J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Berhasil Menunjukkan Seni Pencak Silat, Sudah Diakui Oleh Hollywood!

7 Film yang Berhasil Menunjukkan Seni Pencak Silat, Sudah Diakui Oleh Hollywood!

Kamis, 2 Jan 2020, 18:00 WIB
Kita boleh bangga karena seni pencak silat sekarang sudah diakui di dunia, geng! Berikut adalah 7 film yang berhasil menunjukkan seni pencak silat.

Di pertengahan Desember 2019, kita sebagai rakyat Indonesia boleh berbangga hati karena badan UNESCO telah menetapkan pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Seni bela diri ini mengikuti jejak seni batik dan alat musik angklung sebagai budaya Indonesia yang masuk ke daftar UNESCO yang sama, geng.

Memang pencak silat sendiri telah naik profilnya di beberapa tahun terakhir berkat kemunculan seni bela diri ini di beberapa film lokal yang berhasil mendunia.

7 Film yang Berhasil Menunjukkan Seni Pencak Silat

Perlu dicatat bahwa pencak silat itu bukan cuma sekadar teknik pukul-pukulan karena juga mengandung nilai estetika makannya dinamakan seni bela diri, geng.

Meskipun tentunya banyak adegan brutal yang ditunjukkan di film yang akan Jaka bahas di sini, nggak bisa dipungkiri juga kalau kebrutalan ini memiliki keindahan mereka tersendiri.

Nah, di kesempatan ini, Jaka mau membahas 7 film yang berhasil menunjukkan seni pencak silat! Jaka sebagai rakyat Indonesia jadi tersipu malu nih.

1. Merantau (2009)

Merantau A8644

Awalnya, aktris ternama Christine Hakim memiliki rencana untuk membuat film dokumenter yang menyorot budaya Indonesia dan salah satunya adalah pencak silat.

Sutradara asal Wales, Gareth Evans ditunjuk untuk menjadi sutradara film tersebut tapi dia akhirnya jatuh cinta terhadap seni pencak silat yang melahirkan film action Merantau.

Dengan latar budaya Minang, film ini menceritakan kisah Yuda (Iko Uwais), seorang pemuda Minang yang merantau ke kota Jakarta dan terlibat dalam dunia kriminal kota tersebut.

Film inilah yang berhasil meluncurkan karir Evans, Iko, dan juga Yayan Ruhian, dan bisa dibilang merupakan awal kebangkitan seni pencak silat di dunia film, geng!

Perlu dicatat, buat kalian yang sudah terbiasa dengan sosok Iko yang kelewat maskulin, pasti terkejut dengan penampilannya yang masih agak culun di film ini!

2. The Raid 1 & 2 (2011 - 2014)

The Raid 8c427

Setelah kesuksesan Merantau, Evans dan beberapa aktor yang terlibat di film tersebut kembali di seri film The Raid yang memiliki budget dan kualitas produksi lebih tinggi, geng.

Kedua film ini menceritakan petualangan Rama (Iko Uwais), seorang polisi yang menggunakan kemampuan silatnya untuk melawan kriminal-kriminal di Jakarta.

Berbeda dengan Merantau yang kesuksesannya terbatas, seri The Raid berhasil mendapat banyak pujian dari kritikus dan penggemar film di seluruh dunia.

Bahkan, banyak yang menganggap seri ini sebagai salah satu seri film action bela diri terbaik sepanjang masa dengan koreografi pertarungan yang sangat memanjakan mata.

Seri The Raid juga berhasil mengharumkan nama orang yang terlibat di film ini, dengan sutradara Evans, aktor Iko, Yayan, dan Joe Taslim yang sekarang sudah populer di Hollywood.

3. Yasmine (2014)

Yasmine 0ecd6

Film silat yang satu ini memiliki banyak keunikan karena selain datang dari negara tetangga Brunei Darussalam, film ini juga berfokus di karakter gadis SMA, geng!

Yasmine menceritakan kisah Yasmine (Liyana Yus), seorang gadis SMA yang memiliki impian untuk menjadi juara silat nasional menentang ketidaksetujuan ayahnya.

Sebagai produk kolaborasi dari beberapa negara termasuk Indonesia, ada beberapa aktor nusantara yang menyumbangkan bakatnya di film ini seperti Reza Rahadian dan Arifin Putra.

Tentunya aksi yang ditunjukkan di sini nggak sebrutal seri The Raid karena memang Yasmine adalah film keluarga yang mengusung cerita mirip The Karate Kid dari sudut pandang wanita.

4. John Wick: Chapter 3 - Parabellum (2019)

John Wick 3 A8714

Sebagai salah satu seri film action murni terbaik di beberapa tahun terakhir, nggak heran kalau seni pencak silat muncul di seri film John Wick yang akhirnya terwujud di tahun ini.

Di babak akhir John Wick: Chapter 3 - Parabellum, mantan pembunuh bayaran John Wick (Keanu Reeves) harus melawan sepasang tukang pukul, geng.

Ternyata oh ternyata, kedua tukang pukul ini diperankan oleh Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman yang tentunya bertarung menggunakan pencak silat.

Meskipun mereka berdua hanya muncul di satu adegan, adegan pertarungan mereka berdua dengan Wick harus diakui menjadi salah satu adegan terbaik di film ini, geng!

5. Pendekar Tongkat Emas (2014)

Pendekar Tongkat Emas 3ce77

Setelah Merantau berhasil membangkitkan film silat kontemporer, film Pendekar Tongkat Emas berusaha untuk membangkitkan genre film silat klasik yang sempat menghilang, geng.

Film ini bercerita tentang perjuangan Dara (Eva Celia) dalam melawan Biru (Reza Rahadian) dan Gerhana (Tara Basro), mantan teman seperguruan Dara yang sekarang mengincarnya.

Adegan pertarungan di sini tentunya berbeda dengan film lain yang Jaka bahas di sini karena mengandung beberapa elemen fantastis layaknya film superhero.

Film ini juga memiliki kualitas produksi dan budget yang sangat tinggi untuk film Indonesia dan terbukti film ini memiliki visual yang sangat memanjakan mata.

6. Wiro Sableng 212 (2018)

Wiro Sableng 1b535

Kalian coba tanya ke anak generasi 90-an, Jaka jamin semua sudah kenal dengan sosok murid Sinto Gendeng yang lagu temanya sudah sangat membekas di telinga mereka.

Film Wiro Sableng 212 menceritakan kisah ahli bela diri nyeleneh Wiro Sableng (Vino G. Bastian) yang ditugaskan untuk menangkap mantan murid gurunya yang berkhianat.

Tanpa sepengathuan Wiro, Mahesa Birawa (Yayan Ruhian) yang menjadi targetnya adalah orang yang sama yang membunuh orangtua Wiro, geng!

Meskipun sarat dengan elemen komedi, seni bela diri yang ada di film ini nggak main-main dan Vino sampai menolak memakai stuntman dan sampai rela belajar pencak silat untuk perannya di sini.

Vino sendiri merupakan anak dari Bastian Tito, penulis novel Wiro Sableng, dan menurut Jaka dia sukses memikul beban berat dalam menghidupkan karakter ikonik buatan ayahnya.

7. The Night Comes For Us (2018)

Night Comes For Us 085e0

Datang dari sutradara Timo Tjahjanto, setengah dari pasangan The Mo Brothers, secara sekilas film ini memiliki banyak kemiripan dengan film dari sutradara Gareth Evans.

The Night Comes For Us menceritakan kisah Ito (Joe Taslim), mantan anggota Triad yang memberontak demi melindungi nyawa gadis kecil Reina (Asha Bermudez).

Selain dengan aktor Iko Uwais dan Joe Taslim yang muncul di sini, film ini juga memiliki adegan pertarungan yang brutal yang terinspirasi dari seri The Raid dan Merantau.

Perlu dicatat, aktris Dian Sastrowardoyo juga muncul di sini sebagai karakter antagonis yang berbeda dengan peran biasanya di film!

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 film yang berhasil menunjukkan seni pencak silat dari Jaka. Kalau kalian perhatikan, ada banyak nama yang muncul berulang kali di daftar ini.

Tapi dengan popularitas seni bela diri ini yang semakin meroket, kemunculan sineas dan pemeran baru sepertinya tinggal menunnggu waktu saja, geng!

Bagaimana pendapat kalian mengenai film di atas? Apakah kalian memiliki contoh film pencak silat lainnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Film Indonesia Yang Dilarang Tayang Main Img1 15307

7 Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Tanah Air, Ada yang Tembus Oscars?

Film Indonesia Terbaru Ff3b5

25 Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2020 | Banyak Drama & Horor!

Film Indonesia Yang Tuai Kontroversi Sebelum Perilisannya Ed68f

7 Film Indonesia yang Menuai Kontroversi Sebelum Perilisannya, Malah Laku Keras?

Film Yang Diadaptasi Dari Lagu A9cb5

Anti Mainstream! Inilah 7 Film Indonesia yang Diadaptasi Dari Lagu

Film Indonesia Yang Go International Banner 11c0b

Bikin Bangga! Inilah 7 Film Indonesia yang Go International

Film Hollywood Yang Menyelipkan Unsur Indonesia Bf529

7 Film Hollywood yang Menyelipkan Bahasa Indonesia di Dalamnya, Bangga Banget!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

7 Film Horor Indonesia yang Sukses di Ajang Internasional, Bikin Bangga!

7 Film Horor Indonesia yang Sukses di Ajang Internasional, Bikin Bangga!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal