J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Film Festival Terbesar di Dunia, FIlm Livi Zheng Masuk Festival Mana?

              7 Film Festival Terbesar di Dunia, FIlm Livi Zheng Masuk Festival Mana?

              00
              Selasa, 17 Sep 2019, 11:00 WIB
              Kamu penggemar film? Kalau iya, kamu wajib tahu 7 film festival terbesar di dunia ini untuk tahu film-film berkualitas apa aja yang harus kamu tonton!

              Hobimu nonton film? Kalau iya, apa kriteria film yang wajib kamu tonton? Pasti ada macam-macam, entah karena genre, sutradaranya, studionya, dan lain sebagainya.

              Kalau menurut Jaka, ada aspek lain yang perlu kamu perhatikan nih. Apa itu? Film tersebut berhasil masuk ke dalam nominasi atau tidak di film festival!

              Jika film tersebut berhasil masuk nominasi, artinya memang benar-benar berkualitas. Oleh karena itu, kali ini Jaka akan memberikan kamu daftar film festival terbesar di dunia!

              Film Festival Paling Besar di Dunia

              Ada banyak banget film festival yang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia. Setidaknya, ada lebih dari 5.000 film festival yang ada.

              Kali ini, Jaka hanya memilih 7 yang dianggap terbaik. Apa saja?

              1. Venice International Film Festival

              Film Festival Terbesar 1 D2384
              Sumber foto: London Film Week

              Festival film yang pertama adalah Venice International Film Festival yang berlokasi di kota indah nan romantis, Venesia.

              Kota Venesia memang terkenal karena sering menyelenggarakan acara kesenian. Festival ini menjadi festival paling tua di dunia karena telah ada sejak tahun 1932.

              Banyak film terkenal yang memulai debutnya di sini, seperti The Shape of Water dan Roma. Kedua film tersebut berhasil memenangkan Golden Lion.

              Festival film di Venesia ini terbuka untuk umum dan biasanya dimulai pada akhir bulan Agustus. Untuk tiket, kisaran harganya mulai dari 5 sampai 30 euro (77 ribu sampai 460 ribu rupiah).

              2. Festival de Cannes

              Film Festival Terbesar 2 Ab758
              Sumber foto: London Film Week

              Kalau kamu pernah menonton film komedi Mr. Bean's Holiday, pasti pernah mendengar yang namanya Festival de Cannes.

              Festival film ini termasuk yang paling eksklusif di dunia karena hanya penontonnya khusus tamu undangan. Bahkan, festival ini dianggap sebagai acara paling glamor setelah Academy Award.

              Oleh karena itu, tidak mudah untuk bisa menampilkan film kita di festival ini. Bahkan, Cannes menerima jumlah film yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan festival lain.

              3. Berlin International Film Festival

              Film Festival Terbesar 3 97a96
              Sumber foto: Wonderlist

              Disebut juga sebagai Berlinale, Berlin International Film Festival berlangsung di ibu kota Jerman setiap bulan Februari.

              Pada acara tahun 2019 kemarin, acara ini dihadiri oleh 18.000 profesional film, 3.700 jurnalis, dan ratusan ribu masyarakat umum.

              Acara ini juga diselenggarakan bersamaan dengan European Film Market, salah satu pertemuan perdagangan terbesar di industri ini.

              Festival ini terbuka untuk umum. Sayangnya, jumlah tiket yang dijual secara online sangat terbatas. Harga tiketnya sendiri berkisar di angkat 13 euro (200 ribu).

              Berninale, bersama dengan Venice dan Cannes, merupakan tiga film festival terbesar di seluruh dunia.

              Film Festival Lainnya . . .

              4. Toronto International Film Festival

              Film Festival Terbesar 4 69f62
              Sumber foto: Wonderlist

              Mungkin kamu sudah pernah mendengar kalau film superhero Indonesia Gundala akan menjadi salah satu film yang akan ditayangkan di Toronto International Festival (TIFF).

              Berlokasi di Toronto, Kanada, ajang ini termasuk yang paling bergengsi di dunia. Selain penilaian dari juri, ajang ini juga memiliki People's Choice Award untuk menentukan film terbaik versi peserta festival.

              Banyak yang menganggap hasil di TIFF merupakan tanda-tanda bahwa film tersebut akan menang di Piala Oscar untuk berbagai kategori.

              Ajang ini dibuka untuk umum dengan harga tiket yang bervariasi, mulai dari 18 CAD (191 ribu rupiah) hingga 82 CAD (871 ribu rupiah).

              5. Sundance Film Festival

              Film Festival Terbesar 5 Fcee3
              Sumber foto: Wonderlist

              Dipimpin oleh aktor dan sutradara Robert Redford, bisa dibilang Sundance Film Festival merupakan festival film paling berpengaruh di Amerika Serikat.

              Meskipun relatif berusia muda, banyak yang berminat untuk mengikuti festival ini. Buktinya, pada tahun 2019 terdapat 14.259 film yang dikirimkan ke festival dari 152 negara.

              Berlangsung setiap bulan Januari di Utah, acara ini mempertahankan fokusnya pada film independen dengan berbagai genre.

              Beberapa film sukses yang memulai debutnya di sini adalah Get Out, Call Me by Your Name, hingga 500 Days of Summer.

              Untuk bisa mengikuti festival ini, kamu bisa membeli tiket individu seharga 25 USD (350 ribu) atau membeli paket yang biayanya bisa mencapai ribuan dolar.

              6. Raindance Film Festival

              Film Festival Terbesar 6 4f7b2
              Sumber foto: London Film Week

              Berlokasi di Londin, Raindance Film Festival telah terkenal sebagai festival internasional besar yang cocok untuk sutradara film dokumenter ataupun film pendek.

              Festival ini terkenal karena berani menampilkan karya yang berani dan provokatif. Bahkan, terkadang mengandung unsur-unsur yang biasanya dilarang dalam pembuatan film.

              Raindance didirikan oleh Elliot Grove pada tahun 1992. Untuk bisa masuk ke dalam festival, kamu harus merogoh gocek antara $35 sampai $115 (491 ribu sampai 1.6 juta rupiah).

              7. Busan International Film Festival

              Film Festival Terbesar 7 Fce63
              Sumber foto: London Film Week

              Apakah ada festival film yang diselenggarakan di benua Asia? Ada dong. Salah satu yang paling terkenal adalah Busan International Film Festival (BIFF) di Korea Selatan.

              Ajang ini merupakan salah satu festival film terbesar di Asia yang dimulai pada tahun 1996. BIFF berfokus untuk memperkenalkan dan mendukung sutradara Asia baru beserta filmnya.

              Tahun ini, festival ini memutar 329 film dari 79 negara. Selain itu, BIFF juga termasuk salah satu festival film pendek terbaik di dunia.

              Mungkin karena memfokuskan diri di Asia, kebanyakan film pemenang berasal dari Asia sehingga film yang menggunakan bahasa Inggris jarang menang.

              Harga tiketnya sendiri cukup terjangkau, yakni $5 (70 ribu) saja.

              Akhir Kata

              Sayangnya, film-film karya Livi Zheng belum ada yang berhasil masuk ke dalam ajang festival-festival yang sudah Jaka sebutkan di atas.

              Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila di masa depan film-filmnya bisa menembus persaingan internasional dan berhasil di tayangkan di festival-festival tersebut.

              Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal