J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Baru Tayang Sebentar, 7 Film Indonesia Ini Ditarik dari Peredaran!

Baru Tayang Sebentar, 7 Film Indonesia Ini Ditarik dari Peredaran!

Kamis, 1 Okt 2020, 16:30 WIB
Baru tayang sebentar, film-film Indonesia ini harus ditarik dari peredaran karena berbagai faktor. Apa yang sebenarnya terjadi?

Saat ini, kita boleh berbangga karena Indonesia mulai berhasil melahirkan film-film terbaik dan ikonik. Era kebangkitan sineas Nusantara ini berbanding lurus dengan munculnya deretan sutradara dan aktor yang mumpuni dan sungguh-sungguh andal di bidangnya.

Namun harus disadari, dunia perfilman Indonesia pernah terpuruk lewat film-film yang bermodal budget seadanya serta plot cerita asal-asalan.

Insan perfilman Indonesia pun juga pernah menerima kenyataan pahit bahwa deretan filmnya harus ditarik dari peredaran. Padahal, film-film tersebut sudah tayang di beberapa bioskop terkenal. Kok bisa?

Untuk membahas kisah di balik penarikan film-film tersebut, kali ini Jaka bakal membahas daftar film Indonesia yang ditarik dari peredaran setelah sempat tayang. Selamat membaca!

Film Indonesia yang Ditarik dari Peredaran Setelah Sempat Tayang

Ada banyak faktor yang mendasari penarikan film-film itu, mulai dari alasan politis, didemo massa, hingga dianggap sampah oleh para pembuat film. Berikut daftarnya!

1. Buruan Cium Gue (2004)

1 Custom D7a7e

Film ini muncul di era awal kebangkitan industri perfilman Indonesia setelah sempat loyo pasca Reformasi 1998. Lalu apa yang menyebabkan film ini ditarik dari peredaran?

Sebenarnya film ini berkisah pada kisah percintaan remaja pada umumnya. Namun yang jadi masalah, inti dari seluruh isi film adalah tentang Ardi (Hengky Kurniawan) yang gak mau mencium bibir kekasihnya, Desi (Masayu Anastasia).

Inipun ditambah dengan banyaknya adegan kehidupan remaja yang sarat akan kebebasan ala Barat. Kombinasi inilah yang membuat film Buruan Cium Gue diprotes banyak orang karena mempromosikan perzinahan. Setelah sempat tayang beberapa hari, film ini pun harus ikhlas ditarik dari peredaran.

2. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda (2007)

2 Custom 3b226

Jika kamu gemar menonton film-film lucu Indonesia terbaik, mungkin kamu nggak akan memasukkan film ini ke dalam daftar. Alasannya sih sederhana, karena garing banget.

Film yang dirilis tahun 2007 ini dibintangi oleh sederet aktor terkenal di masanya, seperti Ringgo Agus Rahman, Mulan Kwok, Eddie Karsito, hingga Shanty.

Namun alasan penarikannya dari pasar bukan karena ada kontroversi konten film kok, geng, melainkan karena adanya kesamaan dengan judul film lainnya. Setelah urusan tersebut usai, film ini kembali tayang. Jadi kronologinya abis tayang, ditarik, terus tayang lagi, persis seperti layangan!

3. Heart-Break.com (2009)

3 Custom Ac0de

Film ini sebenarnya bagus dan layak buat ditonton. Hanya saja karena kegengsian plus kelabilan sang sutradaranya, film ini jadi merugi dan malah sepi peminat.

Hal ini terjadi karena film ini kebetulan dirilis bersamaan dengan film-film asing yang terkenal. Merasa bahwa momennya gak pas, sang sutradara memutuskan untuk menarik lagi film tersebut.

Hal ini tentu saja bikin pihak bioskop protes dan marah-marah ke studio film. Selain menganggap gak profesional, para pengelola bioskop beranggapan bahwa sang sutradara terlalu menjaga image dan gak pede bersaing. Nah, loh!

4. Cinta Tapi Beda (2012)

4 Custom Bfbdc

Film ini pastinya related banget buat sebagian orang Indonesia yang kaya akan keberagaman suku, ras, agama, dan bahasa. Bukan orang Indo namanya kalau belum pernah ngrasain dilema cinta beda suku atau agama.

Sama seperti di film ini. Dirilis tahun 2013, film ini secara garis besar mengisahkan kisah sepasang kekasih yang berada dalam konflik hebat karena perbedaan agama dan budaya yang dimiliki.

Sayangnya, beberapa hari setelah film ini rilis, gelombang protes besar-besaran muncul dari golongan yang menganggap film ini menistakan kelompok kebudayaan dan agama tertentu. Ya sudah, mau gimana lagi, film ini akhirnya ditarik dari peredaran.

5. Kerasukan (2013)

5 Custom 93107

Ada cukup banyak film horor terbaik Indonesia yang layak ditonton. Sayang, film yang dibintangi Arumi Bachsin dan Jesyca Marleinini bukan salah satunya.

Selain karena dirasa tidak begitu mencekam seperti film horor lainnya, film ini juga sempat ditarik dari peredaran. Alasannya sederhana, karena sutradaranya ngambek sama bioskop.

Yap! Sang sutradara merasa dicurangi oleh pihak bioskop karena menayangkan film ini bersamaan dengan film Iron Man 3 (2013) yang memang sedang ditunggu-tunggu saat itu. "Kan jadinya film lokal kalah sama film luar", begitu pikir sang sutradara.

6. Jokowi Adalah Kita (2014)

6 Custom Ce212

Seperti yang kita tahu, 2014 adalah tahun politik, di mana pada tahun ini diselenggarakan pemilu legislatif dan pemilu presiden. Salah satu calonnya adalah Joko Widodo alias Jokowi.

Kehadirannya yang dianggap sebagai "angin segar" bagi dunia politik yang bersih dan transparan - beberapa bahkan menganggapnya sebagai "nabi", membuat sosok Jokowi jadi begitu terkultuskan.

Bahkan, sebuah film didedikasikan secara khusus membahas kehidupan Jokowi di masa lalu yang berjudul Jokowi Adalah Kita.

Sayang, film ini ditarik oleh sang produser sendiri karena menganggap film ini terlalu politis dan dirilis saat kondisi negara tidak stabil. Apakah ia sadar bahwa nggak baik terlalu mengkultuskan seorang manusia?

7. Valentine (2017)

7 Custom B9e32

Sejatinya, film ini bisa membuktikan bahwa Indonesia juga mampu membuat film superhero terbaik dan ikonik. Sayang, hanya beredar sekitar tiga hari di bioskop, film ini resmi ditarik pada 26 November 2017.

Penarikan film ini diumumkan setelah banyaknya protes terhadap plot ceritanya yang dirasa kurang memuaskan dan CGI nya yang terkesan murahan banget.

Konon, permasalahan sebenarnya terjadi karena hard disk atau server EPIX Studio tempat film ini dikerjakan bermasalah. Well, ini bisa dijadikan pembenaran atau nggak nih?

Akhir Kata

Itulah tadi deretan hal yang sengaja dirahasiakan dalam sebuah adegan film terkenal. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8

7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!

Naskah Be6b0

Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik

Page Cbfcc

7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!

1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb

7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?

Page 63ff4

7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?

Goblinost Custom 97734

7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang

7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal