• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mirip Virus Corona! Inilah 10 Film Tentang Virus Mematikan

Mirip Virus Corona! Inilah 10 Film Tentang Virus Mematikan

Jumat, 28 Feb 2020, 14:00 WIB
Kalian merasa kasus virus corona terlalu dibesar-besarkan? Tonton 10 film tentang virus mematikan berikut kalau kalian belum takut, geng!

Melihat pemberitaan kasus virus corona yang sangat ramai dibicarakan sekarang, Jaka merasa sangat deja vu dengan kasus virus SARS di tahun 2003, geng.

Dari titik awal virus yang sama di negeri China sampai bentuk virus yang menyerang sistem pernapasan, memang banyak kemiripan antara dua kasus tersebut.

Buat kalian yang masih merasa kasus virus corona itu masalah sepele, coba kalian nonton film tentang virus berikut untuk memberi perspektif sedikit, geng!

10 Film Tentang Virus Mematikan

Meskipun teknologi di dunia sekarang sudah sangat berkembang, bisa dibilang kita agak lemah dalam menangani kasus penyebaran virus.

Nggak sedikit yang sudah mengkritik pemerintah kota Wuhan atas tindakan mereka dalam menangani penyebaran kasus virus corona ini.

Kelemahan ini bisa kalian lihat langsung di 10 film tentang virus mematikan, geng. Jangan salahin Jaka kalau kalian menjadi paranoid, ya!

1. Contagion (2011)

Datang dari sutradara ternama Steven Soderbergh, film thriller Contagion menceritakan penyebaran sebuah virus meningoensefalitis.

Di film tentang virus dari kelelawar ini, ditunjukkan bahwa lupa cuci tangan saja dapat menyebabkan penyebaran virus mematikan yang menggemparkan dunia, geng!

Seperti beberapa film Soderbergh lainnya, film ini menggunakan teknik hyperlink cinema seperti di trilogi film Ocean.

Di dalam Contagion, masing-masing karakter utama memiliki cerita mereka sendiri tapi dihubungkan dengan satu tema yang sama yaitu virus tersebut, geng.

Judul Contagion
Tayang 9 September 2011
Durasi 1 jam 46 menit
Produksi Warner Bros., Participant, Imagenation Abu Dhabi FZ
Sutradara Steven Soderbergh
Cast Matt Damon, Kate Winslet, Jude Law, dkk
Genre Action, Drama, Sci-Fi
Rating 84% (RottenTomatoes.com)
6.6/10 (IMDb.com)

2. Train to Busan (2016)

Di beberapa tahun terakhir, mulai muncul film tentang virus zombie yang nggak membunuh penderitanya tapi merubah mereka menjadi makhluk ganas tak berotak, geng.

Konsep ini muncul di film Train to Busan yang menceritakan perjuangan sekelompok penumpang kereta di perjalanan menuju Busan dalam melawan wabah zombie.

Ketika ditayangkan di Korea Selatan, film ini berhasil mencetak rekor sebagai film pertama di tahun 2016 yang berhasil mendapatkan 10 juta penonton, geng!

Selain dari elemen horor yang berkualitas, film ini juga memiliki elemen drama yang kuat, seperti yang dapat dilihat di ending film yang sangat emosional.

Judul Train to Busan (Busanhaeng)
Tayang 31 Agustus 2016
Durasi 1 jam 58 menit
Produksi Next Entertainment World, RedPeter Film, Movic Comics
Sutradara Sang-ho Yeon
Cast Yoo Gong, Yu-mi Jung, Dong-seok Ma, dkk
Genre Action, Horror, Thriller
Rating 93% (RottenTomatoes.com)
7.5/10 (IMDb.com)

3. 28 Days Later & 28 Weeks Later (2002 & 2007)

Buat kalian yang merasa fans film zombie, kalian harus berterima kasih dengan film 28 Days Later yang memulai tren film zombie berkualitas di abad 21.

Film tentang virus terbaik ini menunjukkan situasi London 28 hari setelah menjadi saksi wabah rage virus yang membuat penderitanya berubah menjadi zombie gila.

Kesuksesan film tentang virus ini melahirkan sekuel 28 Weeks Later yang menunjukkan kota London yang sudah hancur total 28 minggu setelah wabah virus tersebut, geng!

Sutradara 28 Days Later, Danny Boyle, sudah berencana membuat sekuel 28 Months Later tapi sayangnya sampai saat ini masih sekadar rencana.

Judul 28 Days Later
Tayang 27 Juni 2003
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi DNA Films, British Film Council
Sutradara Danny Boyle
Cast Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston, dkk
Genre Drama, Horror, Sci-Fi
Rating 86% (RottenTomatoes.com)
7.6/10 (IMDb.com)

4. Outbreak (1995)

Salah satu dari virus paling berbahaya dalam sejarah manusia adalah virus Ebola yang berasal dari Afrika yang menjadi inspirasi dari film Outbreak.

Terinspirasi dari buku non-fiksi The Hot Zone, film ini menceritakan tentang wabah virus Motaba yang berawal di Zaire dan akhirnya menyebar ke Amerika Serikat.

Uniknya, Zaire sedang menghadapi wabah virus Ebola tepat ketika film tentang virus terbaik ini dirilis yang memakan 254 korban jiwa dari 315 orang yang terinfeksi.

Buku The Hot Zone sendiri diadaptasi kembali menjadi sebuah miniseri di tahun 2019 yang menunjukkan kurangnya persiapan kita dalam menghadapi wabah seperti ini, geng!

Judul Outbreak
Tayang 10 Maret 1995
Durasi 2 jam 7 menit
Produksi Warner Bros., Arnold Kopelson Productions, Punch Productions
Sutradara Wolfgang Petersen
Cast Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman, dkk
Genre Action, Drama, Thriller
Rating 59% (RottenTomatoes.com)
6.6/10 (IMDb.com)

Film Tentang Virus Mematikan Lainnya...

5. World War Z (2013)

Setelah banyak film zombie yang terlalu nyeleneh seperti film zombie romantis Warm Bodies, World War Z kembali membawa kisah wabah zombie yang realistis.

Diangkat dari novel berjudul sama, World War Z menceritakan perjuangan seorang mantan pejabat PBB dalam melawan wabah zombie yang menyerang seluruh dunia.

Dengan pendapatan 540 juta dolar, film tentang virus mematikan terbaik ini berhasil menjadi film zombie dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, geng!

Sayangnya, berkat China yang melarang peredaran film zombie, studio film Paramount membatalkan sekuel film ini karena telah kehilangan pasar yang besar.

Judul World War Z
Tayang 21 Juni 2013
Durasi 1 jam 56 menit
Produksi Paramount Pictures, Skydance Media, Hemisphere Media Capital
Sutradara Marc Forster
Cast Brad Pitt, Mireille Enos, Daniella Kertesz, dkk
Genre Action, Adventure, Horror
Rating 66% (RottenTomatoes.com)
7.0/10 (IMDb.com)

6. Maggie (2015)

Seperti film Train to Busan yang sarat dengan elemen drama, film Maggie juga menggunakan latar wabah zombie untuk menceritakan kisah yang menyentuh hati, geng!

Film tentang virus ini bercerita tentang Wade (Arnold Schwarzenegger), ayah dari Maggie (Abigail Breslin), seorang gadis yang sudah terjangkit virus zombie.

Meskipun sadar bahwa putrinya sudah semakin kehilangan kemanusiaannya, Wade tetap rela mendampingi putrinya sampai akhir hayatnya.

Arnold juga berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya di sini yang menjadi kejutan baik untuk Jaka setelah terbiasa melihat perannya di film action, geng!

Judul Maggie
Tayang 8 Mei 2015
Durasi 1 jam 35 menit
Produksi Lionsgate, Grindstone Entertainment Group, Gold Star Films
Sutradara Henry Hobson
Cast Arnold Schwarzenegger, Abigail Breslin, Joely Richardson, dkk
Genre Drama, Horror
Rating 60% (RottenTomatoes.com)
5.6/10 (IMDb.com)

7. Rec (2007)

2007 bisa dibilang adalah bangkitnya genre horor found footage di industri film, berkat kemunculan film horor Paranormal Activity dan film zombie Rec.

Rec menceritakan kisah sepasang reporter televisi di Spanyol yang sedang bertugas untuk mengikuti anggota pemadam kebakaran untuk sebuah seri dokumenter.

Sayangnya, situasi berubah menjadi mimpi buruk ketika mereka menghadapi wabah zombie di apartemen yang mereka kunjungi, geng!

Kesuksesan film tentang virus ini akhirnya melahirkan seri Rec yang sampai saat ini sudah mencapai 4 film dan mendapat remake Hollywood berjudul Quarantine.

Judul Rec
Tayang 23 November 2007
Durasi 1 jam 18 menit
Produksi Castelao Producciones, Filmax, Instituto de la Cinematograf a y de las Artes Audiovisuales (ICAA)
Sutradara Jaume Balaguer , Paco Plaza
Cast Manuela Velasco, Ferran Terraza, Jorge-Yamam Serrano, dkk
Genre Horror, Mystery, Thriller
Rating 89% (RottenTomatoes.com)
7.4/10 (IMDb.com)

8. Flu (2013)

Kalau kalian mencari film tentang virus corona, kalian bisa nonton film Flu dari Korea Selatan yang memiliki bentuk virus yang sangat mirip.

Terinspirasi dari kasus flu burung yang sempat mewabah di tahun 2005, film Flu menceritakan mewabahnya virus H5N1 di Bundang-Gu, Seongnam.

Virus H5N1 di sini ditunjukkan dapat berubah mematikan dalam 36 jam saja yang membuat daerah tersebut langsung dikarantina oleh pemerintah, geng!

Untungnya, kasus virus corona yang kita hadapi sekarang, penanganannya lebih cepat dan tanggap dari seluruh dunia, tetapi tetap saja bikin Jaka lumayan merinding.

Judul Flu
Tayang 15 Agustus 2013
Durasi 2 jam 2 menit
Produksi iLoveCinema, iFilm Co.
Sutradara Sung-su Kim
Cast Hyuk Jang, Soo Ae, Roxanne Aparicio, dkk
Genre Action, Drama, Sci-Fi
Rating 36% (RottenTomatoes.com)
6.7/10 (IMDb.com)

9. The Crazies (2010)

Di tengah sebuah wabah virus, wajar kalau kita mengharapkan bantuan pemerintah. Tapi, bagaimana kalau sumber wabah virus tersebut berasal dari pemerintah, geng?

Ide ini yang diangkat di film tentang virus buatan The Crazies yang merupakan remake dari film karya empunya genre zombie, mendiang George A. Romero.

Film ini bercerita tentang penduduk kota kecil Ogden Marsh yang tiba-tiba diserang virus yang membuat penderitanya berubah menjadi gila.

Setelah diusut, ternyata virus tersebut berasal dari bangkai pesawat militer yang membawa virus buatan Trixie yang mengontaminasi sumber air kota tersebut, geng!

Judul The Crazies
Tayang 26 Februari 2010
Durasi 1 jam 41 menit
Produksi Overture Films, Participant, Imagenation Abu Dhabi FZ
Sutradara Breck Eisner
Cast Radha Mitchell, Timothy Olyphant, Danielle Panabaker, dkk
Genre Horror, Thriller
Rating 71% (RottenTomatoes.com)
6.5/10 (IMDb.com)

10. Carriers (2009)

Tanpa penanganan yang baik, virus dapat melenyapkan peradaban manusia dengan cepat dan apa yang terjadi setelahnya bisa dilihat di film tentang virus Carriers.

Di sini, kita mengikuti jejak 4 orang yang berniat melarikan diri ke sebuah motel kecil di pinggir laut setelah manusia hampir dilenyapkan oleh sebuah wabah virus.

Tapi, perjalanan mereka nggak mudah karena mereka harus berhadapan dengan survivor lainnya serta ketegangan di antara mereka berempat, geng.

Carriers berhasil menunjukkan kalau di tengah wabah virus, mungkin orang lain bisa lebih menakutkan dibandingkan virus mematikan itu sendiri.

Judul Carriers
Tayang 2 September 2009
Durasi 1 jam 24 menit
Produksi Paramount Vantage, Likely Story, This Is That Productions
Sutradara David Pastor, lex Pastor
Cast Chris Pine, Piper Perabo, Lou Taylor Pucci, dkk
Genre Adventure, Drama, Thriller
Rating 66% (RottenTomatoes.com)
6.0/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 10 film tentang virus mematikan yang paling bikin paranoid. Nggak kebayang kalau kejadian di film di atas terjadi di kehidupan nyata.

Makanya, rajin-rajin pakai masker dan cuci tangan di aktivitas sehari-hari kalian karena hal kecil seperti ini sangat berpengaruh, geng!

Bagaimana pendapat kalian tentang kasus penyebaran virus di atas? Apakah berhasil bikin kalian merinding? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek Penyebaran Virus Corona Dan Kondisi Terkini Indonesia 1761a

Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)

Film Horor Tanpa Sosok Hantu Banner 7c38e

7 Film Horor Tanpa Sosok Hantu, Lebih Bikin Tegang!

Banner 90655

Takuuuut, 7 Film Horor Hollywood ini Terinspirasi dari Kisah Nyata!

Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata 13f49

7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata | Bikin Merinding!

Banner Df142

7 Film Horor Indonesia yang Sukses di Ajang Internasional, Bikin Bangga!

7 Film Horor Terbaik Tanpa Adegan Jumpscare Nggak Kalah Menakutkan 407fb

7 Film Horor Terbaik Tanpa Adegan Jumpscare, Malah Lebih Seram!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal