J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Sekuel yang Dibuat untuk Menutupi Plot Hole di Film Sebelumnya, Biar Gak Pusing!

7 Sekuel yang Dibuat untuk Menutupi Plot Hole di Film Sebelumnya, Biar Gak Pusing!

Sabtu, 19 Sep 2020, 17:00 WIB
Plot hole meskipun kecil, namun sering jadi bahan kritik fans sebuah film. Ketujuh film ini sampai membuat sekuel hanya untuk menutup plot hole tersebut

Membuat naskah sebuah film tentu adalah hal yang sangat sulit. Si penulis naskah harus memastikan adanya kontinuitas antar cerita agar tidak membingungkan dan terjadi plot hole.

Plot hole sendiri adalah gap atau inkonsistensi pada plot yang gak sejalan dengan logika pada cerita film tersebut. Meskipun fatal, namun plot hole terkadang gak bisa dihindari.

Ada banyak contoh film yang memiliki plot hole. Nah, untuk menambal "lubang" tersebut, si pembuat film berupaya untuk memberi penjelasan logis lewat sekuel yang dirilis.

7 Sekuel yang Dibuat untuk Menutupi Plot Hole di Film Sebelumnya

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai sekuel yang dibuat untuk menutupi atau menjawab plot hole yang ada di film sebelumnya. Ada banyak judul-judul populer dalam daftar ini, lho.

Kalau kamu sudah gak sabar pengen tahu mengenai film-filmnya, langsung saja yuk simak artikel berikut selengkapnya!

1. Avengers: Infinity War (2018)

1 11654

Di akhir film Thor (2011), kita dapat menyaksikan si dewa petir ini menggunakan Mjolnir untuk menghancurkan Bifrost. Kehancuran Bifrost berakibat Thor gak bakal bisa lagi teleport ke seluruh semesta secara instan.

Meskipun begitu, di film Avengers (2012), Thor malah dengan santainya teleport ke bumi dan menjemput Loki yang akan ditahan. Bifrost kan sudah hancur, lalu bagaimana Thor bisa ke bumi lagi?

Nah, plot hole ini terjawab di Avengers: Infinity War, geng. Dalam film ini, Heimdall yang sekarat berhasil memulangkan Hulk ke bumi dengan kekuatan leluhurnya.

Hal ini membuktikan bahwa sebagian sihir Bifrost ada di dalam tubuh Heimdall. Kira-kira mirip dengan film Thor: Ragnarok di mana Thor mampu menggunakan kekuatan petir tanpa menggunakan Mjolnir.

2. Jurassic World (2015)

2 94238

Jurassic Park adalah film dinosaurus yang keren. Hanya saja, penggambaran dinosaurus dalam franchise tersebut kurang akurat. Wajar, sih, ilmu di zaman itu memang belum semaju sekarang.

Setelah perilisan Jurassic Park 1 di tahun 1993, para paleontolog sepakat bahwa dinosaurus memiliki bulu, geng. Ilmu pengetahuan memercayai bahwa dinosaurus adalah leluhur dari burung.

Ketiadaan bulu tersebut dijawab oleh Jurassic World. Dalam suatu adegan, Dr. Henry Wu menjelaskan bahwa dinosaurus yang mereka buat memang sengaja gak akurat.

Para ilmuwan merancang dinosaurus tanpa bulu supaya sesuai dengan pemikiran orang awam mengenai dinosaurus.

3. Terminator: Dark Fate (2019)

3 436f1

Dalam Terminator, diceritakan bahwa dunia masa depan dikuasai oleh AI jahat bernama Skynet yang memerangi manusia dengan robot canggih. Untuk mengakhiri perang, Skynet mengirim robot terminator untuk membunuh Sarah Connor, ibu dari John Connor.

Di masa depan, John Connor adalah pemimpin pasukan resistensi manusia. Anehnya, Skynet yang canggih dan cerdas selalu gagal sehingga menimbulkan pertanyaan, "kenapa sih Skynet gak mengirim beberapa robot sekaligus untuk membunuh Sarah dan John Connor"?

Plot hole ini akhirnya terjawab di Terminator: Dark Fate. Sekuel ini melupakan semua film dalam franchise setelah Terminator 2. John dan Sarah yang percaya bahwa mereka sudah menghentikan kiamat tiba-tiba dikejutkan oleh kemunculan seseorang.

Pria tersebut ternyata adalah T-800, jenis terminator sama yang dikirim untuk membunuh Sarah di Terminator 1. Ia pun menembak dada John hingga tewas seketika.

Ternyata, Skynet mengirim 2 T-800 sekaligus di 2 waktu yang berbeda. Masa depan dunia pun berubah setelah kematian John.

4. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

4 151c2

Star Wars: Episode IV A New Hope adalah salah satu film terbaik sepanjang masa. Hanya saja, ending film ini cukup mengganjal. Death Star yang adalah senjata penghancur terbesar dan mematikan, bisa hancur hanya dengan 2 proton torpedo saja.

Para fans sampai bingung, kenapa senjata penghancur planet satu ini memiliki kelemahan yang fatal banget. Untuk menjawab plot hole ini, Disney rela menggelontorkan US$ 265 juta untuk membuat film spin off berjudul Rogue One: A Star Wars Story.

Di film ini, kita diperkenalkan dengan karakter Galen Erso, mantan ilmuwan Imperial yang diculik untuk menyelesaikan Death Star. Erso yang berpihak pada rebel terpaksa menyelesaikan senjata yang bakal digunakan untuk menakhlukan galaksi.

Tanpa diketahui imperial, Erso menyematkan 1 kelemahan fatal yang kecil banget. Ia kemudian mengirim hologram pada anaknya, Jyn, mengenai letak kelemahan tersebut sehingga rebel mampu menghancurkan Deathstar.

5. Beauty And The Beast (2017)

5 Ff8e7

Kalau kamu adalah penikmat film animasi Disney klasik Aladdin, mungkin kamu notice dengan inkonsistensi plot mengenai umur asli si pangeran / Beast. Berdasarkan lagu dalam animasi tersebut, pangeran dan seluruh penghuni istana telah dikutuk selama 10 tahun.

Si pangeran harus mencari cinta sejatinya sebelum ia berulang tahun ke-21. Kalau dihitung, artinya pangeran telah dikutuk menjadi monster berbulu semenjak ia berumur 11 tahun.

Anehnya, dalam satu adegan kita dapat menemukan lukisan wajah pangeran sebelum dikutuk yang tampak seperti pria dewasa. Inkonsistensi inilah yang kemudian diperbaiki dalam versi live action-nya.

Dalam Beauty And The Beast (2017), lirik lagu mengenai durasi kutukan tersebut dihilangkan untuk menghilangkan kebingungan. Menurutmu, perlu gak, geng?

6. Avengers: Endgame (2019)

6 Adb77

Captain Marvel bisa dibilang adalah karakter superhero Marvel terkuat. Tapi, kenapa Captain Marvel gak muncul ketika bumi diserang atau ketika pengungsi Asgard dibantai oleh Thanos?

Pertanyaan ini terjawab dalam Avegers: Endgame yang menjadi penutup sempurna MCU phase 3. Captain Marvel mengatakan bahwa ia sibuk melindungi dunia yang gak memiliki Avengers-nya sendiri.

Film ini juga menjawab pertanyaan kenapa Hydra bisa memiliki Mind Stone yang tertanam dalam tongkat milik Loki sebelum event Age of Ultron. Ternyata, ada agen Hydra yang menyusup ke dalam Shield, geng.

7. Aladdin (2019)

7 A75ae

Film terakhir dalam daftar ini adalah Aladdin (2019) yang kasusnya mirip dengan Beauty and The Beast. Film live action ini dibuat dengan penuh hati-hati agar kesalahan di film orisinalnya tidak terulang.

Stereotip buruk, minimnya peran karakter perempuan, serta pemilihan aktor yang terlalu white-washing menjadi beberapa masalah dalam versi orisinalnya.

Selain hal di atas, Aladdin juga memodifikasi cerita agar terhindar dari plot hole. Salah satunya dengan membuat Aladdin harus mengelus lampu ajaib setiap kali ingin membuat permintaan.

Di film aslinya, banyak orang yang bilang kalau Aladdin membuat lebih dari 3 permintaan. Dengan modifikasi tersebut, penonton dapat menghitung jumlah permintaan Aladdin dengan mudah.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 sekuel yang dibuat untuk menutupi plot hole di film sebelumnya. Menurut kamu, penting banget gak sih bikin sekuel untuk hal sepele tersebut?

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Plot Hole Konyol di Film Action Terkenal, Film Jadi Kacau & Ancur!

7 Plot Hole Konyol di Film Action Terkenal, Film Jadi Kacau & Ancur!

7 Plot Hole Film yang Paling Gak Masuk Akal, Ngerusak Cerita!

7 Plot Hole Film yang Paling Gak Masuk Akal, Ngerusak Cerita!

7 Film Sekuel Terburuk yang Merusak Franchise, Mending Gak Dibikin!

7 Film Sekuel Terburuk yang Merusak Franchise, Mending Gak Dibikin!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal