J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Ending Film yang Masih Jadi Perdebatan Hingga Sekarang, Bikin Kesel!

7 Ending Film yang Masih Jadi Perdebatan Hingga Sekarang, Bikin Kesel!

Selasa, 31 Mar 2020, 18:00 WIB
Jika biasanya ending film membuat penonton sedih atau senang, tapi lain halnya dengan film-film berikut ini yang ending ceritanya justru memicu perdebatan.

Nggak bisa terbantahkan lagi kalau ending cerita memang menjadi salah satu elemen penting dari sebuah karya film.

Bukan tanpa alasan, karena dari situlah penonton bisa tahu puncak penyelesaian dari berbagai permasalahan yang disajikan di dalamnya.

Bahkan, saking penting dan krusialnya, ending cerita nggak jarang dapat memengaruhi opini dan penilaian seseorang mengenai film tersebut lho, geng.

Oleh karenanya, nggak heran kalau saat ini ada sejumlah ending film yang masih menjadi perdebatan di kalangan para penggemar. Mau tahu apa saja?

Ending Film yang Masih Jadi Perdebatan

Bagus atau tidaknya sebuah film tentu bukan hanya ditentukan dari keterlibatan para aktor atau setting tempat saja, tapi juga ending cerita yang memorable.

Sayangnya, nggak semua judul film berhasil mengemas ending cerita dengan baik atau bahkan terlalu baik hingga akhirnya menimbulkan perdebatan di antara para penontonnya seperti yang akan Jaka bahas berikut ini.

1. The Prestige (2006)

The Prestige F8393

Dibintangi oleh Christian Bale, Hugh Jackman, dan Scarlett Johansson, akhir cerita film The Prestige yang dirilis pada tahun 2006 lalu rupanya masih jadi perdebatan para penggemar.

Pasalnya, film ini memiiliki ending cerita yang sangat menggantung dan bahkan nggak jelas.

Dimana diceritakan bahwa mesin teleportasi yang dibuat oleh Nikola Tesla justru bekerja sebagai mesin replikasi.

Ditambah lagi sebuah adegan ketika Borden menyadari bahwa beberapa kotak kaca yang dia lihat di sebuah ruangan mirip seperti yang digunakan oleh Angier di malam kematiannya.

Hal itu tentu membuat penonton kebingungan sehingga konsistensi alur cerita yang disajikan oleh film ini pun masih jadi perdebatan.

2. The Blair Witch Project (1999)

The Blair Witch Project 1999 8649e

Mengadopsi konsep found-footage yang sempat populer di kala itu, film horor The Blair Witch Project juga rupanya memiliki ending cerita yang masih jadi perdebatan nih, geng.

Di bagian menuju akhir cerita, diceritakan bahwa Mike dan Heather masuk ke dalam sebuah rumah tak berpenghuni untuk mencari Josh hingga akhirnya mereka terpisah.

Namun, pada adegan akhir film yang diambil dari kamera Heather justru terlihat jika Mike sedang berdiri di sudut ruangan.

Hal ini kemudian menimbulkan perdebatan serta teori penggemar tentang apa yang sebenarnya terjadi dan apakah penyihir memang benar-benar ada.

Nggak sedikit juga dari mereka yang berteori bahwa Josh dan Mike bekerjasama untuk membunuh Heather.

3. Man of Steel (2013)

Man Of Steel 2013 B0e74

Masih ingat dengan adegan akhir film superhero, Man of Steel? Ketika Henry Cavill dihadapkan dengan dua pilihan berat dan akhirnya dia memutuskan untuk memilih membunuh Jendral Zod?

Rupanya keputusan Superman untuk melakukan hal itu memicu perdebatan tersendiri di kalangan para penonton lho, geng.

Pasalnya, meskipun Jendral Zod adalah musuh baginya namun membunuh seseorang sangatlah bertentangan dengan identitasnya sebagai superhero.

Alhasil, nggak sedikit penonton yang berkomentar bahwa Superman nggak seharusnya ditempatkan di posisi sulit itu.

4. Inception (2010)

Inception 2010 C8183

Selain The Prestige, Inception juga jadi salah satu film karya sutradara Christopher Nolan dengan ending cerita yang masih jadi perdebatan banyak orang, geng.

Hal itu dipicu ketika di akhir film ditampilkan adegan Cobb (Leonardo DiCaprio) yang terlihat sedang berada di rumah dan menggendong anaknya, sementara di meja terdapat gasing yang sedang berputar.

Adegan tersebut pun kemudian menjadi bahan perdebatan mengenai apakah Cobb masih berada di alam mimpi atau dunia nyata ketika film ini berakhir.

Pasalnya, di banyak adegan sebelumnya diceritakan bahwa ketika gasing itu berputar berarti Cobb sedang berada di alam mimpi, tapi ketika nggak berputar maka Cobb berada di dunia nyata. Jadi, mimpi atau nyata?

5. Blade Runner (1982)

Blade Runner 1982 2698a

Salah satu film fiksi ilmiah berjudul Blade Runner juga rupanya masuk dalam daftar film dengan ending cerita yang masih jadi perdebatan kali ini, geng.

Film rilisan tahun 1982 ini telah sukses membuat para penontonnya berdebat mengenai identitas asli dari sosok Rick Deckard yang diperankan oleh Harrison Ford.

Banyak dari mereka yang bertanya-tanya apakah Deckard merupakan benar-benar manusia atau hanya manusia tiruan. Kalau menurut kamu apa, geng?

6. La La Land (2016)

La La Land 2016 Bb7bc

Berikutnya ada film drama musikal berjudul La La Land yang sempat populer pada saat perilisannya di tahun 2016 lalu, geng.

Mengisahkan tentang proses menggapai mimpi dan perjalanan cinta dari Mia (Emma Stone) dan Sebastian (Ryan Gosling), film ini sukses meraup jumlah penonton yang terbilang fantastis.

Namun, perdebatan pun dimulai ketika pada akhir film diceritakan bahwa cinta keduanya justru kandas dan tak berakhir bahagia.

Meskipun begitu, di lain sisi Mia dan Sebastian justru telah berhasil menggapai cita-cita mereka di bidang musik. Jadi, apakah film ini berakhir happy ending atau justru sebaliknya?

7. Lost in Translation (2003)

Lost In Translation 2003 9142a

Terakhir ada film drama romantis berjudul Lost in Translation garapan sutradara Sofia Coppola yang dirlis pada tahun 2003.

Dibintangi oleh Scarlett Johansson dan Bill Murray, film ini menawarkan cerita romantis dua insan manusia yang saling jatuh cinta meskipun keduanya memiliki umur yang terpaut sangat jauh.

Namun, akhir cerita film yang sangat menggantung tanpa kejelasan mengenai apa yang dibisikkan Bob kepada Charlotte membuat ending cerita film ini jadi bahan perdebatan para penonton.

Banyak yang menduga kalau Bob membisikkan Charlotte untuk mengucapkan salam perpisahan dan meminta Charlotte untuk mencari penggantinya.

Tapi, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa Bob sedang membisikkan rencana indah mereka di masa depan setelah dia kembali.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa ending film Hollywood yang masih jadi perdebatan hingga saat ini, geng,

Meskipun begitu, tapi beberapa ending dari film di atas justru berhasil menarik minat dan perhatian para penggemar untuk menonton sekuel filmnya lho.

Kalau menurut kamu gimana?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
7 Film Dengan Antihero Terbaik Pahlawan Dengan Moralitas Kompleks B7798

7 Film dengan Antihero Terbaik, Pahlawan dengan Moralitas Kompleks!

Film Detektif Terbaik 09bf2

10 Film Detektif Terbaik 2020, Penuh Misteri & Teka-Teki Rahasia

Film Donnie Yen 4b8e3

10 Film Donnie Yen Terbaik, Penuh Dengan Aksi Memukau!

Saw

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

Film Judul Berbeda Di Berbagai Negara 6547a

10 Film Ini Punya Judul Berbeda di Berbagai Negara, Kenapa Ya?

Film Iran Terbaik Banner2 5f66b

15 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Hollywood dengan Ending Paling Menyedihkan, Siapin Tisu!

7 Film Hollywood dengan Ending Paling Menyedihkan, Siapin Tisu!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal