J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film yang Berhasil Memprediksi Teknologi Masa Depan, Kebetulan Semata?

5 Film yang Berhasil Memprediksi Teknologi Masa Depan, Kebetulan Semata?

Selasa, 8 Okt 2019, 20:00 WIB
Bukan cuma Zodiak yang bisa meramal, film juga bisa, geng! Disini Jaka kasih 5 film yang berhasil memprediksi teknologi yang kita pakai sekarang.

Geng, di bulan Agustus kemarin kalian baca nggak sih berita tentang Franky Zapata? Seorang penemu dari Perancis yang berhasil menyeberangi English Channel dengan hoverboard temuannya?

Perjalanan sejauh 35km itu berhasil ditempuh selama 22 menit dengan satu pemberhentian di tengah untuk mengisi bahan bakar pada mesin jet hoverboard miliknya.

Buat kalian yang dulu di masa kecil pernah nonton trilogi film Back to the Future, terutama di Back to the Future Part II, tentunya konsep hoverboard ini bukan suatu hal yang baru.

Banyak banget loh, geng, film klasik yang mengusung konsep-konsep futuristik yang akhirnya menjadi kenyataan.

Biasanya fenomena ini dapat dilihat di film-film dalam genre science fiction atau sci-fi tapi ada juga beberapa film di luar genre tersebut yang ramalannya terbukti benar loh, geng!

Film yang Meramal Teknologi Masa Depan

Nah, geng, kalau kalian penasaran bagaimana masa depan kalian, jangan baca ramalan zodiak, geng! Kalian cukup nonton film yang bertempat di masa depan!

Film itu tidak berperan sebatas sebagai sumber hiburan saja, lho! Kalau kamu perhatikan dengan seksama, banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari situ.

Sebenarnya, kurang tepat kalau film-film yang Jaka sebut di sini sebagai film yang meramal teknologi masa depan.

Karena film-film tersebut juga pasti bertindak sebagai sumber inspirasi secara langsung maupun tidak langsung.

Buat kalian-kalian yang sudah penasaran, kalian bisa langsung baca aja, geng! Berikut adalah beberapa film yang meramal teknologi masa depan.

1. Back to the Future Part II (1989) - Hoverboard

Hoverboard 94d34

Sebagai film yang menggunakan tema time travel sebagai konsep utama, Back to the Future Part II banyak mengandung prediksi masa depan berdasarkan pemikiran orang di masa itu.

Dirilis di tahun 1989, film ini berlatar di tahun 1985 dan karakter di film ini melompat 30 tahun ke masa depan, tepatnya di tahun 2015.

Tahun 2015 yang digambarkan di film ini berbeda jauh dengan kenyataan tapi ada beberapa ramalan film ini yang bisa kita lihat di kehidupan kita sekarang. Salah satunya adalah hoverboard.

Sayangnya, hoverboard yang digambarkan di film ini berbeda dengan hoverboard yang Jaka sebut di bagian awal.

Di film ini, hoverboard yang diperoleh oleh karakter utama di film, Marty McFly (Michael J. Fox), memiliki bentuk dan metode operasi yang sangat mirip dengan skateboard biasa.

Perbedaannya adalah hoverboard di film tidak menggunakan roda dan mengambang di atas permukaan tanah. Kelemahannya adalah hoverboard tidak bisa digunakan di atas air tanpa adanya bantuan.

2. Star Trek: The Motion Picture (1979) - Handphone

Star Trek 76276

Dedengkot genre science fiction ini sudah ada sejak tahun 1966 dalam bentuk serial televisi namun baru diangkat menjadi sebuah film di tahun 1979.

Kalau Jaka boleh jujur, banyak sekali teknologi yang berhasil diprediksi oleh franchise besutan Gene Roddenberry ini tapi mungkin yang paling terasa efeknya dalam hidup kita adalah handphone.

Seperti yang Jaka bilang di awal, kurang tepat kalau Star Trek disebut sebagai meramal teknologi karena memang perkembangan handphone dipengaruhi langsung oleh Star Trek.

Insinyur Motorola yang pertama kali merancang konsep telepon genggam, Martin Cooper, mendapat inspirasi langsung dari Communicator yang digunakan oleh Kapten Kirk (William Shatner) di Star Trek.

Nah, jadi kalau di masa depan kalian terselamatkan oleh handphone yang kalian pegang, kalian mungkin bisa berterima kasih kepada Gene Roddenberry dan tim pembuat Star Trek.

3. 2001: A Space Odyssey - Artificial Intelligence (AI)

HAL 9000 E511c

Buat pecinta film, tentunya sudah kenal dengan film ini, sebuah masterpiece dari Stanley Kubrick yang dianggap sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa.

Diangkat dari The Sentinel, cerita pendek karangan Arthur C. Clarke, 2001 merupakan sebuah film yang menceritakan sebuah misi manusia ke planet Jupiter.

Mayoritas film ini bercerita tentang konflik antara David Bowman (Keir Dullea) dan HAL 9000 (Douglas Rain), sebuah artificial intelligence (AI) yang bertugas sebagai asisten.

Ada beberapa prediksi teknologi yang ditunjukkan di film ini tapi yang paling menonjol adalah HAL 9000 itu sendiri, sebuah AI mirip Siri yang memiliki kapabilitas sangat tinggi.

Saat ini kita masih menganggap AI sebagai hal yang baik tapi film ini menunjukkan apa yang bisa terjadi jika sebuah AI mengalami sebuah konflik dalam pemrograman.

4. Total Recall (1990) - Self-driving cars

Johnny Cab 35d83

Kalau ngomongin Total Recall pasti nggak bisa lepas sama momen dimana Douglas Quaid (Arnold Schwarzenegger), karakter utama di film ini, bertemu dengan seorang wanita yang, ahem, memiliki tiga buah dada.

Nggak usah malu-malu, geng, Jaka juga sadar kok buat pecinta film yang pernah nonton film ini, baik yang versi original atau remake-nya di 2012, momen itu emang sulit dilupakan.

Padalah, selain karakter wanita tersebut, masih banyak loh hal menarik di versi original film ini dan salah satunya adalah keberadaan self-driving car.

Di film ini, yang berlatar di tahun 2084, banyak ditemukan Johnny Cab, sebuah taksi yang memiliki robot sebagai supir taksi.

Memang agak sedikit berbeda dengan konsep mobil tanpa pengemudi yang sudah kalian bisa lihat di Singapore tapi aplikasinya benar-benar mirip.

5. The Truman Show (1998) - Streamer dan Reality Show

Truman Show C1eed

Sebenernya The Truman Show tidak memprediksi teknologi, lebih ke pop culture saat ini, tapi Jaka merasa ini terlalu menarik untuk dilewatkan.

Buat kalian-kalian yang sering nonton tingkah laku streamer favorit kalian atau acara realitas seperti Terrace House di Netflix, semuanya itu sudah diprediksi di The Truman Show.

Film yang dirilis di tahun 1998 ini bercerita tentang Truman Burbank (Jim Carrey), seorang pekerja kantoran biasa yang keseluruhan hidupnya disiarkan 24/7 ke seluruh dunia.

Di The Truman Show, karakter utama film ini hidup di dalam set film yang sangat besar di mana semua orang yang ada di dalam kehidupannya, termasuk istrinya, adalah aktor.

Ide yang diangkat di film ini sebegitu uniknya sampai naskah film ini mendapat nominasi untuk Naskah Original Terbaik di Piala Oscar tahun 1999.

Akhir Kata

Nah, itulah, geng, 5 contoh film yang berhasil memprediksi teknologi masa depan.

Sampai sekarang, sih, belum ada yang bisa membuat kapal Enterprise seperti yang ada di Star Trek.

Makanya, itu tugas kalian, geng, untuk mewujudkan hal-hal yang sampai saat ini cuma ada di film.

Buat kalian yang mungkin sekarang sedang cari ide buat bikin start-up, mungkin bisa, geng, cari inspirasi di film-film sci-fi yang ada di pasaran sekarang.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

Editan Photshop Poster Film Hollywood A5962

10 Editan Photoshop Seseorang yang Masuk ke Dalam Poster Film Hollywood

Film Balapan Terbaik Banner D4aa2

10 Film Balapan Terbaik Penuh Aksi | Gak Cuma Fast and Furious!

10 Studio Set Banner

10 Film dengan Set Tempat Paling Mengagumkan yang Pernah Ada

Film Gangster Terbaik Banner 1338f

12 Film Gangster Terbaik dan Terbaru 2020, Penuh Aksi Baku Tembak!

Film Iran Terbaik Banner2 5f66b

15 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal