J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

Rabu, 26 Feb 2020, 12:00 WIB
Meskipun streaming film legal sudah gampang, pembajakan film masih marak, geng! Berikut adalah 7 kasus pembocoran terbesar di sejarah film.

Geng, kalian kesal banget nggak kalau tiba-tiba kalian dibombardir dengan spoiler dari film yang sudah kalian tunggu-tunggu tapi belum sempat nonton?

Sebenarnya, Jaka pribadi nggak menganggap ini sebagai masalah tapi Jaka mengerti kalau kalian kesal dengan hal seperti ini dan Hollywood juga setuju dengan kalian, kok!

Makanya, Hollywood sudah berkali-kali dibuat kesal karena sudah banyak film mereka yang dibocorkan di internet beberapa waktu sebelum film tersebut dirilis, geng!

7 Kasus Pembocoran Terbesar di Sejarah Film

Sejak industri film mulai menggunakan media digital untuk menyimpan karya mereka, kejadian film bocor itu sekarang sudah menjadi jauh lebih sering.

Jaman dulu, film bajakan yang keluar ketika filmnya baru rilis pasti kualitasnya amburadul tapi sekarang situasinya sudah jauh berubah, geng.

Banyak versi bajakan dari film baru yang kualitasnya sudah sempurna karena memang diambil langsung dari film aslinya yang bocor.

Nah, di sini Jaka akan membahas beberapa dari film tersebut melalui daftar 7 kasus pembocoran terbesar di sejarah film!

1. Fury (2014)

Fury A6771

Bagi kalian yang masih ingat, 2014 menjadi saksi salah satu kebocoran film terbesar di sejarah ketika grup hacker dari Korea Utara melancarkan serangan terhadap Sony Pictures.

Atas kekesalan mereka terhadap film The Interview yang dianggap menghina Kim Jong-Un, grup Guardians of Peace mencuri beberapa data rahasia dari Sony Pictures.

Salah satunya adalah film perang Fury yang muncul di beragam situs peer-to-peer dan akhirnya didownload sebanyak 1,2 juta kali dalam 3 hari, geng!

Untungnya, dikarenakan kebocoran tersebut terjadi 1 bulan setelah film tersebut dirilis, hal ini nggak memiliki dampak negatif pada pendapatan film ini di bioskop.

2. Star Wars: Episode III - The Revenge of the Sith (2005)

Revenge Of The Sith 73493

Semua yang sudah pernah menonton Original Trilogy dari seri film Star Wars tentunya sudah tahu bagaimana film The Revenge of the Sith akan berakhir.

Meskipun begitu, sebagai penutup dari Prequel Trilogy Star Wars, film ini tetap menjadi film yang paling dinanti-nantikan di tahun 2005.

Makanya, Hollywood langsung gegar otak ketika film ini bocor hanya beberapa waktu sebelum film ini mulai ditayangkan di bioskop, geng!

Marc Hoaglin, seorang karyawan distributor film MGM akhirnya divonis masuk penjara selama 3 tahun akibat perannya di kebocoran ini.

3. Zombieland (2009)

Zombieland 3f8c1

Apakah kalian kesal harus menunggu 10 tahun untuk sekuel Zombieland: Double Tap? Kalian bisa menyalahkan kejadian kebocoran film pendahulunya, geng.

Beberapa waktu sebelum film ini dirilis di bioskop, versi bajakan dari film ini muncul di beragam situs Torrent dan sampai diunduh lebih dari sejuta kali.

Selama beberapa saat, Zombieland menjadi film yang paling banyak diunduh di layanan BitTorrent dan membuat penulis naskah Rhett Reese sampai depresi.

Meskipun Zombieland berhasil mencetak rekor sebagai film zombie paling sukses pada saat itu, kejadian ini berhasil membuat sekuelnya menjadi sangat tertunda.

4. Super 8 (2011)

Super 8 D2ffa

Aktor Mark Hamill sempat dibuat kesal atas tindakan J.J. Abrams yang dianggap berlebihan untuk melindungi kerahasiaan film Star Wars: Episode IX - The Rise of Skywalker.

Tapi, Abrams punya alasan baik untuk sifat ekstrimnya melihat apa yang terjadi pada film science fiction yang disutradarai dan ditulis olehnya, Super 8.

1 bulan sebelum film tersebut dirilis di bioskop, Super 8 bocor di internet dan versi bajakan tersebut akhirnya berhasil dilacak ke pembawa acara radio Howard Stern.

Untungnya, kasus kebocoran ini tidak terlalu berdampak negatif pada pendapatan film Super 8 tapi wajar kalau Abrams menjadi trauma akibar kejadian ini, geng!

5. The Revenant (2015)

The Revenant B5862

Jauh sebelum film The Revenant dirilis, film ini sudah banyak dibicarakan karena diyakini dapat membuahkan aktor Leonardo DiCaprio dengan Piala Oscar pertamanya.

Naas, tragedi menyerang film ini ketika beberapa hari sebelum film ini dijadwalkan dirilis di hari Natal, The Revenant bocor di internet, geng!

Gilanya, film tersebut bergabung dengan film prestigius lainnya seperti Steve Jobs, Spotlight, dan The Danish Girl yang ikut bocor.

Tapi, sutradara Alejandro Inarritu mengabaikan kebocoran ini dan DiCaprio berhasil menjadi Aktor Terbaik berkat komitmen gilanya di The Revenant, geng.

6. X-Men Origins: Wolverine (2009)

X Men Origins Wolverine 5b3ee

Memang kualitas dari film X-Men Origins: Wolverine sangat jauh di bawah dua film solo The Wolverine dan Logan dari sutradara James Mangold.

Tapi, sebagai debut solo dari superhero Wolverine yang sudah banyak digemari, film ini sudah sangat dinantikan oleh pecinta komik di seluruh dunia, geng!

Makanya, Hollywood langsung geram ketika versi setengah jadi dari film ini bocor di internet yang masih penuh dengan special effect yang masih belum selesai.

Pembajak Gilberto Sanchez dipenjara selama 1 tahun dan Fox menuntut kritikus Roger Friedman setelah dia mengulas film ini berdasarkan versi amburadul tersebut, geng.

7. Deadpool (2016)

Deadpool 5720d

Terkadang, nggak semua musibah kebocoran itu merupakan hal yang buruk, seperti yang terjadi pada film anti-hero edan Deadpool di tahun 2016.

Memang sekarang agak sulit dipercaya tapi banyak fans yang pesimis dengan penampilan Ryan Reynolds di debut solonya sebagai Deadpool, geng!

Selain itu, studio Fox juga nggak yakin kalau film superhero yang memiliki rating dewasa seperti Deadpool akan sukses di pasaran.

Tapi, semua prasangka tersebut dipatahkan ketika rekaman film ini bocor di acara San Diego Comic-Con di tahun 2014 dan mendapat respons positif dari fans.

Fox langsung menyelesaikan produksi film ini dan kesuksesan Deadpool akhirnya membuka jalan bagi film superhero dewasa lainnya seperti Joker, geng!

Akhir Kata

Itulah daftar 7 kasus pembocoran terbesar di sejarah film. Seperti kasus informasi HP yang bocor sebelum rilis, dunia film nggak beda jauh dengan dunia teknologi, geng!

Tapi, sebagai rakyat yang beradab, untungnya mayoritas dari pecinta film itu sudah sadar diri sehingga semua film di atas tetap berhasil meraup keuntungan.

Bagaimana pendapat kalian tentang kebocoran di atas? Apakah kalian akan tetap setia menonton film di bioskop meskipun filmnya bocor? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jadi 5d8c9

7 Film yang Dibenci Banyak Orang Padahal Belum Dirilis, Netizen Galak!

Banner Jadi Ca816

7 Film Berkualitas yang Gagal Total Saat Dirilis, Gak Balik Modal?

7 Film Yang Diprediksi Bakal Gagal Total Di Tahun 2020 Padahal Belum Rilis B94ef

7 Film yang Diprediksi Bakal Gagal Total di 2020, Padahal Belum Tayang!

Banner A2047

7 Franchise Film yang Seharusnya Diberhentikan, No. 2 Kamu Pasti Setuju!

7 Film Yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton Rating Gak Penting 60cd0

7 Film yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton, Rating Gak Penting?

Cara Cek Jadwal Bioskop B0abf

Cara Mudah Cek Jadwal Bioskop Terbaru Paling Update 2020!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal