk menulis lagu untuk menjadi soundtrack film horor komedi Ghostbusters.

Dengan tenggat waktu yang sangat singkat, Parker akhirnya terinspirasi dari sebuah iklan tengah malam dan menulis lagu ini seakan-seakan untuk iklan, geng!

Meskipun ditulis hanya dalam beberapa hari saja, lagu ini sekarang sudah menjadi sangat ikonik dan sudah nggak bisa dipisahkan dari seri film Ghostbusters, geng!

7. Take My Breath Away (Top Gun)

Mungkin banyak dari kalian yang nggak kenal dengan judul lagu ini, tapi cukup dengar beberapa nada Take My Breath Away pasti kalian akan langsung teringat, geng!

Sebagai soundtrack dari salah satu film terbesar di tahun 80-an, Top Gun, lagu yang dibawakan oleh Berlin ini menjadi sangat ikonik.

Di ajang Piala Oscar 1987, penggubah legendaris asal Italia, Giorgio Moroder, memenangkan penghargaan Best Original Song berkat lagu ini, geng!

Selain itu, Moroder juga menulis lagu Danger Zone yang dibawakan oleh Kenny Loggins yang menurut Jaka bahkan lebih ikonik dibandingkan lagu ini.

Meskipun film ini sempat masuk berita karena kecelakaan saat syuting, sekarang soundtrack Top Gun sudah dianggap sebagai peninggalan tahun 80-an yang bersejarah.

8. Iris (City of Angels)

Kalian putar lagu Iris di tengah kelas atau kantor kalian dan Jaka jamin semua orang di ruangan tersebut akan serentak ikut nyanyi bareng tanpa sadar.

Dengan komposisi yang sangat easy-listening, soundtrack dari film City of Angels sudah menjadi salah satu lagu paling terkenal di sejarah.

Meskipun filmnya sendiri sudah terlupakan, lagu ini beserta band Goo Goo Dolls yang membawakan dan menulis ini nggak akan bisa hilang dari ingatan kita, geng!

9. Ada Apa Dengan Cinta (Ada Apa Dengan Cinta?)

Selain berhasil membangkitkan industri film Indonesia di awal abad 21, film Indonesia terbaik Ada Apa Dengan Cinta? juga membuka jalan bagi musisi Melly Goeslaw.

Meskipun sudah memiliki karir di band Potret bersama suaminya, musisi Anto Hoed, film tersebut berhasil membuktikan bakat Melly sebagai musisi solo, geng.

Lagu Ada Apa Dengan Cinta yang dia gubah sebagai soundtrack film tersebut berhasil meledak bersama dengan film ikonik tersebut.

Hasilnya bisa kalian lihat sendiri sekarang dengan nama Melly Goeslaw yang sudah menjadi langganan soundtrack film indonesia, geng!

10. Konservatif (Janji Joni)

Sutradara ternama Indonesia Joko Anwar memang sekarang lebih dikenal dari karyanya di film horor, tapi dia juga pernah membuat film komedi-romantis, geng!

Di tahun 2005, dia menulis dan menyutradarai film Janji Joni yang juga bertindak sebagai sebuah kapsul waktu untuk dunia musik indie Indonesia pada saat itu.

Dengan deretan nama seperti Sore dan Sajama Cut soundtrack film ini masih Jaka anggap sebagai salah satu album soundtrack terbaik sepanjang masa.

Tapi, lagu yang Jaka anggap paling ikonik tidak lain adalah Konservatif dari The Adams yang menjadi lagu kebangsaan remaja Indonesia di periode tersebut.

Akhir Kata

Itulah daftar 10 soundtrack film paling ikonik dari Jaka. Banyak banget lagu yang nggak sempat Jaka masukkin di sini jadi mohon pengertiannya ya, geng!

Jaka yakin pasti kalian banyak yang mempertanyakan kurangnya representasi dari film Disney tapi Jaka memang sengaja agar daftar ini jadi lebih variatif.

Apa lagu favorit kalian dari daftar di atas? Apakah kalian memiliki rekomendasi soundtrack ikonik lainnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Film Musikal Terbaik 6cbcf

10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!

Situs Untuk Melihat Lagu Yang Baru Dirilis 566a9

Inilah 5 Situs Untuk Melihat Lagu yang Baru Rilis | Nggak Bakal Kudet!

Aplikasi Musik Terbaik Banner Ba2e0

20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)

Banner Ee3d4

10 Film Keluarga Terbaik Sepanjang Masa, Semakin Sayang Orangtua

Banner D571c

7 Judul Film Terpanjang di Dunia, Ini Judul Film atau Skripsi?

Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 1b2f6

8 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik di Android | Cari Judul Lagu dengan Cepat dan Akurat!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal