J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Film Shared Cinematic Universe Seru yang Wajib Kamu Tonton, MCU Makin Banyak Pesaing?

              7 Film Shared Cinematic Universe Seru yang Wajib Kamu Tonton, MCU Makin Banyak Pesaing?

              00
              Sabtu, 8 Jun 2019, 20:00 WIB
              Marvel Cinematic Universe (MCU) mengubah gaya film Hollywood saat ini. Nggak heran, hadir pula 7 film shared cinematic universe yang nggak kalah seru, geng. Penasaran?

              Apakah kamu salah satu penggemar dari jajaran film dalam Marvel Cinematic Universe alias MCU?

              Jika iya, maka kamu nggak salah! Soalnya bisa dibilang MCU menjadi pelopor tren film shared universe yang saat ini tengah banyak diterapkan pada industri perfilman Hollywood, geng.

              Nah, selain dari Marvel Cinematic Universe, saat ini ada sejumlah film shared universe seru lainnya yang nggak boleh ketinggalan buat kamu ikuti. Apa sajakah daftarnya?

              Apa Itu Shared Cinematic Universe?

              Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kamu tahu terlebih dulu apa pengertian dari shared cinematic universe, geng.

              Dilansir dari berbagai sumber, shared universe atau shared world mengacu pada serangkaian film di mana dapat dibuat oleh beberapa penulis yang berbeda.

              Jalan cerita dalam tiap film bisa berjalan masing-masing, namun dapat saling berhubungan dan mendukung pengembangan karakter dari film-film lainnya.

              apa-itu-shared-universe
              Sumber foto: grumie.com

              Sebagai contoh, dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) kamu dapat saja menonton Guardians of The Galaxy (GoTG) tanpa harus terlebih dulu menonton trilogi Ironman.

              Walaupun begitu, saat kamu menonton seri Avengers: Infinity War atau Avengers: Endgame, tentu baik seri Ironman maupun GoTG sangat mendukung pengembangan ceritanya.

              Bagaimana, sudah paham atau belum nih?

              Urutan Film Marvel Cinematic Universe (MCU) | Update 2019
              Mau nonton film Marvel mulai dari awal? Nah berikut Jaka kasih panduan nonton urutan film Marvel Cinematic Universe (MCU) hingga saat ini (update 2019).
              LIHAT ARTIKEL

              Daftar Film Shared Universe Saat Ini Selain Marvel Cinematic Universe (MCU)

              Kesuksesan MCU selama lebih dari 11 tahun hingga saat ini tentu menarik industri perfilman Hollywood dalam melakukan hal serupa.

              Makanya nggak heran muncul beberapa sejumlah seri film shared cinematic universe seperti yang bakal Jaka ulas di bawah ini. Penasaran?

              1. DC Extended Universe

              Pertama ada DC Extended Universe (DCEU) yang sekaligus menjadi pesaing serius dari MCU di industri film bertema superhero, geng.

              Jajaran filmnya pun menampilkan karakter superhero DC Comics, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, hingga Cyborg.

              Oh ya, banyak orang juga mengatakan kalau DCEU memiliki nuansa terlalu dark, sehingga nggak cocok dan menarik buat ditonton oleh beberapa kalangan.

              Film DC Extended Universe
              Sudah Tayang Man of Steel (2013), Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), Suicide Squad (2016), Wonder Woman (2017), Justice League (2017), Aquaman (2018), Shazam! (2019)
              Akan Tayang Birds of Prey (2020), Wonder Woman 1984 (2020), The Batman (2021), The Suicide Squad (2021), The Flash (TBA)

              2. MonsterVerse

              Kemudian ada MonsterVerse yang dibuat oleh Legendary Pictures dan membawa cerita sejumlah makhluk raksasa yang hidup di Bumi, seperti Godzilla dan King Kong.

              Kedua film yang tampil di MonsterVerse ini sendiri nggak berhubungan dengan film yang sebelumnya pernah tayang di layar lebar. Jadi bisa dibilang sebagai reboot gitu deh!

              Buat kamu yang suka melihat pertarungan antar-monster dan kota-kota yang hancur, cocok banget buat nonton film shared universe yang satu ini, geng.

              Film MonsterVerse
              Sudah Tayang Godzilla (2014), Kong: Skull Island (2017), Godzilla: King of the Monsters (2019)
              Akan Tayang Godzilla vs Kong (2020)

              Film Shared Universe Lainnya...

              3. Transformers

              Lain lagi buat kamu yang suka pertarungan antar-robot. Di sini kamu bakal dimanjakan lewat universe Transformers yang menceritakan persaingan antara Autobots dan Decepticons.

              Walau kurang stabil dalam meraih rating positif, jajaran film Transformers arahan Michael Bay ini tetap patut untuk kamu tonton loh, geng.

              Apalagi setelah mendapatkan spinoff Bumblebee di 2018, bisa dibilang menjadi kebangkitan kembali franchise film yang satu ini.

              Film Transformers
              Sudah Tayang Transformers (2007), Revenge of the Fallen (2009), Dark of the Moon (2011), Age of Extinction (2014), The Last Knight (2017), Bumblebee (2018)
              Akan Tayang -

              4. Dark Universe

              Lalu ada Dark Universe yang berusaha menghidupkan kembali franchise Universal Monster yang terkenal dengan karakter seperti Dracula, Frankenstein, hingga The Invisible Man.

              Dark Universe pun sempat merilis The Mummy, namun gagal karena dirasa penggarapan ceritanya kurang pas, terutama pada unsur historisnya.

              Kabarnya, ke depannya proyek Dark Universe bakal dilanjutkan dengan film The Invisible Man, di mana diambil alih produksinya oleh Blumhouse yang juga spesialis film horror.

              Film Dark Universe
              Sudah Tayang Dracula Untold (2014), The Mummy (2017)
              Akan Tayang The Invisible Man (TBA)

              5. Star Wars

              Melihat kesuksesan suatu universe, tentu kamu nggak bisa mengesampingkan serial Star Wars yang bahkan pertama kali tayang sejak 1977, geng.

              Universe ini dimulai dengan film Star Wars Episode IV: A New Hope, baru dilanjut dengan prekuelnya Star Wars Episode I: The Phantom Menace pada 2001 di mana teknologi film sudah maju kala itu.

              Kemudian diikuti oleh sekuel Star Wars Episode VII: The Force Awakens pada 2017 dan beberapa film standalone, seperti Rogue One dan Solo.

              Film Star Wars
              Sudah Tayang Skywalker Saga
              Episode IV: A New Hope (1977), Episode V: The Empire Strikes Back (1980), Episode VI: Return of the Jedi (1983), Episode I: The Phantom Menace (1999), Episode II: Attack of the Clones (2002), Episode III: Revenge of the Sith (2005), Episode VII: The Force Awakens (2015), Episode VIII: The Last Jedi (2017)

              Standalone
              Star Wars: The Clone Wars (2008), Rogue One: A Star Wars Story (2016), Solo: A Star Wars Story (2018)
              Akan Tayang Skywalker Saga
              Episode IX: The Rise of Skywalker (2019)

              6. X-Men

              Kemudian ada X-Men, seri superhero dari komik Marvel yang diangkat ke layar lebar oleh 20th Century Fox dan saat ini telah diakuisisi oleh Walt Disney, geng.

              Franchise yang dimulai pada tahun 2000 ini menghadirkan sejumlah karakter ternama, seperti Wolverine, Rogue, Magneto, Deadpool, dan lainnya.

              Menariknya, setelah diakuisisi oleh Disney ada kesempatan pula para superhero X-Men masuk ke dalam cerita MCU, loh. Bagaimana menurutmu?

              Film X-Men
              Sudah Tayang X-Men (2000), X2 (2003), X-Men: The Last Stand (2006), X-Men Origins: Wolverine (2009), X-Men: First Class (2011), The Wolverine (2013), X-Men: Days of Future Past (2014), Deadpool (2016), X-Men Apocalypse (2016), Logan (2017), Deadpool 2 (2018), Dark Phoenix (2019)
              Akan Tayang The New Mutants (2020)

              7. Lego Universe

              Terakhir, ada Lego Universe yang dimulai dengan tayangnya The Lego Movie pertama kali pada tahun 2014.

              Menghadirkan karakter Lego di dunia mainan susun ini, hadir pula karakter lain dalam The Lego Batman Movie dan The Lego Ninjago Movie.

              Nah, kalau dibanding franchise film di atas, yang satu ini tentu aman buat ditonton bareng anak-anak dan keluarga, geng.

              Film Lego Universe
              Sudah Tayang The Lego Movie (2014), The Lego Batman Movie (2017), The Lego Ninjago Movie (2017), The Lego Movie 2: The Second Part (2019)
              Akan Tayang The Billion Brick Race (TBA)

              Video: Kumpulan Teknologi Mengerikan yang Ada Dalam Film Hollywood

              Akhir Kata

              Itulah dia sejumlah film shared universe yang wajib kamu tonton selain Marvel Cinematic Universe (MCU) yang fenomenal, geng.

              Kalau kamu pernah nonton yang mana? Atau malah punya rekomendasi film lainnya? Yuk, jangan ragu buat share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah, ya!

              Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal