J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata | Bikin Merinding!

7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata | Bikin Merinding!

Senin, 2 Des 2019, 10:00 WIB
Menawarkan cerita seram yang bikin penonton ketakutan, ternyata film-film horor Indonesia berikut ini diangkat berdasarkan kisah nyata lho.

Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata memang selalu menarik untuk ditonton. Pasalnya dengan begitu kita bukan hanya mengetahui ceritanya saja, tapi juga gambaran visualnya.

Apalagi kalo film tersebut mengangkat tema horor yang selalu mampu menarik minat para penontonnya.

Bukan hanya film horor Hollywood, film horor Indonesia juga rupanya banyak yang diangkat berdasarkan kisah nyata lho.

Mau tahu apa saja film horor Indonesia yang diangkat berdasarkan kisah nyata? Yuk, cari tahu jawabannya lewat artikel selengkapnya berikut ini!

Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata

Meskipun nggak jarang film dengan label kisah nyata memiliki cerita yang berbeda dengan aslinya, tapi hal itu nggak lantas membuat film jenis ini sepi peminat.

Masih banyak penonton yang penasaran dengan gambaran mengenai bagaimana kisah itu terjadi, apalagi film dengan genre horor.

Nah, berikut adalah beberapa film horor Indonesia yang diangkat berdasarkan kisah nyata.

1. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Keluarga Tak Kasat Mata 2017 F2bdf

Diproduksi oleh Max Pictures pada tahun 2017 lalu, film Keluarga Tak Kasat Mata rupanya diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh seorang pria bernama Bonaventura Genta.

Genta dan rekan-rekan kerjanya mengaku pernah mengalami hal-hal mistis di kantor mereka yang merupakan bangunan baru di daerah Yogyakarta.

Kejadian-kejadian di luar nalar pun sering mereka alami hingga akhirnya mereka mencari pertolongan untuk memecahkan misteri tersebut.

Cerita mistis ini kemudian dia tulis di forum Kaskus dan seketika menjadi viral hingga sempat dibukukan sebelum akhirnya diangkat ke layar lebar.

Agar cerita filmnya nggak melenceng dari apa yang dia tulis, Genta pun akhirnya terlibat aktif sejak awal proses pembuatan film Keluarga Tak Kasat Mata.

2. Rumah Kentang (2012)

Rumah Kentang 2012 9ab52

Film horor Indonesia berikutnya yang diangkat berdasarkan kisah nyata yaitu Rumah Kentang yang dirilis pada tahun 2012 silam.

Kabarnya, film Rumah Kentang diadaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi di sebuah rumah di daerah Dharmawangsa yang kemudian dijadikan lokasi syuting film ini.

Menurut warga sekitar, di rumah tersebut pernah terjadi kisah memilukan di mana terdapat seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang.

Sejak kejadian itu, rumah tersebut terkadang tercium aroma kentang dan sering terdengar suara tangisan anak kecil.

Film Rumah kentang sendiri bercerita tentang dua orang gadis yatim piatu; Farah (Shandy Aulia) dan Rika (Tasya Kamila) yang sering dihantui oleh penghuni rumah tersebut.

3. Ruqyah: The Exorcism (2017)

Ruqyah The Exorcism 2017 2680f

Digarap oleh sutradara Jose Poernomo yang sudah cukup sering memproduksi film-film horor, ternyata Ruqyah: The Exorcism merupakan film horor yang diangkat berdasarkan kisah nyata lho.

Menurut Jose, film ini diangkat dari kisah nyata yang dialami temannya pada tahun 2012 silam. Teman yang dimaksud tersebut digambarkan menjadi seorang wartawan bernama Mahisa yang diperankan oleh Evan Sanders.

Pria tersebut sampai tega menelantarkan istri dan anak-anaknya karena tergoda dengan seorang artis perempuan pendatang baru.

Seiring berjalannya waktu, perempuan tersebut pun jatuh cinta dengan sang pria. Padahal tanpa diketahuinya, orang yang telah menggunakan mantra pemikat dilarang jatuh cinta dengan korbannya.

Dari situlah segala keanehan terjadi. Perempuan tersebut mengerang kesakitan dan bahkan lidahnya menjulur keluar melewati dagu setiap kali akan salat.

Sayangnya, kemunculan film ini di bioskop tanah air justru menimbulkan konroversi tersendiri. Film Ruqyah menjadi salah satu film paling kontroversial bahkan sebelum perilisannya di bioskop.

4. Hantu Jeruk Purut (2007)

Hantu Jeruk Purut 2007 B8180

Siapa, sih, yang nggak pernah dengar cerita seram yang beredar luas seputar TPU Jeruk Purut? Dikenal memiliki sejumlah kisah mengerikan, kisah mistis ini pun kemudian di angkat ke layar lebar dengan judul Hantu Jeruk Purut.

Film ini kabarnya terinspirasi dari kisah nyata tentang Pastur kepala buntung yang cukup populer di sekitar TPU Jeruk Purut.

Menurut cerita yang beredar, salah seorang penjaga kubur pernah meilihat hantu Pastur ini menenteng kepalanya sendiri yang diikuti oleh seekor anjing.

Konon ceritanya, pastur yang sebenarnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir unit Kristen ini "salah pulang" dan malah nyasar ke TPU Jeruk Purut yang merupakan untuk umat Muslim.

Saking mampu menarik minat para penonton tanah air, bahkan film ini pernah dibuatkan sekuelnya dengan judul Hantu Jeruk Purut Reborn yang dirilis pada tahun 2017.

5. Mata Batin (2017)

Mata Batin 2017 2ec00

Bercerita tentang seorang kakak beradik yang tinggal di rumah angker yang jauh dari tengah kota, Mata Batin menjadi film berikutnya yang diangkat berdasarkan kisah nyata, geng.

Rumah yang merupakan tempat tinggal mereka sewaktu kecil tersebut rupanya menyimpan banyak misteri dan kejanggalan-kejanggalan yang kerap kali terjadi.

Bukan cuma itu saja, sang adik yang diperankan oleh aktris Bianca Hello juga seringkali melihat makhluk-makhluk tak kasat mata di rumah tersebut.

Film Mata Batin sendiri cukup sukses di pasaran dengan meraih sebanyak 1.2 juta penonton.

6. KM 97 (2013)

KM 97 2013 Fbbe6

Disutradari oleh sutradara yang sama dengan film Ruqyah, Jose Poernomo rupanya pernah menyutradari film KM 97 yang juga diangkat dari kisah nyata.

Film ini kabarnya diangkat dari kisah misterius tentang hilangnya seorang anak di KM 97 Tol Cipularang yang merupakan tol penghubung Bandung dan Jakarta.

Menurut cerita yang beredar, seorang keluarga yang tengah berhenti di kilometer ke-97 tak menyadari bahwa anak kecil yang ikut dengan mereka bukanlah anak mereka "sungguhan".

Kabarnya anak tersebut merupakan arwah anak lain yang menyamar menjadi anak mereka dan menimbulkan suasana mencekam. Serem banget, ya, geng?

7. Danur (2017)

Danur 2017 D1304

Sempat dituliskan ke dalam sebuah buku, film berjudul Danur ini merupakan kisah nyata yang dialami oleh Risa Saraswati yang merupakan seorang penulis buku dengan kemampuan indigo.

Film Danur sendiri menampilkan bagaimana Risa bersahabat dan berkomunikasi dengan lima hantu Belanda yang merupakan korban pembantaian zaman penjajahan Jepang.

Selain itu, ada juga sosok hantu menyeramkan bernama Asih (Shareeva Danish) yang sempat mengganggu ketentaraman hidup Risa dan keluarganya.

Karakter Risa di film ini sendiri diperankan oleh Prilly Latuconsina yang sudah cukup sering membintangi sejumlah judul film, salah satunya film Matt & Mou.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film horor Indonesia yang rupanya diangkat berdasarkan kisah nyata, geng.

Setelah kamu tahu tentang fakta ini, kamu percaya nggak, sih, dengan apa yang diceritakan di dalam film-film di atas? Share jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film Horor atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

Klise Film Horror Yang Bodoh Main Img 0bd47

10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!

7 Film Indonesia Yang Dibintangi Aktris Film Dewasa Bikin Mupeng 84e6f

7 Film Horor Indonesia yang Dibintangi Aktris Film Dewasa, Aji Mumpung?

Film Horor Dengan Adegan Jumpscare Terbaik Dan Terburuk E31e9

8 Film Horor dengan Adegan Jumpscare Terbaik & Terburuk, Mana yang Paling Seram?

Nonton Download Gratis Film The Nun Dimulainya Teror Valak Sang Iblis 6d7a3

Nonton Film The Nun (2008), Dimulainya Teror Valak sang Iblis

Nonton Dan Donwload Film Munafik 2 98b77

Nonton Film Munafik 2 (2018) | Adegan Ruqyah-nya Ngeri!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal