J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia yang Layak Diadaptasi Jadi Game, Gokil Abis!

7 Film Indonesia yang Layak Diadaptasi Jadi Game, Gokil Abis!

Senin, 18 Mei 2020, 15:00 WIB
Ternyata film-film di Indonesia punya potensi besar untuk dikembangkan jadi video game. Nggak percaya? Berikut daftarnya!

Saat ini, udah makin banyak developer game lokal yang mampu membuat game-game terbaik. Produk mereka pun nggak kalah dengan game Barat loh, seperti contoh sederet game PS4 buatan Indonesia ini.

Nah, dalam membuat game tentu diperlukan konsep dan ide yang matang. Apa jadinya jika konsep dan ide tersebut berasal dari film-film asli Indonesia pula? Pastinya bakal seru dan keren abis, geng!

Buat para developer game yang setia membaca Jalantikus, Jaka bakal bagikan 7 film Indonesia yang layak diadaptasi menjadi video game. Dijamin kece dan gokil!

Film Indonesia yang Layak Diadaptasi Jadi Video Game

Kebanyakan film Indonesia yang layak diadaptasi menjadi video game merupakan film bergenre action terbaik, mengingat film-film tersebut memiliki plot cerita yang jelas layaknya video game kebanyakan. Berikut daftarnya!

1. Danur (2017)

Film Danur 2017 38404

Siapa yang udah nonton film Danur? Dirilis pada tahun 2017, film ini diadaptasi dari kisah nyata Risa Saraswati, penulis buku dan Youtuber yang punya kemampuan indigo.

Dikisahkan, Risa berteman dengan berbagai macam makhluk tak kasat mata, seperti anak-anak korban pembantaian zaman Jepang. Dari sana, ia mendapatkan banyak informasi berharga sekaligus menyeramkan.

Memiliki konflik dan plot cerita yang seru serta menegangkan, nampaknya akan sangat cocok jika film ini dikembangkan untuk menyerupai game horor berformat survival. Contohlah saja Outlast, Slender, atau bahkan seperti Until Dawn.

2. Wiro Sableng (2018)

2 Custom E12b8

Para generasi 90-an pasti familiar dengan tokoh yang satu ini! Dikenal sebagai superhero asli Indonesia karya Bastian Tito, Wiro Sableng digambarkan sebagai sosok pendekar kuat lengkap dengan senjata Kapak Naga Geni 212.

Nama Wiro Sableng makin populer saat remake nya dirilis tahun 2019. Kerennya lagi, yang memerankan adalah anak Bastian Tito sendiri, yakni Vino G. Bastian.

Kalau Jaka boleh usul, film ini sangat bagus jika bisa dikembangkan dalam bentuk game yang berbau petualangan fiksi ataupun magical. Dijamin seru abis!

3. Battle of Surabaya (2015)

3 Custom 7ea8f

Film animasi garapan Indonesia yang tahun ini dirilis pada tahun 2015. Mengisahkan tentang perjuangan arek-arek Suroboyo pada peristiwa 10 November 1945, film ini cukup populer di kalangan anak-anak.

Dari sini, kamu bisa mengetahui cerita di balik Perang Surabaya yang menjadi tonggak terselenggaranya Hari Pahlawan yang diperingati tanggal 10 November tiap tahunnya.

Film ini sendiri sebenarnya lebih berfokus pada karakter Musa, seorang remaja penyemir sepatu sekaligus kurir rahasia para pejuang. Namun, jika hendak dibuat dalam bentuk game, konsepnya bisa dikembangkan seperti game strategy atau bahkan RPG seperti Suikoden.

4. Pintu Terlarang (2009)

4 Custom 95a96

Diadaptasi dari novel karya Sekar Ayu Asmara dengan judul sama, film bergenre horror-thriller ini mengisahkan seorang pematung bernama Gambir yang sedang mengerjakan patung ibu hamil.

Anehnya, selama pengerjaan, ia diteror oleh kejadian-kejadian penuh misteri yang nggak bisa dijelaskan dengan akal sehat, geng.

Jika mau dikembangkan lebih lanjut, film ini bisa menjadi game yang bagus, tergantung hendak dibawa ke arah mana. Bisa ke game sejenis The Vanishing of Ethan Carter yang terkenal penuh teka-teki horor.

5. Gundala (2019)

5 Custom 3a8fe

Film Joko Anwar terbaik yang satu ini wajib kamu tonton. Film ini mengisahkan perjuangan hidup Sancaka yang yatim piatu sejak kecil.

Selain itu, kamu bakal menyaksikan perjuangannya untuk melawan ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya dengan menggunakan kekuatan super yang baru saja ia miliki.

Jika kamu bayangkan, film ini pastinya bakal cocok buat dijadikan game bertemakan superhero. Udah banyak banget contohnya, mulai dari Spider-Man, Ironman, bahkan Batman sekalipun.

6. Merantau (2009)

6 Custom 4c977

Dirilis pada tahun 2009, film ini menjadi salah satu tonggak awal kemunculan film-film action garapan anak bangsa. Diperankan Iko Uwais sebagai Yuda, film ini mengisahkan perjuangan anak daerah di tanah rantau yang sarat akan konflik.

Kamu bakal menyaksikan aksi mengagumkan Iko Uwais dalam menumpas lawannya. Inilah yang membuat nama Iko makin berkibar hingga saat ini.

Nah, kayaknya seru banget jika film ini dikembangkan menjadi video game bertemakan open world. Salah satu yang paling terkenal adalah franchise Grand Theft Auto (GTA). Cocok banget kan, sama-sama kisah orang rantau dan dipenuhi dengan adegan action yang seru?

7. The Raid: Redemption (2011)

7 Custom 1cb67

Film yang satu ini didaulat sebagai salah satu film terbaik di Indonesia. Menggabungkan teknik pencak silat dan gaya bertarung lainnya, lengkap dengan koreografi sangar membuat film ini punya ciri khasnya sendiri.

Saking terkenalnya, film ini berhasil terpilih untuk diputar di beberapa festival film internasional, menjadikannya sebagai salah satu film komersial produksi Indonesia pertama yang menembus tingkat internasional.

Tentu saja jika mau dikembangkan jadi video game, maka konsepnya nanti akan sangat sesuai dengan game action. Apalagi, film ini juga melibatkan tim SWAT yang terkenal banget di Amerika. Potensi jadi game internasional terbuka lebar, geng!

Akhir Kata

Itulah tadi 7 film Indonesia yang layak diadaptasi jadi video game. Gimana menurutmu, geng? Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

Page 3489c

7 Film yang Naskahnya Bocor ke Publik, Nyaris Gak Tayang di Bioskop?

Page Cbfcc

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

Page 63ff4

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Goblinost Custom 97734

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kenapa Film Adaptasi Game Selalu Mengecewakan? Ini Alasannya!

Kenapa Film Adaptasi Game Selalu Mengecewakan? Ini Alasannya!

7 Film Adaptasi Video Game Paling Amburadul, Gak Usah Dibikin Sekalian!

7 Film Adaptasi Video Game Paling Amburadul, Gak Usah Dibikin Sekalian!

7 Game Keren yang Harusnya Diadaptasi Menjadi Film, Dijamin Laku Keras!

7 Game Keren yang Harusnya Diadaptasi Menjadi Film, Dijamin Laku Keras!

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal