J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

Jumat, 31 Jan 2020, 11:00 WIB
Nominasi banyak belum tentu bisa menang, geng! Di sini Jaka mamu membahas 7 film dengan nominasi Oscar terbanyak tanpa kemenangan.

Sebagai ajang paling bergengsi di dunia film, banyak yang menyatakan kalau berhasil mendapat nominasi Piala Oscar saja sudah merupakan kemenangan tersendiri.

Dengan banyaknya film berkualitas yang keluar di dalam kurun waktu 1 tahun, memang bisa lolos nominasi saja pasti sudah berat banget, geng.

Meskipun begitu, tetap saja banyak film yang merasa gondok setelah berhasil mendapat nominasi banyak tapi harus pulang dengan tangan kosong.

7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan

Ajang penghargaan beda jauh sama Liga Inggris, geng! Di ajang seperti Piala Oscar, harus selalu ada 1 pemenang dan nggak pernah ada yang namanya seri.

Namanya kompetisi, untuk setiap pemenang, selalu ada setidaknya 4 pecundang di belakang yang cuma bisa senyum-senyum miris.

Banyak banget loh aktor dan aktris di sejarah film yang meskipun sudah banyak mendapat nominasi tapi nggak pernah bisa membawa pulang piala tersebut.

Tapi mereka masih kalah menyedihkan dengan daftar 7 film dengan nominasi Oscar terbanyak tanpa kemenangan yang akan Jaka bahas berikut!

1. The Turning Point - 1977 (11 Nominasi)

The Turning Point 40d52

Dirilis di tahun 1977, film The Turning Point menceritakan konflik antara seorang mantan balerina dengan rivalnya yang menggantikan posisinya.

Dibintangi oleh 2 aktris Hollywood terbaik di masanya, Shirley Maclaine dan mendiang Anne Bancroft, film ini banyak menerima pujian dalam kategori akting.

Hal ini juga terlihat di ajang Piala Oscar 1978 di mana film ini diguyur dengan 11 nominasi, terbanyak di tahun itu, geng!

Sayangnya, film ini harus pulang dengan tangan kosong karena kalah saing dengan film Star Wars: A New Hope yang mengawali seri film Star Wars.

2. The Color Purple - 1985 (11 Nominasi)

The Color Purple 5481b

Di tahun 1985, sutradara ternama Steven Spielberg keluar dari zona nyamannya untuk membuat film adaptasi novel, The Color Purple.

Mengangkat tema isu ras Afrika-Amerika di awal abad 20 yang sensitif, film ini berbeda jauh dengan film fiksi ilmiah yang biasa ditangani Spielberg.

Film ini terbukti sukses dan di ajang Piala Oscar 1986, film ini berhasil mendapat 11 nominasi bersama dengan film Out of Africa.

Sayangnya, berbeda dengan Out of Africa yang membawa pulang 6 penghargaan, film ini harus pulang dengan tangan kosong, geng!

3. Gangs of New York - 2002 (10 Nominasi)

Gangs Of New York Ce024

Sutradara ternama Martin Scorsese memiliki sejarah kolaborasi panjang dengan aktor Leonardo DiCaprio yang dimulai di film Gangs of New York.

Dirilis di tahun 2002, film ini terinspirasi dari kisah nyata yang menceritakan perang antar geng di kota New York di pertengahan abad 19.

Meskipun banyak yang menganggap film ini tidak sebanding dengan film Scorsese sebelumnya, film ini tetap mendapat 10 nominasi di ajang Piala Oscar 2003.

Sayangnya, Scorsese harus pulang dengan tangan kosong setelah film drama musikal Chicago mendominasi Oscar di tahun itu, geng!

4. True Grit - 2010 (10 Nominasi)

True Grit A6764

Di industri film, pasangan Coen Bersaudara merupakan pasangan yang unik karena mereka selalu berkolaborasi dalam membuat film, termasuk True Grit.

Dirilias di tahun 2010, True Grit adalah film koboi yang menceritakan usaha seorang gadis untuk membalaskan kematian ayahnya bersama seorang petugas U.S. Marshal.

Film ini merupakan film Coen Bersaudara paling sukses secara finansial dan diguyur dengan 10 nominasi di ajang Piala Oscar 2011.

Sayangnya, banyak kritik yang menganggap film ini tidak memiliki elemen dark comedy khas Coen Bersaudara dan film ini gagal memenangkan penghargaan apapun, geng.

5. American Hustle - 2013 (10 Nominasi)

American Hustle 9b5c6

Setelah hanya memenangkan 1 penghargaan dari 8 nominasi dengan film Silver Linings Playbook, sutradara David O. Russell berniat balas dendam dengan film American Hustle.

Dirilis di tahun 2013, film ini bercerita tentang sepasang tukang tipu yang dipaksa oleh seorang agen FBI untuk membantu dia menangkap politisi korup.

Russell berhasil mencetak sejarah setelah film ini mendapat nominasi di keempat kategori akting dan total 10 nominasi di ajang Piala Oscar 2014.

Sayangnya, mungkin anggota Oscar sudah bosan dengan Russell akibat Silver Linings Playbook di tahun sebelumnya dan film ini gagal memenangkan penghargaan apapun, geng!

6. The Remains of the Day - 1993 (8 Nominasi)

Remains Of The Day 3861c

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Kazuo Ishiguro, film ini adalah salah satu film favorit Jaka yang membuat Jaka jatuh cinta dengan penulis tersebut, geng!

Dirilis di tahun 1993, film ini menceritakan kisah hidup seorang kepala pelayan Inggris di masa Perang Dunia 2 sampai tahun 1950-an.

Diproduksi oleh studio Merchant-Ivory, film ini membawa banyak elemen khas mereka seperti alur yang berjalan lambat dan penampilan memukau yang tidak mencolok.

Di ajang Piala Oscar 1994, film ini mendapat total 8 nominasi tapi digilis oleh film Schindler's List yang merajai Oscar di tahun itu, geng.

7. The Elephant Man - 1980 (8 Nominasi)

The Elephant Man F1658

Sineas David Lynch terkenal atas karyanya yang mengusung elemen surreal yang membuat The Elephant Man unik karena memiliki cerita yang relatif 'lurus'.

Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan kisah hidup John Merrick yang dijuluki Elephant Man karena kelainan fisik yang dimiliki olehnya.

Di ajang Piala Oscar 1981, film ini berhasil mendapat 8 nominasi tapi gagal memenangkan penghargaan apapun, termasuk kualitas make-up yang ada di film.

Setelah organisasi Oscar mendapat banyak kritik pedas atas keputusan, akhirnya ditambahkan kategori Make-up Terbaik di ajang Oscar tahun berikutnya, geng!

Akhir Kata

Itulah daftar 7 film dengan nominasi Oscar terbanyak tanpa kemenangan. Mungkin perasaannya sama dengan orang yang sering kondangan tapi nggak nikah-nikah, geng.

Mengingat banyak film biasa saja yang bahkan bisa memenangkan penghargaan Film Terbaik, pembuat film di atas pasti banyak yang uringan sendiri.

Apakah kalian pernah menonton film di atas? Menurut kalian apakah film tersebut termasuk layak menang? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 4d16c

5 Alasan Kenapa Film Joker Gak Pantas Dapat 11 Nominasi Oscar, Membosankan?

Banner A52b9

7 Aktor yang Memerankan Karakter dengan Gender Berbeda, Dapat Nominasi Oscar!

Film Dengan Piala Oscar Terbanyak A0db7

7 Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak, Wajib Kamu Tonton!

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Bukti Kalau Penghargaan Bukanlah Segalanya 1f6d1

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

Kelewat Hoki 7 Aktor Yang Berhasil Memenangkan Piala Oscar Di Film Debutnya 6158f

Kelewat Hoki! 7 Aktor yang Berhasil Memenangkan Piala Oscar di Film Debutnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

7 Film Terbaik Tanpa Nominasi Oscar Sama Sekali, No. 5 Kamu Gak Bakal Nyangka!

7 Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak, Wajib Kamu Tonton!

7 Film dengan Penghargaan Oscar Terbanyak, Wajib Kamu Tonton!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal