J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Plot Hole Paling Membingungkan dari Franchise Film Harry Potter

7 Plot Hole Paling Membingungkan dari Franchise Film Harry Potter

Selasa, 14 Jan 2020, 10:00 WIB
Harry Potter adalah salah satu bukti nyata film terbaik yang diadaptasi dari novel. Sayangnya, terdapat banyak plot hole yang mungkin sempat membuat kamu bingung.

Harry Potter merupakan salah satu franchise media terbesar yang telah menelurkan 7 novel orisinal, 8 film adaptasi dari novel orisinal, video game, dan masih banyak lagi.

Semuanya dimulai dari novel Harry Potter and the Philosopher's Stone yang dirilis J.K. Rowling pada tahun 2001 silam. Saking larisnya novel ini, Warner Bros. kemudian mengadaptasinya menjadi film.

Film adaptasinya pun mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari kalangan penggemar. Bahkan, banyak yang nge-fans sama franchise ini meskipun nggak membaca novelnya sejak awal.

7 Plot Hole Paling Membingungkan dari Franchise Film Harry Potter

Meskipun dianggap sebagai salah satu contoh film adaptasi novel terbaik, tetap saja film Harry Potter memiliki beberapa kesalahan yang cukup fatal.

Salah satunya adalah banyaknya plot hole atau inkonsistensi dan tidak berkesinambungan antara bagian. Wajar saja, sih, soalnya cukup sulit untuk mengonversikan cerita dari novel ke film.

Daripada kamu menunggu lebih lama, lebih baik langsung saja simak artikel Jaka berikut ini!

1. Kutukan Nama Voldemort

1 91c13

Ketika pertama kali nonton film Harry Potter, kamu pasti ditakut-takuti oleh seorang pria yang dijuluki "He-Who-Must-Not-Be-Named" alias Lord Voldemort.

Nama Voldemort tersebut seakan haram diucapkan di universe Harry Potter sehingga melahirkan julukan tersebut. Namun, film tersebut nggak menjelaskan kenapa nama tersebut sangat ditakuti.

Di bukunya, ternyata dijelaskan bahwa Voldemort memberi kutukan yang akan memberikan lokasi orang yang menyebut namanya. Karena takut dibunuh oleh Voldemort, nama ini menjadi hal yang haram disebutkan.

Sayangnya, film Harry Potter nggak menjelaskan soal hal ini sehingga bikin penonton yang nggak baca bukunya jadi bingung.

2. Latar Belakang The Marauders

2 6d561

The Marauders adalah geng 4 murid Hogwarts badung yang beranggotakan James Potter (Ayah Harry), Sirius Black, Peter Pettigrew, dan Remus Lupin.

Mereka membuat peta bernama Marauder's Map yang berfungsi untuk menunjukkan lokasi siapapun di area tersebut sekaligus ruangan-ruangan rahasia dalam lingkungan Hogwarts.

Dalam aksi jahilnya, mereka menggunakan nama samaran. James Potter adalah Prongs, Sirius Black adalah Padfoot, Remus Lupin adalah Moony, dan Peter Pettigrew adalah Wormtail.

Sayangnya, film nggak menjelaskan asal-usul nama tersebut sehingga cukup membingungkan. Apalagi, Harry sering menyebut nama samaran The Marauders.

3. Death Eaters Menghancurkan Millenium Bridge

3 70e73

Di awal film Harry Potter and the Half-Blood Prince, para Death Eaters mulai melakukan kejahatan di dunia muggle. Salah satu kekacauan yang mereka lakukan adalah menghancurkan Millennium Bridge di London.

Adegan ini menggantikan adegan serupa dalam novel di mana Death Eaters menghancurkan Brockdale Bridge yang nggak ada di dunia nyata.

Masalahnya, apabila kita mengikuti timeline film tersebut yang ber-setting di tahun 1996, hal ini nggak mungkin terjadi karena Millenium Bridge baru mulai dibangun tahun 1998 dan dibuka tahun 2000.

Mungkinkah para Death Eaters menggunakan mesin waktu?

4. Nasib Barty Crouch Jr.

4 55ec9

Barty Crouch Jr. adalah aktor utama di balik tragedi Harry Potter and the Goblet of Fire. Ia adalah oknum yang memasukkan nama Harry ke dalam Goblet of Fire dan menanamkan Portkey di ujung labirin.

Ketika terungkap bahwa Barty menyamar jadi Mad-Eye Moody dan menjebak Harry, ia pun ditangkap. Namun, sesaat sebelum diinterogasi, Jiwa Crouch dihisap oleh ciuman Dementor.

Alasannya karena Crouch merupakan salah satu saksi bangkitnya Voldemort. Namun, nggak ada adegan ciuman Dementor dalam film sehingga nasib Crouch seakan mengambang.

5. Harry Mengetahui Remus dan Tonks Memiliki Anak

5 Ec957

Remus Lupin memiliki peranan yang lebih besar di dalam novel. Terdapat sebuah adegan penting di mana Lupin pergi ke Grimmauld Place untuk membantu Harry.

Namun, Harry menolak karena ia tahu bahwa Lupin dan Tonks baru saja memiliki bayi. Adegan ini seakan dibuang dari film adaptasinya.

Anehnya, dalam Deathly Hallows: Part 2, Harry menggunakan ressurection stone dan bertemu dengan hantu Lupin. Harry merasa bersalah karena Lupin nggak bisa bertemu anaknya.

Hal ini tentunya membingungkan untuk penonton yang nggak membaca novelnya. Nggak ada satupun adegan dalam film yang menceritakan anak Lupin. Dari manakah Harry bisa tahu?

6. Hadiah Turnamen Triwizard

6 98223

Dalam sekuel Goblet of Fire, diceritakan bahwa Harry memenangkan turnamen Triwizard. Turnamen tersebut menghadiahkan uang sebesar 1000 Galleon yang jumlahnya sangat besar.

Hadiah uang tersebut Harry berikan kepada Fred dan George Weasley supaya Fred & George dapat membuka bisnis toko sulap. Bukan bikin perusahaan teknologi ya, geng.

Sayangnya, hal ini luput dari adegan di film. Banyak banget penonton yang bingung kenapa Fred & George yang datang dari keluarga miskin dapat membuat toko sebesar itu.

7. Kekuatan Mantra Expelliarmus Harry

7 7bcd8

Expelliarmus adalah mantra andalan Harry Potter dalam bertarung. Mantra ini berfungsi untuk menjatuhkan tongkat sihir yang digenggam oleh lawan.

Namun, terdapat sebuah adegan dalam Prisoner of Azkaban yang nggak masuk akal karena pengubahan cerita. Snape ketika itu sedang bertarung dengan Lupin dan Sirius di Shrieking Shack.

Harry mengarahkan mantra Expelliarmus ke arah Snape dan mementalkannya seperti ditembak bola meriam. Hal ini aneh karena efek Expelliarmus jauh lebih kecil dari pada itu.

Ternyata ada penjelasannya, geng. Dalam novel, efek tersebut adalah gabungan dari mantra Expelliarmus Harry, Ron, dan Hermoine. Harry seharusnya nggak bisa mementalkan Snape seperti di film.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 plot hole paling membingungkan dari franchise film Harry Potter. Meskipun begitu, film ini tetap menjadi salah satu film adaptasi novel terbaik, kok.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!

Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20

10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Urutan Film Harry Potter dari Awal Hingga Akhir Plus Sinopsisnya

Urutan Film Harry Potter dari Awal Hingga Akhir Plus Sinopsisnya

7 Deleted Scenes Film Harry Potter yang Berpotensi Mengubah Plot

7 Deleted Scenes Film Harry Potter yang Berpotensi Mengubah Plot

7 Plot Hole Film yang Paling Gak Masuk Akal, Ngerusak Cerita!

7 Plot Hole Film yang Paling Gak Masuk Akal, Ngerusak Cerita!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal