7 Film Raditya Dika Terbaik & Terbaru 2021, Gak Berhenti Ngakak!

Default

Film Raditya Dika kerap mendulang kesuksesan karena kerap menyajikan komedi segar yang membuat penonton tertawa lepas tanpa beban.

Sekarang, memang banyak banget public figure di Indonesia yang ketenarannya melejit melalui jalur-jalur tidak konvensional.

Tren ini bisa dibilang dimulai dari sosok Raditya Dika, yang namanya mulai membesar berkat blog pribadinya, Kambing Jantan, yang populer di kalangan muda.

Kesuksesan blog tersebut akhirnya memulai karirnya sebagai penulis dan berujung ke layar lebar. Kumpulan film Raditya Dika pun sudah merajai bioskop tanah air. Apa saja?

1. Kambing Jantan: The Movie (2009)

Tak kenal maka tak sayang, jadi kamu sebaiknya berkenalan dulu dengan siapa Raditya Dika melalui debut filmnya, Kambing Jantan: The Movie di tahun 2009.

Film ini diangkat dari novel berjudul sama yang dirangkum dari blog pribadinya tentang pengalaman Radit saat kuliah di Australia.

Dari masalah LDR dengan pacarnya dan masalah kuliah jurusan keuangan yang tidak diminatinya, Dika berhasil membuat film ini menjadi sangat relatable.

Film ini langsung menetapkan bakat Raditya Dika di dunia komedi melalui observasi dan celotehan gamblangnya yang membuatnya menjadi panutan bagi kalangan muda.

Judul Kambing Jantan: The Movie
Tayang 5 Maret 2009
Durasi 1 jam 58 menit
Produksi Indika Entertainment, Vito Production
Sutradara Rudy Soedjarwo
Cast Raditya Dika, Meity Josefina, Anggi Nasution, dkk
Genre Comedy, Drama, Romance
Rating 5.6/10 (IMDb.com)

2. Cinta Brontosaurus (2013)

Belum puas menjadi aktor di film Kambing Jantan: The Movie, di film Cinta Brontosaurus, Radit mencoba peruntungannya menjadi seorang penulis naskah.

Mengadaptasi novel kedua Raditya Dika, film ini mengisahkan pahamnya terhadap cinta yang berubah sinis setelah putus dengan pacarnya, Nina (Pamela Bowie).

Di tengah kegundahannya, Dika bertemu dengan Jessica (Eriska Rein), seorang wanita dengan pemikiran unik yang membuatnya memikirkan kembali pahamnya tentang cinta.

Selain lelucon absurd, film komedi Indonesia ini juga menyajikan penampilan kocak komedian Soleh Sholihun sebagai agen Dika bernama Kosasih. Ngakak!

Judul Cinta Brontosaurus
Tayang 8 Mei 2013
Durasi 1 jam 38 menit
Produksi StarVision Plus
Sutradara Fajar Nugros
Cast Raditya Dika, Soleh Sholihun, Eriska Rein, dkk
Genre Comedy, Drama, Romance
Rating 6.1/10 (IMDb.com)

3. Marmut Merah Jambu (2014)

Masih mengikuti tradisi judul ala Raditya Dika yang selalu berputar di binatang, kali ini ada film Marmut Merah Jambu yang memiliki beberapa keunikan.

Pertama, film ini merupakan kali pertama Raditya Dika merangkap sebagai aktor dan sutradara di film layar lebar setelah sebelumnya menyutradarai serial Malam Minggu Miko.

Kedua, dikarenakan film yang menceritakan kisah Dika di SMA, film ini adalah pertama kalinya sosok Raditya Dika akan diperankan oleh orang lain, yakni Christoffer Nelwan.

Di sini, kamu akan diajak melihat masa Raditya Dika di SMA bersama sahabatnya, Bertus (Julian Liberty) dan Cindy (Sonya Pandarmawan), serta cinta pertamanya, Ina (Anjani Dina).

Kamu yang pernah atau sedang jatuh cinta pada teman, wajib menonton film romantis Raditya Dika ini yang menunjukkan kalau perasaan itu nggak boleh cuma dipendam doang.

Judul Marmut Merah Jambu
Tayang 8 Mei 2014
Durasi 1 jam 31 menit
Produksi StarVision Plus
Sutradara Raditya Dika
Cast Raditya Dika, Christoffer Nelwan, Julian Liberty, dkk
Genre Comedy, Romance
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

4. Single (2015)

Setelah berkali-kali mengadaptasi cerita dari bukunya sendiri, tren ini akhirnya berubah di film Single yang memiliki ide cerita orisinil.

Angin segar ini ternyata efektif karena menurut Jaka pribadi, Single adalah film Raditya Dika terlucu sampai saat ini meskipun masih mengulas tema yang sama, geng.

Di film ini, kamu akan bertemu dengan Ebi (Raditya Dika), seorang jomblo berumur 27 tahun yang juga pengangguran dan masih saja mengemis uang dari orang tuanya.

Hidup Ebi berubah sejak kedatangan Angel (Annisa Rawles) tapi sebelum bisa mendekati Angel, Ebi harus menghadapi 'kakak' Angel, Joe (Chandra Liow), yang menyebalkan.

Judul Single
Tayang 17 Desember 2015
Durasi 2 jam 7 menit
Produksi Soraya Intercine Film PT
Sutradara Raditya Dika
Cast Raditya Dika, Annisa Rawles, Chandra Liow, dkk
Genre Comedy
Rating 6.8/10 (IMDb.com)

5. Hangout (2016)

Mengambil genre berbeda dengan lelucon khas, Hangout adalah film horror Indonesia dengan sensasi thriller komedi pertama yang ditulis dan disutradarai olehnya.

Di sini, ada 9 selebriti tanah air yang masing-masing memerankan parodi mereka sendiri dikumpulkan di sebuah pulau terpencil dengan iming-iming untuk proyek film.

Ketika satu-persatu dari mereka kehilangan nyawanya, mereka yang tersisa harus berjuang untuk menyelamatkan diri sendiri dan mencari siapa pembunuhnya.

Dibantu dengan YouTuber konyol Bayu Skak, Hangout sukses memulai tren film yang dibintangi YouTuber terkenal di tanah air.

Judul Hangout
Tayang 22 Desember 2016
Durasi 1 jam 41 menit
Produksi Rapi Films
Sutradara Raditya Dika
Cast Raditya Dika, Soleh Solihun, Prilly Latuconsina, dkk
Genre Comedy, Thriller
Rating 5.9/10 (IMDb.com)

6. Target (2018)

Sukses dengan eksperimennya di Hangout, Raditya Dika langsung mencoba bereksperimen lagi di film Target yang mengusung genre action.

Di sini kamu dipertemukan dengan 9 selebriti tanah air yang dituntun ke sebuah gedung dengan iming-iming sebuah proyek film berjudul Target.

Tapi, yang menyambut mereka adalah seorang Game Master, mirip si gila Jigsaw yang mengharuskan mereka untuk mengikuti skenario yang ada jika ingin selamat.

Bagi kamu yang terbiasa melihat sosok aktor film action Willy Dozan yang selalu macho, kamu bakal ngakak melihat penampilannya yang sangat feminin di sini!

Judul Target
Tayang 15 Juni 2018
Durasi 1 jam 33 menit
Produksi Soraya Intercine Film PT
Sutradara Raditya Dika
Cast Raditya Dika, Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, dkk
Genre Comedy, Thriller
Rating 4.0/10 (IMDb.com)

7. Single Part 2 (2019)

Setelah 4 tahun, akhirnya hadir film sekuel Single, yakni Single Part 2 yang melanjutkan kisah Ebi (Raditya Dika) yang umurnya hampir kepala tiga.

Sayangnya, pertambahan umur tersebut tidak dibarengi dengan kemajuan kehidupan cintanya. Ia masih saja sebatas teman dengan pujaannya, Angel (Annisa Rawles).

Meskipun belum bisa menyamai pendahulunya, Single Part 2 sukses mengeksplorasi ide cerita yang lebih dewasa dibandingkan kebanyakan film yang disutradarai Raditya Dika.

Alih-alih fokus di pencarian jodoh, film Raditya Dika terbaru ini lebih fokus pada usaha Ebi dalam meningkatkan kepercayaan dirinya dan mengungkapkan perasaannya terhadap Angel.

Judul Single Part 2
Tayang 4 Juni 2019
Durasi 2 jam 8 menit
Produksi Soraya Intercine Film PT
Sutradara Raditya Dika
Cast Raditya Dika, Annisa Rawles, Yoga Arizona, dkk
Genre Comedy
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah daftar film Raditya Dika terbaik dan terbaru 2021 Sayangnya, Radit sudah menyatakan kalau ia ingin rehat sejenak dari membuat film setelah Single Part 2.

Untuk merangkum penjelasan Jaka di atas, berikut adalah daftar singkat film karya Raditya Dika yang harus kamu saksikan:

  1. Kambing Jantan: The Movie (2009)
  2. Cinta Brontosaurus (2013)
  3. Marmut Merah Jambu (2014)
  4. Single (2015)
  5. Hangout (2016)
  6. Target (2018)
  7. Single Part 2 (2019)

Di antara ketujuh film, manakah yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar yang tersedia ya, geng!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 2f693
7 Film Komedi Paling Garing Sepanjang Masa, Gak Bakal Bikin Ketawa!
Film Stephen Chow D6421
7 Film Stephen Chow Terbaik Sepanjang Masa, Penuh Komedi Segar!
Film Dark Comedy Terbaik A56b8
7 Film Dark Comedy Terbaik yang Wajib Ditonton, Khusus Orang Open Minded!
Film Jim Carrey Terbaik Banner C3f0b
7 Film Jim Carrey Terbaik dan Paling Lucu, Ngakak Sampai Nangis!
Sutradara Terbaik Asal Indonesia Banner F882d
7 Sutradara Terbaik Asal Indonesia, Berprestasi Level Internasional!
Tags Terkait: Hiburanfilm bioskop
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal