J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

7 Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal, Balik Modal?

Rabu, 1 Apr 2020, 10:00 WIB
Sederet film horor berikut ini rela merogoh kocek fantastis demi jalan cerita yang sempurna serta efek-efek film yang bikin penontonnya ketakutan. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut!

Untuk membuat film dengan kualitas terbaik, selain jalan cerita yang matang dan di-handle orang-orang mumpuni, juga dibutuhkan biaya produksi yang tak sedikit.

Hal itu berlaku untuk semua genre film, salah satunya adalah genre horor yang biasanya mengeluarkan budget fantastis demi sempurnanya hasil film.

Tak jarang, biaya itu juga bisa membengkak seiring kondisi perekonomian di daerah tempat film tersebut diproduksi, seperti inflasi atau gejolak bisnis.

Film Horor dengan Biaya Produksi Paling Mahal

Film horor biasanya membutuhkan budget besar, mengingat properti yang digunakan lebih banyak dan lebih kompleks. Penasaran film horor apa saja yang mengeluarkan budget maha besar? Simak ulasan Jaka berikut ini!

1. Prometheus

1 Custom 610f9

Film horor sci-fi yang dirilis pada tahun 2012 ini mengisahkan sekelompok peneliti yang sedang bertualang menelusuri ruang angkasa untuk menemukan siapa pencipta manusia sesungguhnya.

Dengan efek CGI dan kamera 3 dimensi, anggaran Prometheus menjadi mahal. Ditambah dengan properti-properti yang rumit seperti robot dan pembuatan prototipe badan manusia membuatnya membengkak berkali-kali lipat.

Tak heran, film ini ini dikabarkan memakan anggaran USD 130 juta atau setara dengan Rp 1,9 Triliun. Untungnya, film ini berhasil "balik modal" dengan meraup pendapatan _box offic_e lebih dari USD 400 juta setara Rp 5,6 Triliun.

2. Van Helsing

2 Custom 6cb72

Siapa yang belum pernah menonton film ini? Tayang pada tahun? Film yang dirilis pada tahun 2004 ini menceritakan Van Helsing yang diutus oleh organisasi rahasia untuk membebaskan dunia dari makhluk-makhluk mengerikan.

Dalam proses pengerjaannya, film ini mengeluarkan budget sekitar USD 160 juta atau setara dengan Rp 2,2 triliun. Biaya sebesar itu termasuk untuk memberikan efek film plus properti horor.

Sayangnya, meskipun film ini dibintangi sederet artis papan atas termasuk aktor serba bisa Hugh Jackman, film ini hanya berhasil meraup 120 Juta USD atau setara dengan Rp 1,69 Triliun saja.

3. The Wolfman

3 Custom 5bb47

Film yang dirilis pada tahun 2010 ini diadaptasi dari film klasik berjudul sama yang rilis di tahun 1941. Berdurasi 103 menit, The Wolfman diproduksi oleh Universal Pictures dengan sutradara Joe Johnson.

Film ini mengisahkan pergulatan Lawrence Talbot yang mengembara mencari kebenaran pasca ditinggal wafat ibunya. Serangkaian pertemuannya dengan kelompok serigala bakal mewarnai konflik yang mencekam dan menegangkan.

Film ini sendiri dianggarkan sebesar USD 150 juta setara Rp2,2 Triliun. Sayangnya, film ini tidak berhasil meraup pendapatan tinggi di box office karena hanya bisa menghasilkan 140 Juta USD atau setara Rp1,9 Triliun.

4. What Lies Beneath

4 Custom 5a40e

What Lies Beneath adalah sebuah film horor karya Robert Zemeckis yang dirilis tahun 2000. Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ilmuwan beserta istrinya dalam melawan kekuatan jahat yang hinggap di rumahnya.

Film yang dibintangi Harrison Ford ini sukses besar di box office dengan menghasilkan pemasukan sebesar 291 Juta USD atau Rp4,7 Triliun.

Dengan demikian, film ini berhasil masuk ke dalam 10 film horor terlaris sepanjang masa, cukup bisa mengimbangi anggaran film tersebut yang terbilang fantastis, yakni 100 Juta USD atau setara Rp 1,4 triliun.

5. World War Z

5 Custom 8aaf2

Film horor action ini mengisahkan kehancuran dunia akibat wabah mengerikan yang mengubah manusia menjadi zombie. Para peneliti berpacu dengan waktu untuk menemukan sumber infeksi dan vaksinnya sebelum menginfeksi seluruh dunia.

Film yang dibintangi Brad Pitt ini mengucurkan anggaran produksi sebesar 190 Juta USD atau setara Rp 2,6 triliun, padahal awalnya hanya dianggarkan sebesar 125 Juta USD atau setara Rp 1,7 triliun.

Sayangnya, film ini menemui banyak kendala yang memaksa budgetnya membengkak, salah satunya adalah skrip film yang harus dirombak dan ditulis ulang.

Untungnya, film ini berhasil meraup untung dari pendapatan box office hingga 540 Juta USD atau setara Rp 7,5 triliun di seluruh dunia.

6. The Exorcist: The Beginning

6 Custom 6a6eb

Film yang dirilis tahun 1998 ini mengisahkan tentang seorang gadis kecil yang kerasukan setan. Ibunya pun berusaha menghubungi 2 pastor untuk melakukan ritual eksorsisme yang menghasilkan berbagai kejadian menakutkan.

Proses produksi film ini beberapa kali mengalami hambatan. Salah satunya adalah kematian sang sutradara, J. Frankenheimer. Meskipun demikian, film tetap dilanjutkan dengan budget sekitar 80 Juta USD atau sekitar Rp1,3 Triliun.

Sayangnya, film ini gagal "balik modal", dengan pendapatan box office yang berhasil diperoleh hanya sejumlah 12 Juta USD atau Rp195 Miliar.

7. Hannibal

7 Custom 5a5d8

Siapa yang tidak mengenal salah satu film horor terlaris sepanjang masa ini? Dibintangi oleh Anthony Hopkins, film ini mengisahkan seorang psikiater yang kanibal dan hobi memakan daging pasien-pasiennya.

Film ini menghabiskan anggaran sebesar 87 Juta USD atau sekitar Rp1,4 Triliun. Biaya itu kebanyakan dihabiskan untuk pembuatan properti-properti film yang terbilang unik dan tak biasa.

Hannibal sukses besar di box office dengan meraup pendapatan hingga 520 Juta USD atau sekitar Rp8,4 Triliun, menjadikannya salah satu film horor paling sukses sepanjang masa hingga saat ini.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet film horor dengan biaya produksi paling mahal yang pernah dibuat. Bagaimana menurutmu?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24

Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!

Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Film Detektif Terbaik 09bf2

10 Film Detektif Terbaik 2020, Penuh Misteri & Teka-Teki Rahasia

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Banner C22bb

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal