J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Kenapa Film Keluaran Studio Ghibli Overrated, Ceritanya Ngebosenin?

Kamis, 5 Des 2019, 18:00 WIB
Studio Ghibli itu nggak pantas untuk diagungkan, geng! Di sini Jaka akan membahas 5 alasan kenapa film studio Ghibli itu overrated!

Jaman sekarang, Jaka yakin kalian pasti sudah sering mendengar kata overrated yang kerap kali dilontarkan ketika membicarakan hal apapun yang populer.

Lagi membicarakan es kopi susu kekinian, langsung keluar kata overrated. Membicarakan karya terbaru dari desainer game Hideo Kojima, Death Stranding, keluar juga kata overrated.

Sifat kontrarian seperti ini memang sepertinya sudah mendarah daging di masyarakat kita dan studio animasi Jepang legendaris Studio Ghibli juga nggak lepas dari masalah ini, geng.

5 Alasan Kenapa Film Studio Ghibli Itu Overrated

Pertama-tama, Jaka mau klarifikasi kalau overrated itu bukan berarti buruk tapi sekadar menyatakan kalau film Ghibli itu nggak sempurna, layaknya semua hal dalam hidup.

Selama kita menggunakan lensa objektif, ada beberapa kekurangan di film Ghibli yang terlihat jelas dan terulang di beberapa film mereka, geng.

Orang-orang yang nggak bisa bersifat kritis sering menganggap kekurangan ini sebagai karakteristik karya Ghibli tapi itu cuma teknik silat lidah saja.

Nah, di kesempatan ini, Jaka akan membahas 5 alasan kenapa film studio Ghibli itu overrated!

1. Terlalu Banyak Khotbah

Mononoke 5ea53

Seorang seniman memutuskan untuk memasukkan pesan moral di karyanya itu hal yang biasa tapi studio Ghibli sering berlebihan dalam hal ini.

Jaka berani jamin, kalian yang sekarang sudah beranjak dewasa pasti nggak suka kalau orang tua kalian memberikan wejangan pada kalian tanpa pemberitahuan.

Hal itulah, geng, yang dirasakan Jaka ketika menonton film Ghibli seperti Princess Mononoke dan Pom Poko yang terlalu gamblang menceritakan masalah kerusakan lingkungan.

Pesan yang disampaikan di film tersebut memang penting tapi menurut Jaka pesan tersebut bisa seharusnya bisa disampaikan dengan lebih cerdas dan to the point.

2. Terlalu Manipulatif Menyangkut Emosi

Grave Of The Fireflies Be424

Di dunia film ada istilah yang disebut tear-jerker yang merujuk ke jenis film yang tujuannya hanya membuat penontonnya nangis dengan menggunakan cara-cara receh.

Hal ini bisa kita lihat di film seperti Hachiko dan film roman picisan yang menggunakan embel-embel nama Nicholas Sparks.

Sayangnya, film studio Ghibli juga banyak yang menggunakan elemen ini, terutama Grave of the Fireflies yang berlatar di periode Perang Dunia II.

Bukannya membiarkan karyanya berbicara sendiri, film ini malah diisi dengan banyak adegan yang seakan-akan hanya bertujuan untuk membuat penonton meneteskan air mata.

3. Protagonis yang Terlalu Sempurna

Nausicaa 1d9f4

Film studio Ghibli banyak yang ditujukan untuk anak-anak jadi nggak mengherankan kalau banyak tokoh utama Ghibli yang memiliki kepribadian sempurna untuk dijadikan role model.

Sayangnya, hal seperti ini sering menghasilkan karakter yang one-dimensional karena mereka nggak memiliki kekurangan dan akhirnya nggak berkembang selama jalannya cerita.

Hal ini sudah terlihat dari film di awal karir Hayao Miyazaki, Nausicaa of the Valley of the Wind di mana karakter Nausicaa digambarkan sebagai sosok penyelamat tanpa cela.

Karakteristik one-dimensional ini bukan berarti Nausicaa itu karakter yang buruk hanya saja membuatnya menjadi kurang menarik, geng.

4. Cerita yang Kurang Dijelaskan Dengan Baik

Spirited Away E5239

Di dunia film, kualitas cerita itu dinilai dari dua sisi, geng, ide cerita itu sendiri dan bagaimana cerita itu disampaikan ke penonton.

Masalahnya, banyak film Ghibli yang memiliki eksekusi cerita yang dibilang bermasalah karena terlalu berbelit-belit.

Kekurangan ini terlihat di film Spirited Away, di mana film yang memiliki ide simpel berubah ribet ketika Chihiro/Sen mulai terlibat di konflik karakter lain.

Memang sebenarnya film ini bisa dikategorikan sebagai salah satu film animasi terbaik, tetapi plot dan subplot yang sedikit rumit menjadi kekurangan di animasi Ghibli.

5. Terlalu Mengandalkan Kualitas Animasi

Howl S E1783

Banyak film Ghibli yang Jaka analogikan sebagai Celine Dion. Tidak bisa dipungkiri kalau penyanyi Kanada tersebut memiliki salah satu suara terbaik di dunia musik.

Tapi kemampuan vokal itu nggak bisa membuatnya menjadi seniman handal dan banyak lagu Celine Dion yang sebenarnya biasa saja tapi terselamatkan oleh kemampuan vokalnya.

Coba kalian lihat sosok seperti Fariz RM yang memiliki vokal biasa saja tapi dapat menulis lagu seperti Sakura yang Jaka anggap sebagai salah satu lagu terbaik yang Jaka pernah dengar.

Masalah ini juga sering ditemui di film Ghibli, di mana banyak kekurangan di segi naskah dan cerita yang berhasil ditutupi oleh visual yang bombastis.

Hal ini terlihat jelas di film Howl's Moving Castle yang mendapat nominasi Oscar untuk Film Animasi Terbaik meskipun memiliki karakter, naskah, dan cerita yang sangat berantakan.

Akhir Kata

Itulah, geng, 5 alasan kenapa film studio Ghibli itu overrated. Banyak banget orang yang mendewa-dewakan studio film yang satu ini meskipun sebenarnya mereka memiliki banyak kekurangan.

Jaka akui, mereka juga punya banyak film yang menurut Jaka sangat berkualitas seperti Only Yesterday dan The Wind Rises tapi film tersebut juga nggak sempurna.

Dan banyak juga film animasi Jepang berkualitas yang nggak datang dari studio Ghibli yang mungkin bisa kalian coba tonton.

Bagaimana pendapat kalian mengenai kekurangan Ghibli di atas? Apakah kalian nggak menganggap mereka sebagai masalah? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 85c9d

7 Film Animasi Pixar Terbaik, Jauh Lebih Bagus dari Buatan Disney?

7 Film Superhero Paling Aneh Yang Bikin Ngakak Nomor 5 Dari Indonesia 9e93a

7 Film Superhero Paling Aneh yang Bikin Ngakak, Ada yang Dari Malaysia!

Teori Film Disney 0205f

10 Teori Film Disney yang Paling Mencengangkan | Karakter Boo di Monster Inc. Adalah Penyihir?

Banner 515bb

7 Film Populer yang Gagal Saat Pertama Kali Dirilis, Sekarang Malah Dipuja-puja!

Anime Terinspirasi Kisah Nyata Banner E1bd7

7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Banyak dari Studio Ghibli!

Anime Grafis Mencengangkan Banner 879c4

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau, Gak Ada dari Ghibli!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Anime Terbaik Selain Film dari Studio Ghibli, Selevel Dengan Miyazaki!

7 Film Anime Terbaik Selain Film dari Studio Ghibli, Selevel Dengan Miyazaki!

7 Film Animasi yang Dibuat untuk Orang Dewasa, Anak Kecil Boleh Nonton?

7 Film Animasi yang Dibuat untuk Orang Dewasa, Anak Kecil Boleh Nonton?

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia, Ada dari MCU?

7 Film Keluaran Tahun 2019 Paling Kontroversial, No. 6 Nyaris Gak Tayang!

7 Film Keluaran Tahun 2019 Paling Kontroversial, No. 6 Nyaris Gak Tayang!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal