J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Hollywood Dengan Representasi Muslim Positif, Wajib Ditonton!

5 Film Hollywood Dengan Representasi Muslim Positif, Wajib Ditonton!

Minggu, 27 Okt 2019, 12:00 WIB
Setelah peristiwa 9/11, banyak orang yang salah kaprak tentang image seorang muslim. Nah, di sini Jaka share 5 film Hollywood dengan representasi Muslim yang positif.

Setelah peristiwa jatuhnya menara kembar World Trade Center di 11 September, 2001, representasi Muslim di Hollywood cenderung buruk.

Kalau ada film yang mengandung teroris, ada kemungkinan besar bahwa teroris tersebut adalah orang keturunan Arab yang memiliki janggut.

Nggak jarang juga, geng, melihat orang Muslim digambarkan sebagai orang radikal konservatif meskipun kebanyakan Muslim tidak seperti itu.

5 Film Hollywood Dengan Representasi Muslim Positif

Hollywood memang sudah sejak lama menderita masalah representasi, geng. Bukan cuma Muslim, banyak kaum minoritas yang juga sering mendapat representasi negatif.

Tapi, situasi ini sudah mulai berubah, geng, dengan film seperti Black Panther dan Crazy Rich Asians yang memperlihatkan komunitas Afrika-Amerika dan Asia Timur.

Sayangnya, belum ada film definitif seperti itu bagi kaum Muslim, tapi sudah ada beberapa film yang menunjukkan karakter Muslim positif dalam hal kecil, geng!

Bagi kalian yang sudah penasaran, di kesempatan ini, Jaka mau share 5 film Hollywood dengan Representasi Muslim Positif!

1. Malcolm X (1992)

Malcolm X 5bb48

Buat kalian yang belum kenal dengan tokoh ini, Malcolm X (Denzel Washington) adalah tokoh utama dalam gerakan civil rights di Amerika Serikat.

Selain sebagai orang Afrika-Amerika, Malcolm X juga adalah orang Islam dan film ini menunjukkan kehidupannya dari kecil sampai pembunuhannya di 1965.

Malcolm X sendiri adalah tokoh yang menarik karena dia awalnya merupakan tokoh yang tergabung ke organisasi radikal Nation of Islam.

Di film ini, Malcolm X ditunjukkan menerima pencerahan saat mengunjungi Mekkah yang menuntun dia untuk menganut aliran Islam Sunni yang lebih moderat.

Ironisnya, keputusan Malcolm X untuk meninggalkan Nation of Islam adalah yang membuatnya terbunuh oleh anggota dari grup radikal tersebut.

2. Ali (2001)

Ali 0f0d4

Seperti Malcolm X, Muhammad Ali (Will Smith) adalah orang Afrika-Amerika yang dalam hidupnya memutuskan untuk menganut agama Islam.

Dia sempat menjadi anak didik Malcolm X dan seperti mentornya, dia sempat menjadi anggota Nation of Islam sebelum berubah ke aliran Islam Sunni.

Film ini menunjukkan sepak terjang petinju yang disebut-sebut sebagai salah satu petinju terbaik di dunia.

Ali juga menunjukkan keberaniannya dalam menentang keputusan Amerika untuk berperang di Vietnam dan rela masuk penjara demi kepercayaannya.

Meskipun begitu, Ali bukan orang yang sempurna dan dia sempat berselingkuh dari istrinya, tapi representasi Muslim di sini masih tergolong positif.

3. Body of Lies (2008)

Body Of Lies 145de

Meskipun masih memperlihatkan stereotip teroris Arab, Body of Lies patut dipuji karena berhasil menunjukkan sisi Islam yang tidak radikal.

Film ini bercerita mengenai Roger Ferris (Leonardo DiCaprio) yang sedang bertugas mencari teroris Al-Saleem, Iraq.

Di tengah pekerjaannya, Ferris bertemu dengan Aisha (Golshifteh Farahani) di Jordania, untuk mendapatkan suntikan Rabies.

Karakter Aisha di sini digambarkan sebagai figur Muslim kebanyakan, taat namun jauh dari kata radikal dan tidak secara otomatis membenci semua non-Muslim.

Ferris di sini juga memperlakukan Aisha dengan rasa hormat dan akhirnya jatuh hati terhadap Aisha, hal yang jarang ditemui di film Hollywood.

4. Salmon Fishing in the Yemen (2011)

Salmon Fishing In The Yemen Dfe36

Berbeda dengan film-film di atas, Salmon Fishing in the Yemen adalah film yang terbilang ringan.

Film ini menceritakan Alfred (Ewan McGregor), seorang ahli perikanan yang ditugaskan membantu seorang Shekh (Amr Waked) dalam membawa perikanan salmon ke Yaman.

Awalnya, proyek ini mirip dengan kebiasaan raja minyak dalam menghamburkan uang untuk proyek yang nggak berguna.

Tapi, pertemuan Alfred dengan Shekh mengubah pandangan Jaka dan Shekh tersebut ternyata punya niat yang baik dalam mencetuskan proyek ini.

Dapat ditebak bahwa Shekh mendapat perlawanan dari kaum radikal, tapi untungnya film ini punya akhir yang positif, geng!

5. The Reluctant Fundamentalist (2012)

Reluctant 3e5f2

Diadaptasi dari novel bernama sama, The Reluctant Fundamentalist mengangkat masalah prasangka buruk pada komunitas Muslim-Amerika setelah peristiwa 9/11.

Film ini mengisahkan cerita Changez (Riz Ahmed), seorang profesor di Pakistan yang sedang diwawancarai oleh jurnalis Bobby (Liev Schreiber).

Dari flashback, diketahui bahwa Changez pernah memiliki hidup sukses di Amerika yang berubah setelah peristiwa 9/11.

Meskipun berubah menjadi radikal, di sini ditunjukkan bahwa perubahan Changez tidak datang begitu saja dan membuat dia menjadi karakter yang sangat menarik.

Perlu dicatat, geng, bahwa aktor Riz Ahmed sendiri pernah berbicara di depan Parlemen Inggris tentang masalah representasi Muslim yang patut ditonton!

Akhir Kata

Itulah, geng, 5 film Hollywood dengan representasi Muslim positif. Sayangnya, memang masih sedikit, geng, film-film seperti ini.

Tapi, di televisi sudah banyak tokoh Muslim positif seperti serial Ramy dan komedian Hasan Minhaj yang sudah memiliki acara sendiri di Netflix.

Apakah kalian memiliki pendapat tentang film di atas? Atau kalian punya rekomendasi lain? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c

10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!

815228a4290c3a008d0a9e9dd0c0f6b7

5 Karakter Video Game Muslim Paling Terkenal di Dunia

Film Hollywood Islami Banner 99aa7

9 Film Hollywood Bertema Islam yang Menampilkan Sisi Positif Umat Muslim

Film Jackie Chan 9725b

10 Film Jackie Chan Terbaik yang Wajib Ditonton!

Film Iran Terbaik Banner2 5f66b

15 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!

Ceo Muslim Paling Kaya 9be16

6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal