J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

Sabtu, 11 Jul 2020, 17:00 WIB
Fillm dengan banyak penonton bukan berarti gak ada yang kecewa setelah menontonnya. Berikut adalah film Indonesia yang dicintai tapi juga dibenci.

Film Indonesia saat ini sudah semakin berkembang dengan plot cerita yang beragam ya, geng.

Berbagai genre yang ada seperti romantis, coming of age, dan horor sudah memiliki kualitas yang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai mancanegara. Sampai film superhero khas Indonesia pun sekarang sudah ada loh, film tersebut berjudul Gundala.

Tapi meskipun beberapa film di-hype oleh banyak orang dan digadang-gadang menjadi film yang bagus, nyatanya gak semua bisa memenuhi ekspektasi penontonnya.

Beberapa film Indonesia ini selain dicintai tapi juga dibenci oleh para penontonnya. Wah, kira-kira kenapa ya, geng? Pasti mau tau kan film indonesia yang dibenci tapi juga dicintai para penonton?

Langsung simak yuk infonya yang sudah Jaka siapkan di bawah ini.

Film Indonesia yang Dibenci Tapi Juga Dicintai

Ketika sebuah film sedang masa produksi dan promosi, terkadang banyak iming-iming kalau film tersebut merupakan film terbaik dengan cerita bagus atau beda dari yang lain.

Banyak juga film yang ditunggu karena yang memerankannya merupakan aktor terkenal atau cerita yang diangkat berdasarkan kisah nyata. Ini akan membuat para penonton akan berekspektasi tinggi akan film tersebut.

Tapi, ketika film itu gak sesuai ekspektasi para penontonnya justru membuat film tersebut dibenci loh, geng. Nah, berikut ini sudah Jaka rangkum film Indonesia yang dibenci tapi dicintai.

1. Benyamin Biang Kerok (2018)

Benyamin Biang Kerok D616b

Jauh sebelum rilis, film ini sudah masuk deretan rekomendasi film wajib tonton di tahun 2018. Film yang digadang-gadang akan menjadi film terbaik Indonesia ini, nyatanya justru banyak diprotes oleh para penonton, terutama dari komunitas Perkumpulan Betawi.

Film ini dianggap menggambarkan tokoh Benyamin dengan tidak sesuai, beberapa detail dalam film juga dianggap melanggar syarat yang diberikan oleh keluarga Benyamin Sueb. Jalan cerita yang ditampilkan pada film tersebut sama sekali kurang dipikirkan.

Melihat reaksi penonton dan banyaknya protes, film besutan Hanung Bramantyo yang rencananya akan tayang dalam dua part ini tidak diperbolehkan lagi menggunakan nama Benyamin pada judulnya.

2. Ayat-ayat Cinta 2 (2017)

Ayat Ayat Cinta 2 8c019

Film yang merupakan sekuel dari Ayat-ayat Cinta yang diangkat dari novel ini meski banyak ditunggu ternyata banyak protes yang protes loh, geng.

Kontroversi pertama adalah pemeran-pemeran wanita yang dianggap terdapat unsur penghinaan terhadap cadar. Setelah film ini tayang, dari segi jumlah penonton film ini bisa dikategorikan sukses.

Namun, banyak sekali orang yang menangkap kejanggalan dalam film yang membuat cerita dalam film ini terkesan kurang realistis. Terdapat juga beberapa bagian cerita yang tidak sesuai dengan yang ada di buku dan justru membuat kejanggalan semakin terlihat.

3. Naura dan Genk Juara (2017)

Film Naura Dan Genk Juara 6c8e2

Film musikal anak-anak ini sempat mendapatkan protes keras dari beberapa orang melalui media sosial.

Penampilan dan kalimat-kalimat yang diucapkan tokoh antagonis dalam film ini seolah menggambarkan bahwa tokoh penjahat tersebut adalah seorang muslim dan film ini dianggap mendiskreditkan Islam.

Bahkan terdapat petisi online yang meminta film ini dihentikan penayangannya. Namun petisi tersebut hanya berhasil mendapatkan 47.000 tanda tangan dari target 50.000 tanda tangan.

4. DreadOut (2014)

Film Dreadout 516f5

Film yang diadaptasi dari game horor Indonesia ini, mendapat kritikan dari para penonton karena nggak memenuhi ekspektasi mereka.

Horor yang ditampilan pada film Dreadout ini kurang terasa dan justru gak menyeramkan menurut penonton. Sangat berbeda dengan yang ada di dalam game DreadOut aslinya yang kental dengan kesan horor dan menegangkan.

Menurut Kimo Stamboel yang biasa memproduksi film berutal dan berdarah-darah, harus "mengerem" kesan horor pada film ini karena permintaan produser agar film horor ini masuk dalan klasifikasi 17 tahun ke atas.

5. Soekarno (2013)

Film Soekarno 2a826

Film yang berkisah tentang kehidupan Presiden pertama Indonesia ini menjadi film yang penuh dengan kontroversi. Sebelum filmnya dirilis, banyak masyarakat yang menunggu film yang mengisahkan tentang presiden pertama Republik Indonesia ini.

Tapi, ketika film ini tayang, Rachmawati Soekarnoputri selaku anak dari Bung Karno memprotesnya. Rachma menilai pemilihan Ario Bayu sebagai pemeran Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut kurang cocok.

Menurut Rachma, Anjasmara lah yang cocok menjadi sosok Bung Karno dari film karya Hanung Bramantyo ini. Selain itu, ada juga pihak lain yang memprotes karena beberapa penggambaran tokoh dan kejadian dirasa nggak sesuai dan melenceng dari sejarah.

6. 5 cm (2012)

Film 5cm F71fc

Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini bisa dikatakan cukup sukses dan banyak disukai oleh para penonton. Selain dibintangi oleh artis-artis terkenal, cerita tentang hubungan persahabatan dalam film ini bikin penonton baper.

Sayangnya film yang bercerita tentang 5 sahabat melakukan pendakian Gunung Semeru ini juga menerima banyak protes, terutama oleh para penggiat alam.

Film ini dianggap nggak menggambarkan proses pendakian Gunung Semeru dengan realistis. Banyak juga yang beranggapan bahwa film ini membuat banyak orang penasaran untuk mendaki gunung, dengan pengetahuan yang gak cukup sehingga merugikan alam.

7. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film Perempuan Berkalung Sorban 4afb4

Hanung Bramantyo memang terkenal sebagai sutradara yang berhasil menghasilkan film-film berkualitas. Film buatannya pun jarang sekali yang gak sukses loh, geng.

Salah satu filmnya, Wanita Berkalung Sorban, memang begitu fenomenal dan kontroversial. Kisah yang digambarkan dalam film ini dianggap oleh beberapa kalangan memiliki dampak yang menyesatkan dan dapat menyebarkan fitnah terhadap agama Islam.

Salah satu tokoh yang paling vokal memprotes film ini adalah Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Ali Mustafa Yaqub.

Akhir Kata

Beberapa film terkenal yang Jaka berikan tadi ternyata bukan hanya terkenal dan punya banyak penonton ya, geng.

Dibalik kesuksesannya itu, film Indonesia yang dicintai tapi juga ternyata dibenci oleh sebagian orang. Tapi kita harus tetap apresiasi film Indonesia ini ya.

Di antara film di atas, mana nih yang jadi film favorit kamu? Share di kolom komentar ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT
Film Indonesia 2017 Banner 18d0a
11 Film Indonesia 2017 Terbaik dengan Penonton Terbanyak
Page 3f4f3
27+ Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2020 | Banyak Drama Romantis!
Film Romantis Indonesia 0c9c0
20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!
96903a8272d736021bc05ef68daa3aee
7 Franchise Film Tersukses Dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
F1c22b0d512d2412b4f4326decd2048a
8 Franchise Game Tersukses Dan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
Banner Jadi 2 550c2
10 Film Hollywood Terburuk yang Rilis di Tahun 2019, Ada yang Rugi Jutaan Dolar?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll
7 Film Horor Indonesia yang Sukses di Ajang Internasional, Bikin Bangga!
7 Film Horor Indonesia yang Sukses di Ajang Internasional, Bikin Bangga!
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!
7 Film Ini Rilis di Waktu yang Salah, Bukannya Untung Malah Buntung!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal